Flare dan Invasi Suporter Warnai Kekalahan Persib Bandung dari Persikabo 1973 di Laga Terakhir Liga 1

Peristiwa kurang mengenakkan sempat mewarnai jalannya pertandingan pemungkas Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung dan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kepulan asap muncul mendekati pengujung laga akibat banyaknya flare alias suar yang disulut oleh suporter.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Apr 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 07:30 WIB
Liga 1 2022/2023: Persib Bandung
Persib Bandung gagal memetik kemenangan kala menjamu Persikabo 1973 di laga pemungkas Liga 1 2022/2023 pada Sabtu (15/4/2023). Pasukan Luis Milla dipaksa mengakui keunggulan lawan usai takluk 1-4 dari tim tamu. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kurang mengenakkan sempat mewarnai jalannya pertandingan pemungkas Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung dan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Kepulan asap muncul mendekati pengujung laga akibat banyaknya flare alias suar yang disulut oleh suporter saat Pangeran Biru menjamu Laskar Padjajaran pada Sabtu (15/4/2023) malam WIB.

Kejadian tersebut tak pelak menciptakan situasi yang tidak kondusif di akhir pertandingan. Jarak pandang di area lapangan dan tribun GBLA menjadi tertutup akibat asap yang dihasilkan oleh flare.

Mirisnya, kekalahan Persib Bandung dari Persikabo juga diwarnai oleh invasi suporter.  Beberapa penggemar nampak memaksi lapangan, sebelum aksi itu dihentikan oleh steward yang bertugas.

Peristiwa yang terjadi di laga Persib Bandung vs Persikabo 1973 disinyalir merupakan buntut dari kekecewaan suporter atas hasil kurang memuaskan yang didapat Pangeran Biru di kandang sendiri. 

Skuad racikan Luis Milla gagal meraup poin penuh usai takluk dengan skor akhir 1-4. Catatan ini membuat mereka harus puas finis di urutan tiga klasemen Liga 1 2022/2023 setelah menorehkan 62 poin dari 34 pertandingan, tertinggal empat poin dari Persija Jakarta yang menempati urutan kedua.


Jalannya Pertandingan

Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs Persik Kediri
Ekspresi kecewa Pemain Persib Bandung, David Da Silva saat menghadapi Persik Kediri pada laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (8/3/2023) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nasib tak terlalu mujur memang dialami Persib Bandung sejak awal babak pertama. Pangeran Biru sebenarnya mendapat ruang untuk membuka keunggulan kalau saja mereka berhasil mengonversi peluang emas yang didapat menjadi gol.

Tim tuan rumah masih belum mampu memecah kebuntuan hingga pertandingan berjalan lebih dari 30 menit. Persikabo duluan mencetak angka ke gawang Persib lewat Lucas Gama Moreira pada menit 41.

Persib Bandung mencoba bangkit pasca turun minum. Akan tetapi, belum ada perubahan signifikan yang sanggup diciptakan oleh Marc Klok dan kawan-kawan. Justru Persikabo yang kembali menambah torehan skornya di menit 60. Lesakan Lucky Oktavianto membentur tiang jauh, sehingga mengubah arah haluan bola dan menembus gawang Reky Rahayu.

Nestapa Persib Bandung menjadi kian buruk dua menit berselang. Silvio Rodrigues Pereira Junior mencetak gol tambahan bagi Persikabo yang mengantar Pangeran Biru terpuruk dengan 0-3.

David Da Silva baru bisa memangkas ketertinggalan di 20 menit akhir pertandingan waktu normal. Bola yang ditembakkannya gagal ditepis oleh Syahrul Trisna Fadillah.

Namun, kebahagiaan tersebut tak bertahan lama. Persikabo tak jemu-jemu menciptakan momok di lini belakang Persib Bandung. Pedro Henrique gantian membobol gawang tuan rumah di menit 84. Dengan hasil ini, kedudukan 1-4 untuk keunggulan Persikabo bertahan sampai akhir pertandingan. 


Pendapat Luis Milla

Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs Persik Kediri
Dua pemain Persib Bandung, Ciro Alves (kiri) dan David Da Silva tertunduk lesu setelah dikalahkan Persik Kediri pada laga Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (8/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Persib Bandung Luis Milla angkat bicara mengomentari performa timnya di laga melawan Persikabo pada Sabtu (15/4/2023) malam WIB.

Pelatih asal Spanyol itu menilai Pangeran Biru sebenarnya sudah berupaya mencetak gol dan menciptakan peluang. Namun, tak satu pun dari antaranya yang sanggup dikonversi menjadi angka.

"Ini sepakbola, ketika tim tidak bisa bermain bagus maka hasil bagus juga tidak bisa didapat. Yang menjadi pesan untuk musim depan adalah kami tidak bisa melakukan hal yang sama lagi," ujar Milla, dilansir dari situs resmi Persib Bandung.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya