6 Pemain Top yang Bakal Absen dari Euro 2024, Ada Duo Manchester United

Piala Eropa 2024, yang dimulai pada 14 Juni, dipercaya bakal menjadi salah satu turnamen sepak bola paling menarik. Sayang, di balik gemerlapnya turnamen, sejumlah pemain top dipastikan bakal absen dari Euro 2024.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 14 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 06:00 WIB
Foto: Belum Genap Semusim di Manchester City, Mesin Gol Haaland Salip Rekor Hattrick Ronaldo dan Van Nistelrooy di Liga Inggris
Pemain Manchester City, Erling Haaland melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Wolves saat laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Etihad Stadium, Manchester, Minggu (22/01/2023) dini hari WIB. Haaland sukses mencetak tiga gol atau hattrick untuk kemenangan The Cityzens. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa 2024, yang akan dimulai pada 14 Juni, dipercaya bakal menjadi salah satu turnamen sepak bola paling menarik. Sebanyak 24 tim bersaing untuk dinobatkan sebagai juara.

Sayang, di balik gemerlapnya turnamen, sejumlah pemain top dipastikan bakal absen dari Euro 2024. 

Sebanyak dua di antaranya datang dari Norwegia. Kegagalan mereka pada kualifikasi sebenarnya menjadi salah satu cerita paling mengejutkan. Pasalnya, Norwegia memiliki kapten Arsenal Martin Odegaard dan striker Manchester City Erling Haaland.

Meski kedua pemain menampilkan performa individu yang luar biasa di Liga Premier, hal itu nyatanya tidak cukup untuk membawa Norwegia merebut tiket turnamen ke Jerman. Mereka finis di urutan ketiga grup di belakang Spanyol dan Skotlandia. Norwegia pun absen dari turnamen sepak bola besar sejak tahun 2000.

Selain dua nama tersebut, sejumlah nama beken lain turut menghilang dari turnamen di Jerman. Termasuk di antaranya duo Manchester United. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duo Manchester United: Marcus Rashford dan Jadon Sancho

Luton Town vs Manchester United: Laga pekan ke-25 Premier League 2023/2024
Striker Manchester United, Marcus Rashford saat menghadapi Luton Town pada laga pekan ke-25 Premier League 2023/2024 di Kenilworth Road, Luton, Minggu (18/2/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Musim buruk bagi beberapa pemain Manchester United juga berdampak pada absennya mereka di Euro 2024. Marcus Rashford, yang mengalami penurunan performa signifikan pada musim 2023/2024, tidak masuk dalam skuad sementara Gareth Southgate.

Rashford, yang sebelumnya tampil dinamis di Piala Dunia 2022, hanya mencetak delapan gol dalam 43 pertandingan musim ini, jauh dari 30 gol yang ia cetak musim sebelumnya.

Dia bukan satu-satunya pemain MU yang absen. Jadon Sancho, yang mengalami masa sulit di Old Trafford pada paruh pertama musim, juga tidak dipilih oleh Southgate. Meski menemukan kembali performanya saat dipinjamkan ke Borussia Dortmund dan membantu klub tersebut mencapai final Liga Champions, itu tidak cukup untuk membawanya kembali ke skuad Inggris.

Absennya Rashford dan Sancho dari skuad Inggris mengejutkan banyak penggemar yang berharap melihat mereka di turnamen besar ini. Namun, keputusan Southgate mencerminkan kebutuhan untuk membangun tim yang konsisten dan dalam performa terbaik.


Paul Pogba: Lubang Besar di Lini Tengah Prancis

Foto: Debut Kedua Paul Pogba untuk Juventus, Bawa Si Nyonya Tua Menangkan Derby Della Mole
Pemain Juventus, Paul Pogba bersiap melakukan pemanasan sebelum laga lanjutan Liga Italia 2022/2023 melawan Torino yang berlangsung di Allianz Stadium, 28 Februari 2023. (AFP/Marco Bertorello)

Paul Pogba, yang bermain peran kunci dalam kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018, juga akan absen di Euro 2024. Gelandang Juventus ini dijatuhi larangan doping selama empat tahun setelah dinyatakan positif menggunakan obat terlarang. Larangan ini berlaku hingga September 2027, yang juga membuat Pogba absen di Piala Dunia 2026.

Absennya Pogba merupakan pukulan telak bagi Prancis, yang akan kehilangan salah satu pemain tengah terbaik mereka. Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni diharapkan dapat mengisi kekosongan besar yang ditinggalkan oleh Pogba. Namun, pengalaman dan kemampuan teknis Pogba di turnamen besar tidak mudah digantikan.


Gavi: Kehilangan Besar bagi Spanyol

Foto: Aksi Cemerlang Gavi saat Tipiskan Asa Haaland Cs Lolos ke Putaran Final Euro 2024
Pemain Spanyol, Gavi melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Norwegia pada laga Grup A Kulaifikasi Euro 2024 yang berlangsung di Ullevaal Stadium, Oslo, Norwegia, Senin (16/10/2023) dini hari WIB. Gavi menjadi satu-satunya pencetak gol pada laga tersebut. (AFP/NTB/Frederik Ringnes)

Spanyol juga mengalami pukulan besar dengan absennya gelandang muda berbakat mereka, Gavi. Pemain Barcelona ini mengalami cedera ACL saat kualifikasi Euro melawan Georgia pada bulan November, yang mencoretnya hingga awal musim 2024-25. Keputusan pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, untuk memainkan Gavi dalam pertandingan tersebut menuai kritik karena timnya sudah memastikan lolos ke Euro 2024 sebelumnya.

Absennya Gavi merupakan kehilangan besar bagi Spanyol. Meskipun memiliki skuad berpengalaman yang dihuni Lamine Yamal, Rodri, Dani Carvajal, dan Aymeric Laporte, terkaparnya gelandang muda ini tetap akan berdampak besar pada kekuatan tim.

Infografis Euro 2024, Jadwal Harian Babak Penyisihan Grup
Infografis Euro 2024, Jadwal Harian Babak Penyisihan Grup (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya