Bintang Jetski Indonesia Aero dan Aqsa Aswar Ungkap Persiapan Menuju SEA Games 2023 Kamboja

Atlet jetski bersaudara, Aero dan Aqsa Aswar, mengungkap persiapan jelang tampil dalam turnamen olahraga multi event se-Asia Tenggara SEA Games 2023 Kamboja.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 04 Mei 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 22:00 WIB
Atlet Jetski Indonesi Aero dan Aqsa Aswar
Atlet jetski Indonesi, Aero (kiri) dan Aqsa Aswar, bakal turut mewakili Merah Putih dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta Duo bersaudara Aero Aswar dan Aqsa Aswar bakal turut meramaikan persaingan cabang olahraga jetski di perhelatan SEA Games 2023 Kamboja. Seperti diketahui, pertandingan untuk cabor tersebut dijadwalkan bergulir mulai 13-16 Mei mendatang.

Aero dan Aqsa pun mengungkap persiapan jelang tampil dalam turnamen olahraga multi event se-Asia Tenggara. Atlet yang sempat menorehkan prestasi di Kejuaraan Dunia Jetski itu mengaku sudah melakukan pemantapan di Amerika Serikat selama beberapa minggu.

Setelahnya, Aero dan Aqsa masih akan menjajal latihan di Tanah Air sebelum bertolak ke negeri Angkor Wat pada Senin (8/5/2023). Adapun di sana, mereka bakal kembali melakukan serangkaian tes pada jetski demi menyesuaikan dengan kondisi di lokasi balapan.

“(Untuk) sekarang, jetski (yang akan dipakai) sudah diberangkatkan dari Amerika Serikat ke Kamboja, masih di pesawat, harusnya sampai besok. Nanti kita perginya – karena masih ada libur di Kamboja – kemungkinan baru hari Senin,” tutur Aero Aswar saat ditemui di studio fitness Hustle, yang terletak di kawasan Jakarta, Kamis (4/5/2023) sore WIB.

“Sebenarnya sudah ada (rombongan) yang pergi (ke SEA Games 2023 Kamboja), tetapi kalau kita (pergi) bareng mereka, yang ada kita hanya menonton (persiapan) orang lain saja, tidak efisien. Jadi kita lebih baik pergi semepet mungkin karena jetski sudah siap.”

“Kemarin kita juga sudah ke US (Amerika Serikat), selama hampir tiga minggu. (Kami) ke LA untuk latihan di sana, lalu ke Arizona mengetes jetski. Nanti di Kamboja, kita perlu (waktu) sekitar 2-3 hari untuk find the tune lagi karena cuaca LA dan Kamboja berbeda,” tambah pria berusia 28 tahun tersebut.


Adaptasi di Lokasi Balapan

Atlet Jetski Indonesia Aero dan Aqsa Aswar
Aero (kiri) dan Aqsa Aswar, dijadwalkan memulai perjuangan di cabang olahraga jetski SEA Games 2023 Kamboja mulai 13-16 Mei mendatang. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Aero memaparkan, proses adaptasi jelang menghadapi balapan di SEA Games 2023 Kamboja memang menjadi faktor penting yang perlu dilakoni.

Pasalnya selama melakukan uji coba di Arizona, Aero dan adiknya hanya sempat menjajal balapan di danau. Situasi tersebut berbeda dengan perlombaan jetski di turnamen multi event Asia Tenggara yang bakal dilakukan di air laut.

“Kita kemarin (melakukan) tesnya di danau, (sedangkan dalam SEA Games 2023) ini (lokasinya di) laut. Jadi garamnya beda, semua beda, sehingga harus dites ulang,” papar Aero kepada awak media.

“Bensin yang kita terima buat balap nanti juga berbeda. Jadi kita perlu sampling dari bensinnya, baru di-review semuanya,” sambung peraih medali emas Asian Beach Games edisi 2010 serta 2014 itu.


Latihan Stamina Jelang SEA Games 2023

Atlet Jetski Indonesi Aero dan Aqsa Aswar
Atlet jetski Indonesi, Aero dan Aqsa Aswar, saat menjalani latihan di Hustle, Jakarta, Kamis (4/5/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Di sisi lain, Aero dan Aqsa menilai latihan skill serta persiapan teknis bukanlah satu-satunya hal yang harus diperhatikan jelang SEA Games 2023. Duo bersaudara itu secara khusus juga menaruh perhatian pada persiapan stamina dan daya tahan tubuh.

Demi memantapkan aspek tersebut, Aero dan Aqsa rutin melakukan latihan di studio fitness Hustle. Pasalnya, kelas-kelas yang dihadirkan Hustle dianggap mampu memenuhi kebutuhan latihan kedua atlet, serta memberi recovery yang baik sesuai kebutuhan.

“Di Hustle, sebagian besar kelas yang kami ikuti setiap hari terdiri dari dua bagian berbeda yang mengutamakan kekuatan dan daya tahan,” papar mereka, seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com

“Kami juga mengambil berbagai jenis kelas yang berfokus pada area tertentu, seperti kelas kaki, lengan, perut, dan kardio atau keseluruhan tubuh yang sangat bermanfaat untuk melatih stamina kami, sehingga kami siap dan berada dalam kondisi prima untuk bersaing di SEA Games 2023,” tambah Aero-Aqsa.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya