Bukan Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid Jadi 2 Klub Liga Spanyol yang Meraih Poin Terbanyak di 2023

Barcelona dan Atletico Madrid ternyata mengoleksi jumlah poin yang sama dari total semua kompetisi yang diikuti di 2023.

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Jan 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2024, 13:00 WIB
Barcelona Vs Shakhtar Donetsk
Barcelona memperoleh poin yang sama kalau dijumlahkan sepanjang 2023 dengan Atletico Madrid (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona- 2023 sudah berlalu dan tahun baru 2024 hadir. Statistik permainan klub-klub Liga Spanyol pun menjadi sorotan karena masuk dalam kategori klub yang meraih poin terbanyak.

Seperti dilansir akun Atletico Universe di X, ada beberapa klub di lima liga top Eropa yang berhasil meraih poin terbanyak. Manchester City menjadi klub dengan torehan poin terbanyak yaitu 93.

Man City mengambil banyak poin berkat keberhasilan mereka meraih treble musim lalu. Tim asuhan Josep Guardiola itu mengemas tiga gelar yaitu Piala FA, Liga Inggris dan Liga Champions.

Sedangkan posisi dua dihuni Atletico Madrid dan Barcelona. Dua klub LaLiga ini sama-sama mengoleksi 88 poin di 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Statistik Peraih Poin Terbanyak
Klub dari lima liga top Eropa yang meraih poin terbanyak di sepanjang 2023 (screenshoot X)

Sedangkan Real Madrid secara mengejutkan ada di posisi 4 dengan 85 poin. Poin yang ditorehkan Madrid ternyata sama dengan Aston Villa yang tampil ciamik dengan manajer Unai Emery.

Seperti dilansir Football Espana, Barcelona dan Atletico Madrid harus melanjutkan tren positif itu di 2024. Soalnya, mereka masih berpeluang di empat kompetisi yaitu LaLiga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol dan Liga Champions.


Barcelona dan Atletico Madrid Berebut Gelar dalam Waktu Dekat

Foto: Adu Gulat Ferran Torres dan Stefan Savic pada Laga Sengit Atletico Madrid Vs Barcelona di Liga Spanyol
Ferran Torres kemudian terlihat mengunci tangan kanan Savic sembari menjambak rambutnya. Savic yang tak terima membalas dengan memiting leher Torres. Mereka juga masih saling dorong ketika telah kembali berdiri. (AFP/Thomas Coex)

 

Barcelona dan Atletico Madrid bakal menjalani agenda padat di Januari. Kedua klub akan memulai Copa del Rey di Januari.

Selain itu, mereka juga bakal berangkat ke Arab Saudi untuk menjalani Piala Super Spanyol dengan format berbeda pada 11-15 Januari. Selain Barcelona dan Atletico Madrid, Real Madrid dan Osasuna juga main di event ini.

Ini menjadi kesempatan buat kedua klub untuk meraih trofi pertama musim ini. Ini jelas bisa dilakukan kalau mereka bisa menyingkirkan lawan masing-masing sampai final.

 


Barcelona dan Atletico Pertaruhkan Nasib di Liga Champions

Atletico Madrid Taklukkan Barcelona di Wanda Metropolitano
Gelandang Atletico Madrid Koke (kiri) berebut bola dengan gelandang Barcelona Frenkie De Jong pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, Sabtu (21/11/2020). Atletico menang tipis atas Barcelona 1-0. (AFP/Gabriel Bouys)

 

Barca dan Atletico Madrid juga akan mempertaruhkan nasib di Liga Champions pada Februari. Kedua klub akan main di 16 besar Liga Champions yang digelar pada pertengahan Februari.

Barcelona harus mampu kalahkan Napoli dalam dua leg. Sedangkan Atletico Madrid bakal menghadapi klub Liga Italia lainnya, Inter Milan. Siapa yang bakal lolos perempat final?

 


Barca dan Atletico Madrid Tertinggal di Perburuan Gelar Juara Liga Spanyol

Hasil Barcelona vs Atletico Madrid di Liga Spanyol
Gol semata wayang kemenangan Barca dicetak oleh Joao Felix (28'), pemain yang dipinjamkan Atletico. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Di sisi lain, Barcelona dan Atletico Madrid masih tertinggal dalam perburuan gelar juara La Liga. Saat ini Atletico Madrid berada di posisi tiga dengan 38 poin, sama seperti Barca yang ada di posisi keempat karena kalah produktivitas.

Barca dan Atletico Madrid masih tertinggal 7 poin dari Real Madrid yang memimpin klasemen. Girona pun mengoleksi poin yang sama tapi kalah produktif dan berada di posisi dua.

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat Barcelona dan Atletico Madrid

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya