Marc Klok Pilih Fokus Kejar Trofi BRI Liga 1 usai Absen Dipanggil ke Timnas Indonesia

Bintang Persib Bandung Marc Klok memilih fokus mengejar trofi BRI Liga 1 2023/2024 setelah tak dipanggil Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 21 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2024, 06:00 WIB
Pemain Persib Bandung dan Timnas Indonesia Marc Klok
Pemain Persib Bandung, Marc Klok, memilih fokus membantu klubnya mengunci gelar juara Liga 1 2023/2024 setelah absen dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Bintang Persib Bandung Marc Klok memilih fokus mengejar trofi juara BRI Liga 1 2023/2024 bersama klubnya usai tak dipanggil memperkuat Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, skuad Garuda bakal menghadapi dua laga penting kontra Irak dan Filipina dalam misinya mengamankan tiket ke putaran 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Timnas Indonesia untuk saat ini berada di posisi yang cukup bagus lantaran mampu menempati urutan 2 klasemen grup F dengan koleksi 7 poin, unggul 4 angka dibanding rival terdekatnya Vietnam di urutan 3. Praktis, anak-anak asuh Shin Tae-yong tinggal butuh satu kemenangan lagi demi menghidupkan asa tampil di ajang sepak bola terakbar.

PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air pun sebelumnya telah merilis daftar 22 penggawa pilihan Shin Tae-yong untuk membela Merah Putih di duel krusial Juni mendatang. Nama Marc Klok yang biasa jadi langganan lini tengah secara mengejutkan absen, dengan sang pemain sendiri mengaku sempat kaget akan hal ini.

"Sejujurnya, saya kaget melihat itu (perihal pemanggilan pemain Timnas Indonesia) di media," ucap Klok menanggapi absennya dia dari daftar pemain pilihan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Saya bisa katakan bahwa saya merasa kecewa, tetapi saya tidak putus asa akibat situasi ini. Apalagi saya telah menjalani musim yang kuat bersama Persib," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fokus dengan Persib Bandung

Persib Bandung vs Bali United: Leg Kedua Semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024
Selebrasi pemain Persib Bandung, Ciro Alves (kanan) bersama Marc Klok setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Bali United pada laga leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Terlepas dari ketidaksertaannya memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Marc Klok mengaku tetap menghargai keputusan pelatih Shin Tae-yong. Dia juga bertekad memanfaatkan momen ini untuk fokus mengejar gelar Liga 1 bersama Persib Bandung, hingga akhirnya dilirik lagi oleh juru taktik Korea Selatan.

"Apapun keputusan pelatih (Shin Tae-yong), saya akan menghormatinya. Walau begitu, saya yakin hal ini bukan akhir dari perjalanan saya bersama tim nasional. Saya akan terus bekerja keras dan fokus pada setiap pertandingan guna memastikan saya tetap bisa jadi pilihan yang layak buat pelatih," ucap Marc Klok.

"Untuk saat ini, saya fokus pada penampilan dengan Persib Bandung. Lalu pada akhirnya, pilihan ada di tangan Coach Shin untuk memutuskan siapa yang ingin dia pilih bagi tim," katanya lagi.


Peluang Persib Jadi Juara Liga 1 2023/2024

Persib Bandung vs Bali United: Leg Kedua Semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024
Para pemain Starting XI Persib Bandung berfoto jelang dimulainya laga leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 menghadapi Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Seperti diketahui, peluang Marc Klok bersama Persib Bandung mengunci gelar juara musim ini memang boleh dikata terbuka lebar. Mereka sebelumnya mendapat tiket ke championship series usai finis sebagai peringkat 2 dalam reguler series BRI Liga 1 2023/2024.

Adapun Persib Bandung setelahnya berhasil menang agregat 4-1 atas Bali United di semifinal. Hasil ini mengantar Marc Klok dan kawan-kawan menantang Madura United dalam dua leg puncak yang digelar Minggu (26/5/2024) serta Jumat (31/5/2024).

"Soal Persib Bandung, mimpi saya adalah menjadi juara di (liga) Indonesia. Sudah bertahun-tahun saya nyaris meraih prestasi itu," ucap Klok jelang laga final timnya di championship series BRI Liga 1.

"Sekarang, saya tinggal melewati dua pertandingan lagi untuk mencapai mimpi besar saya dan kami (Persib Bandung). Jadi, saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa demi mewujudkan hal itu (cita-cita jadi juara Liga 1)," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya