Bukan Manchester United, Frenkie de Jong Berpotensi Gabung Manchester City di Bursa Transfer Musim Panas

Bintang Barcelona Frenkie de Jong kembali dikaitkan dengan kepindahan dari Spanyol di bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Belanda itu berpotensi hijrah ke klub Liga Inggris. Namun bukan Manchester United, melainkan rival sekotanya Manchester City yang punya peluang mengamankan jasa De Jong musim depan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Jul 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 16:30 WIB
Barcelona Vs Pumas Unam
Pemain Barcelona, Frenkie de Jong (kanan), berpeluang pindah ke Manchester City musim depan. Pemain asal Belanda itu hendak dijadikan pelicin bagi upaya Barcelona mendatangkan Bernardo Silva dari Etihad. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta Bintang Barcelona Frenkie de Jong kembali dikaitkan dengan kepindahan dari Spanyol di bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Belanda itu berpotensi hijrah ke klub Liga Inggris. Namun bukan Manchester United, melainkan rival sekotanya Manchester City yang punya peluang mengamankan jasa De Jong musim depan.

Sebagaimana diketahui, Setan Merah memang cukup lama menaruh ketertarikan pada Frenkie de Jong. Sang raksasa Premier League sempat mencoba memboyong bintang Barcelona ke Old Trafford, tetapi ia lebih memilih untuk melanjutkan karier bersama klub Catalan.

Setahun berselang, nama De Jong kembali dikaitkan dengan tim Liga Inggris di bursa transfer. Akan tetapi bukan lagi Setan Merah, kini justru Manchester City yang gantian dihubung-hubungkan dengan pesepak bola berusia 26 tahun.

Menguaknya kabar keterkaitan Frenkie de Jong dengan klub peraih treble winners tak lepas dari sikap Barcelona. Tim besutan Xavi Hernandez itu konon berencana membajak pemain City Bernardo Silva di jendela transfer.

Sebagai gantinya, Pep Guardiola berpotensi diberi kesempatan untuk memakai jasa Frenkie de Jong musim depan. Langkah ini dimaksudkan demi memfasilitasi upaya Blaugrana mendatangkan Silva ke marasnya.

Dilansir dari Mirror, Bernardo Silva memang masuk dalam daftar incaran Barcelona sejak lama. Manajer Xavi Hernandez sendiri mengonfirmasi bahwa pihaknya sempat mengincar kesepakatan untuk Silva musim panas lalu.

Namun, rencana Barcelona merkrut pemain internasional Portugal belum berhasil terealisasi. Barcelona pun sekarang harus menghadapi persaingan sengit dengan klub besar Eropa lain, dengan Paris Saint-Germain (PSG) juga disebut berminat menyewa jasa Silva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barcelona Bakal Sulit Luluhkan Manchester City

Foto: 8 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi dalam Laga Final Liga Champions 2022 / 2023 Manchester City Kontra Inter Milan
Selebrasi gelandang Manchester City, Bernardo Silva setelah menjebol gawang Bayern Munchen pada laga leg pertama perempatfinal Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Manchester (11/4/2023). Bernardo Silva yang telah membela Manchester City sejak awal musim 2017/2018 ini kini memiliki nilai pasar 80 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. (AFP/Oli Scarff)

Barcelona kemungkinan harus bekerja keras jika ingin meluluhkan Manchester City di bursa transfer kali ini. Pasalnya melansir laporan Mirror, juru taktik The Citizens sudah berulang kali menolak membiarkan Bernardo Silva pergi ke klub lain.

Sikap Guardiola itu tak lepas dari pentingnya peran sang pemain dalam skuad racikannya di Etihad. Pesepak bola berusia 28 tahun telah memberi kontribusi signifikan dalam 55 penampilannya bersama City di semua kompetisi musim lalu, sekaligus mengantar klub meraih treble winners.

Besarnya ketertarikan klub-klub lain kemungkinan tak bakal membuat Manchester City melunak serta melepaskan sang pemain di bursa transfer musim panas kali ini. Padahal menurut laporan, Bernardo Silva sendiri sebenarnya cukup terbuka untuk pindah dari Etihad demi menjajal karier di tempat lain


Barcelona Sudah Temui Agen

Foto: 5 Pemain Manchester City yang Sukses Membuat Real Madrid Gigit Jari
Bernardo Silva menjadi pemain yang paling menonjol saat Manchester City menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions. Selain menyumbang dua gol, Bernardo juga menunjukkan kepiawaian dalam membangun serangan dan membantu pertahanan. (AP Photo/Jon Super)

Terlepas dari sikap Manchester City, Barcelona kabarnya sudah mengambil langkah awal demi mendapatkan tanda tangan Silva dari klub Liga Inggris.

Laporan Mundo Deportivo yang dikutip dari Daily Mail mengeklaim kepala transfer Barca telah menemui agen Jorge Mendes, dengan kliennya Bernardo Silva menjadi salah satu nama yang hendak dibidik.

Kalau upaya pendekatannya berhasil, Barcelona harus menyiapkan dana besar demi mengamankan jasa Bernardo Silva. Akan tetapi, hal itu berpotensi menjadi masalah lantaran Barca belum memiliki kekuatan finansial yang cukup di bursa transfer musim panas 2023.


Frenkie de Jong Bisa Jadi Pelicin Kesepakatan

Foto: Gol Bunuh Diri Eder Militao Bawa Barcelona Segel Kemenangan di Markas Real Madrid pada Leg Pertama Semifinal Copa Del Rey
Pemain Barcelona, Frenkie de Jong (tengah) berebut bola dengan pemain Real Madrid, Antonio Rudiger (kanan) dan Federico Valverde pada laga leg pertama semifinal Copa Del Rey 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Madrid, Jumat (03/03/2023) WIB. Laga berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Barcelona. (AP Photo/Bernat Armangue)

Di situasi seperti inilah keberadaan Frenkie de Jong bakal dibutuhkan. Football Espana mengeklaim pesepak bola asal Belanda bisa dipakai sebagai alternatif cara untuk melicinkan kepindahan Silva dari Etihad.

Apalagi, Manchester City sebelumnya sempat dilaporkan melirik jasa De Jong di bursa transfer musim panas. Sang pemain diincar untuk menjadi pengganti Declan Rice yang gagal didatangkan The Citizens dari West Ham.

Sebagai informasi, bekas pemain incaran Manchester United memang punya prospek menjanjikan. Penampilannya pun terbilang apik saat membela Barcelona di kompetisi 2022/2023.

Situs Transfermarkt mencatat De Jong tampil dalam total 43 pertandingan di semua ajang musim lalu. Dari total laga itu, sebanyak dua gol dan empat assists mampu disumbangkan oleh gelandang berusia 26 tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya