Hasil MotoGP Mandalika 2023: Jorge Martin Crash, Francesco Bagnaia Rebut Podium Juara

Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia sukses merebut podium juara usai finis sebagai yang terdepan dalam balapan MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (15/10/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Okt 2023, 14:29 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2023, 15:01 WIB
Foto: Diuntungkan Insiden Marc Marquez Tabrak Miguel Oliveira, Francesco Bagnaia Juara Seri Pembuka MotoGP 2023 di GP Portugal
Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (kiri) sukses membuat kejutan dengan keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2023 pada Minggu (15/10/2023) usai mengasapi rivalnya Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang harus puas menempati urutan kedua serta tiga. (AP Photo/Jose Breton)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia sukses merebut podium juara usai finis sebagai yang terdepan dengan catatan waktu 41 menit 20.293 detik dalam balapan MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (15/10/2023).

Rider asal Italia itu sukses memetik kejayaan setelah memanfaatkan crash yang dialami Jorge Martin pada lap 13 sekaligus menyalip Maverick Vinales yang sempat mengambil alih posisi terdepan dalam balapan.

Adapun tempat kedua secara berturut-turut ditempati oleh Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang berselisih 0.306 serta 0.433  detik dari sang juara. Sementara itu, Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi melengkapi posisi 5 besar dalam race yang di Sirkuit Mandlika.

Menilik jalannya laga, Luca Marini sejatinya mendapat privilese start di posisi pada Minggu (15/10/2023) siang WIB menyusul keberhasilannya merebut pole position saat kualifikasi.

Akan tetapi, Jorge Martin yang menjadi juara sprint race di Sirkuit Mandalika, Sabtu (14/10/2023) lalu, langsung menebar ancaman dengan menyodok ke urutan teratas ketika balapan baru memasuki lap-lap awal.

Luca Marini sendiri terlempar dari balapan tak lama berselang lantaran disenggol oleh Brad Binder di lap ketiga. Situasi ini membuatnya mau tak mau harus terlempar dari persaingan sengit di Sirkuit Mandalika.

Sementara itu, posisi top five masih cukup dinamis hingga lap keempat. Maverick Vines dan Francesco Bagnaia secara berturut-turut menghuni urutan dua dan tiga, disusul Aleix Espargaro dan Brad Binder yang melengkapi lima besar.

Brad Binder tertimpa nestapa beberapa waktu setelahnya. Rider Red Bull KTM itu dinyatakan melanggar peraturan saat terlibat crash dengan Luca Marini, sehingga dijatuhi hukuman long lap penalty dan tergusur ke urutan 9 di putaran ketujuh.

Adapun Marquez yang sempat menjadi langganan juara dunia lagi-lagi diganggu crash dalam upayanya bangkit dari keterpurukan. Pembalap Repsol Honda mengalami kecelakaan di tikungan 13 lap 8, yang membuatnya tak bisa melanjutkan balapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jatuhnya Jorge Martin

Jorge Martin
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, meraih pole position pada MotoGP San Marino setelah menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi yang digelar, Sabtu (9/9/2023) sore WIB. (AFP/Lluis Gene)

Posisi 3 besar masih belum bergeser hingga mendekati lap ke-11 balapan MotoGP Mandalika 2023. Jorge Martin dominan di urutan pertama usai mencatatkan gap 2.543 detik dari Maverick Vinales di urutan kedua.

Adapun tempat ketiga dihuni oleh sang juara dunia musim lalu, Francesco Bagnaia. Ia masih kesulitan menembus dua besar lantaran terpaut jarak 1.238 detik dari Vinales yang bertengger satu setrip di atasnya.

Kejutan lantas terjadi di lap ke-13. Performa gemilang Jorge Martin mendadak terhenti lantaran ia mengalami crash lantaran tergelincir di tikungan 11 Sirkuit Mandalika

Situasi ini sontak memberi angin segar buat Maverick Vinales dan Pecco Bagnaia yang ambil alih menghuni urutan 2 besar. Sementara itu, Fabio Quartararo naik melengkapi posisi top three, disusuk Aleix Espargaro dan Jack Miller.


Persaingan Sengit Vinales dan Bagnaia

Maverick Vinales
Maverick Vinales pada balapan MotoGP Qatar 2021, Senin (29/03/2021) dini hari WIB. (KARIM JAAFAR / AFP)

Persaingan sengit mewarnai jalannya balapan di lap 18 antara Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia. Kedua rider terpaut kurang dari satu detik, dengan Vinales masih mencoba mempertahankan posisinya di urutan terdepan.

Tensi tegang terus berlanjut memeasuki 8 lap terakhir MotoGP Mandalika 2023. Pecco Bagnaia akhirnya berhasil menyodok Maverick Vinales dan menciptakan jarak 0.471 detik dari pesaing tedekatnya.

Adapun Fabio Quartararo masih terkunci di urutan ketiga. Ia dibuntuti oleh Fabio Di Giannantonio serta Brad Binder yang secara berturut-turut menyusul di urutan empat serta lima.

Tak ada perubahan di posisi tiga besar hingga memasuki lap terakhir. Hanya posisi kelima yang mengalami pergeseran setelah Marco Bezzecchi mampu menyodok dan memaksa pesaing-pesaingnya turun kasta.

Balapan di Sirkuit Mandalika berakhir dengan kemenangan Bagnaia. Vinales menyusul di podium kedua, diikuti Qurtararo yang berhak menyabet predikat ketiga tecepat.


Hasil MotoGP Mandalika 2023

Posisi-Pembalap-Negara-Tim (Motor)

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

2. Maverick Vinales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

3. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

4. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP23)

5. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)  

6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

8. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo Team (GP22)

9. Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

10. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

11. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

12. Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)

13. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)

Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya