Jumlah Kecelakaan di MotoGP 2024 Diprediksi Bakal Makin Sering Terjadi

Tidak ada satu balapan pada MotoGP 2023 di mana seluruh 22 pembalap utama berlomba. Hal serupa berpeluang terulang musim ini.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 12 Feb 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2024, 12:00 WIB
Foto: Momen-Momen Kecelakaan yang Dialami Pembalap F1 dan MotoGP Selama Musim 2023
Pembalap Honda, Marc Marquez (atas), mengalami kecelakaan dengan pembalap Aprilia, Miguel Oliveira, dalam MotoGP Portugal 2023 yang berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao, Minggu (26/3/2023). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada satu balapan pada MotoGP 2023 di mana seluruh 22 pembalap utama berlomba. Hal serupa berpeluang terulang musim ini.

Kehadiran sprint race di setiap seri dipercaya sebagai penyebab fenomena ini. ā€œJelas, lebih banyak balapan berarti lebih besar kemungkinan cedera,ā€ kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta kepada Marca.

ā€œTetapi olahraga ini harus mengalami evolusi. Kami bertarung tidak hanya melawan olahraga lain. Kami bertarung dengan hiburan lain dan harus berupaya mendapatkan lebih banyak penonton,ā€ sambungnya.

Sebanyak 15 dari 22 pembalap permanen setidaknya mengalami cedera musim lalu. Sementara sembilan rider melewatkan setidaknya satu lomba.

Menyambut MotoGP 2024, Rider Pramac Racing Franco Morbidelli terjatuh dalam tes Portimao dan pingsan serta dirawat di rumah sakit sehingga melewatkan uji coba Sepang dan tes Qatar.Ā Sedangkan pembalap Trackhouse Racing Raul Fernandez mengalami kecelakaan pada hari pertama tes Sepang dan melewatkan sisa kegiatan.

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi Jitu KTM Sambut MotoGP 2024

Foto: Momen-Momen Kecelakaan yang Dialami Pembalap F1 dan MotoGP Selama Musim 2023
Pembalap Honda, Marc Marquez (kanan), berusaha menolong pembalap Aprilia, Miguel Oliveira, setelah keduanya terlibat kecelakaan dalam MotoGP Portugal 2023 yang berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao, Minggu (26/3/2023). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Promosi Pedro Acosta ke Tech3 GASGAS memaksa KTM menggusur Pol Espargaro. Di sisi lain, kebijakan ini membuat pabrikan asal Austria itu dalam posisi bagus menyambut musim depan.

KTM kini punya dua rider ekstra untuk menggantikan mereka yang cedera. Selain Espargaro yang kini berstatus pembalap cadangan, mereka juga memiliki rider penguji Dani Pedrosa.

ā€œSaya tidak tahu apakah seluruh pabrikan memahami situasi atau tidak. Saya juga tidak bisa memberi rekomendasi. Mereka sendiri yang harus memutuskan,ā€ ungkap Ezpeleta.

ā€œSatu-satunya yang dalam posisi kuat adalah KTM. Mereka punya Pol dan Dani. Jika saya seorang pabrikan, saya akan memiliki pebalap cadangan,ā€ lanjutnya.


Lokasi Paling Angker di MotoGP

Foto: Aksi Para Pembalap saat Jajal Sirkuit Mandalika di Sesi Latihan Bebas MotoGP Indonesia 2023, Aleix Espargaro Tercepat
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro terjatuh dari motornya saat sesi latihan bebas MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13/10/2023). (AFP/Sonny Tumbaleka)

Sebelumnya statistik menempatkan Tikungan 1 Sirkuit Buddh International tempat berlangsungnya MotoGP IndiaĀ sebagai lokasi yang paling banyak meminta tumbal.

Sebanyak 23Ā insiden dari seluruh kelas terjatuh di Tikungan 1 Buddh International yangĀ sempit dan licin ke arah kanan.Ā Situs resmiĀ MotoGPĀ membeberkan, ada tujuh rider kelas utama yang terjatuh di sana. Begitu pula 11 rider Moto2 dan 5 pembalap Moto3.

Di angka tersebut, Tikungan 1Ā Buddh International mengungguli Tikungan 4 Phillip Island yangĀ menjadi lokasi 22 kecelakaan. Namun, jumlah di Phillip Island sebenarnya bisa bertambah karena sprint race MotoGP Australia dibatalkan karena kondisi cuaca.

Tikungan 3 dan Tikungan 7 Le Mans serta Tikungan 14 MisanoĀ berada di daftarĀ tikungan paling berbahaya berikutnya dengan masing-masing 16 kecelakaan.

Buddh International dan Le Mans pun menempati posisi teratas balapan paling berbahaya musim lalu karena menghadirkan 79 insiden. Menyusul kemudian Circuit of the Americas (69) dan Sepang (65).

Termas de Rio Hondo jadi sirkuit paling aman karena cuma menghadirkan 23 kecelakaan.Ā 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya