Hasil Piala Asia U-23 2024 Irak vs Indonesia: Sempat Unggul, Garuda Muda Ditahan 1-1 di Babak Pertama

Timnas Indonesia dan Irak bertanding pada partai perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam WIB. Kedudukan saat ini 1-1 di babak pertama.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 03 Mei 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2024, 23:20 WIB
Foto: Selebrasi Penuh Makna Ivar Jenner setelah Lesatkan Gol untuk Kemenangan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024
Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner merobek gawang Irak pada laga perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024. (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia dan Irak bertanding pada partai perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam WIB. Kedudukan saat ini 1-1 di babak pertama.

Indonesia tidak bisa menurunkan kapten Rizky Ridho yang terkena kartu merah pada semifinal Piala Asia U-23 2024. Sebagai gantinya, pelatih Shin Tae-yong mengubah pola tiga bek tengah. Muhammad Ferrari dan Justin Hubner mengisi jantung pertahanan diapit Ilham Rio dan Pratama Arhan.

Konsekuensi perubahan pola itu juga membuat Marselino Ferdinan sedikit bermain ke dalam demi memfasilitasi kehadiran Jeam Kelly Sroyer

Di luar itu, Shin Tae-yong mengandalkan nama-nama yang jadi tumpuannya selama turnamen di Qatar. Termasuk striker Rafael Struick yang sudah bebas sanksi disiplin.

Jalan Pertandingan Irak vs Indonesia 

Wasit Majed Al-Shamrani dari Arab Saudi yang memimpin laga sudah meniup peluit tanda dimulainya laga. Indonesia mengenakan seragam merah-merah, dengan Irak memakai putih-putih.

Timnas Indonesia U-23 ternyata tetap memainkan pola tiga bek tengah. Nathan Tjoe-A-On mengisi sisi kiri dengan Justin Hubner bergeser ke sentral. Kedua tim bermain terbuka di lima menit pertama.

Kedua tim melakukan percobaan. Irak melalui Muntadher Mohammed dan Indonesia lewat Marselino Ferdinan, tapi tidak ada yang berbuah gol.

Indonesia lalu dapat tendangan bebas di lokasi menjanjikan. Sayang tendangan Marselino Ferdinan juga terlalu lemah.

Lemparan ke dalam Pratama Arhan menemukan kepala Justin Hubner. Sayang tandukannya tidak membahayakan. Irak lalu coba melancarkan serangan balik, tapi dihentikan Rio Fahmi. Sejauh ini kedua tim belum menghasilkan peluang emas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gol di Laga Irak vs Indonesia

Piala Asia U-23 - Irak Vs Timnas Indonesia U-23 - Radhi Shenaishil, Ali Jasim Vs Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan
Piala Asia U-23 - Irak Vs Timnas Indonesia U-23 - Radhi Shenaishil, Ali Jasim Vs Shin Tae-yong, Marselino Ferdinan (Bola.com/Adreanus Titus)

Lemparan ke dalam Pratama Arhan kembali menciptakan situasi berbahaya. Bola liar jatuh ke kaki Nathan Tjoe-A-On. Sayang bolanya dimentahkan bek Zaid Tahseen.

Dari sepak pojok Witan Sulaeman, Ivar Jenner mendapat bola di luar kotak penalti. Dia melepas tendangan keras yang merobek gawang Irak di menit ke-19.

Irak coba langsung membalas. Beruntung usaha Ali Jassim masih bisa dimentahkan Ernando Ari. Indonesia juga membalas. Sayang tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On gagal disambut rekan-rekannya.

Irak merobek gawang Ernando Ari di menit ke-27. Tendangan penjuru Muntadher Mohammed gagal diantisipasi pertahanan Indonesia. Bola dilanjutkan Nihad Mohammed ke area berbahaya dan disambut Zaid Tahseen. Sempat diperiksa VAR, gol disahkan.

Indonesia mendapat peluang untuk kembali memimpin. Tapi tandukan Justin Hubner dari tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On masih melenceng. 

Giliran Nihad Mohammed mengancam. Menyambut umpan silang rekan, dia menyundul bola yang melebar. 

Irak sempat kembali mendapat kesempatan lewat Ali Jasim. Tempo pertandingan menurun menuju berakhirnya babak pertama.

Ada tambahan waktu empat menit. Marselino Ferdinan menyusul Zaid Tahseen masuk buku nakal wasit usai melakukan tekel telat. Skor tidak berubah 1-1 di jeda laga.


Susunan Pemain Irak vs Indonesia

Piala Asia U-23 - Irak Vs Timnas Indonesia U-23_Alternatif
Piala Asia U-23 - Irak Vs Timnas Indonesia U-23_Alternatif (Bola.com/Adreanus Titus)

Irak (4-3-3): Hussein Hasan; Mustafa Saadoun, Josef Baiz, Zaid Tahseen, Ahmed Hasan; Ali Jasim, Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed Ali; Ridha Fadil, Azad Klouri, Nihad Mohammed

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On; Ilham Rio, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya