Indonesia Jadi Satu-satunya Negara ASEAN di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia memenangkan persaingan mini pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melaju ke putaran ketiga kualifikasi.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 12 Jun 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 17:30 WIB
Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol kedua ke gawang Filipina yang dicetak Rizky Ridho (kedua kanan) pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia memenangkan persaingan mini pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melaju ke putaran ketiga kualifikasi. 

Kemenangan meyakinkan 2-0 atas Filipina pada persaingan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6/2024) malam, membawa Indonesia lolos ke fase berikut mendampingi Irak. Sukses Tim Garuda sekaligus memupus ambisi Vietnam dan Filipina yang berada di grup sama. 

Senyum Indonesia, yang belum pernah menjadi juara Piala AFF, semakin mengembang melihat rival regional lain juga terpuruk. Thailand, meskipun menang 3-1 atas Singapura, gagal lolos dari Grup C.

Gajah Perang membutuhkan kemenangan dengan selisih tiga gol untuk menggeser China yang setingkat lebih baik. Mereka sempat memimpin melalui gol Suphanat Mueanta, tapi buyar setelah Ikhsan Fandi menyamakan kedudukan untuk Singapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjuangan Thailand dan Kehancuran Harapan Malaysia

Foto: Wakil ASEAN Habis, Thailand Susul Timnas Indonesia Angkat Koper setelah Disingkirkan Uzbekistan pada Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Babak 16 besar menjadi pencapaian terbaik wakil ASEAN pada ajang Piala Asia 2023. Setelah sebelumnya Timnas Indonesia tersingkir usai kalah 0-4 dari Australia, kini satu-satunya wakil Asia Tenggara yang tersisa, Thailand juga harus angkat koper di babak 16 besar setelah menyerah 1-2 dari Uzbekistan dalam laga yang digelar di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Selasa (30/1/2024). Dua gol Uzbekistan masing-masing dicetak oleh Azizbek Turgunboev (37') dan Abbosbek Fayzullaev (65'). Sementara satu-satunya gol Thailand dicetak oleh Supachok Sarachat pada menit ke-58. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Walau kemudian mampu mencetak dua gol jelang berakhirnya laga, Thailand gagal memenuhi tugas yang dihadapi. Mereka akhirnya harus merelakan tiket ke China yang unggul rekor pertemuan setelah kedua tim memiliki catatan gol identik.

 

Di tengah kekecewaan Thailand, Malaysia juga patah hati walau juga berjaya 3-1 atas Chinese Taipei. Kemenangan tersebut tidak cukup bagi mereka untuk menggeser Kirgizstan sukses mengimbangi Oman.


Indonesia Miliki Peluang Emas

Timnas Indonesia vs Vietnam: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kanan) berusaha memotong bola umpan pemain Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kemenangan 2-0 atas Filipina menjadi tonggak penting bagi Indonesia, membuka pintu menuju langkah selanjutnya di kualifikasi Piala Dunia. Gol-gol yang dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho menjadi bahan bakar semangat bagi skuad Indonesia, mengukuhkan posisi mereka di posisi kedua Grup F. Meskipun tantangan besar menanti di putaran selanjutnya, harapan Indonesia tidak pernah padam.

Dukungan penuh dari manajemen tim dan semangat juang yang tak kenal lelah menjadi modal utama bagi Indonesia dalam mengejar impian Piala Dunia 2026. Di tengah rivalitas yang semakin memanas di arena sepak bola Asia, Indonesia berdiri teguh, siap menghadapi semua rintangan di depan mereka. Setiap gol yang mereka cetak, setiap langkah yang mereka ambil, membawa mereka lebih dekat untuk mengukir sejarah baru.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya