Hasil Undian Bulu Tangkis Olimpiade 2024: 2 Ganda Indonesia Ditunggu Unggulan Pertama

Atlet Indonesia mengetahui nasib menyusul undian bulu tangkis Olimpiade 2024 yang berlangsung Jumat (12/7/2024) sore WIB. Sebanyak tiga wakil mendapat lawan berat di fase awal.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 16 Jul 2024, 19:39 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 17:01 WIB
Foto: Senyuman Penyemangat Apriyani Gagal Tembus Tembok Cina, Harus Puas Menjadi Runner-up di Daihatsu Indonesia Masters 2022
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bersaing dengan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada fase grup Olimpiade 2024. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Liputan6.com, Jakarta - Atlet Indonesia mengetahui nasib menyusul undian bulu tangkis Olimpiade 2024 yang berlangsung Jumat (12/7/2024) sore WIB. Sebanyak tiga wakil mendapat lawan berat di fase awal.

Tunggal putra Jonatan Christie masuk Grup L bersama kuda hitam Lakshya Sen dari India. Jojo juga perlu mewaspada ancaman Kevin Cordon (Guatemala) yang mencapai semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara dua ganda Merah Putih juga harus melewati rival sulit. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dipasangkan melawan unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) di Grup A. Turut meramaikan persaingan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia).

Sedangkan di ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga meladeni favorit utama Olimpiade Paris Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China).

Sementara ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum mengetahui rival karena undian ditunda.

Hanya juara grup kategori tunggal yang melaju ke babak selanjutnya. Sementara peringkat pertama dan kedua grup nomor ganda lolos ke fase gugur bulu tangkis Olimpiade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Drawing Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Doa Bersama PBSI-Skuad Bulu Tangkis Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024
Para atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 (dari kiri) Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, Pitha Haningtyas Mentari, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rinov Rivaldy, Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian berfoto bersama usai acara doa bersama untuk kesuksesan skuad bulu tangkis Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024 di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Tunggal Putra

Grup H

Anthony Sinisuka Ginting (INA)

Toma Junior Popov (FRA)

Howard Shu (USA)

Grup L

Jonatan Christie (INA)

Lakshya Sen (IND)

Kevin Cordon (GUA)

Julien Carraggi (BEL)

Tunggal Putri

Grup G

Gregoria Mariska Tunjung (INA)

Polina Buhrova (UKR)

Tereza Svabikova (CZE)

Ganda Putri

Grup A

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (CHN/1)

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (JPN)

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (MAS)

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (INA)

Ganda Campuran

Grup A

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (CHN/1)

Kim Won-ho/Jeong Na-eun (KOR)

Thom Gicquel/Delphine Delrue (FRA)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (INA)


Cabor Tersukses Indonesia di Olimpiade

Deretan Foto-foto Olahraga Terbaik Sepanjang 2021
Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu merebut medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (AFP/Alexander Nemenov)

Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang paling produktif menyumbang medali emas untuk Indonesia. Sejak Susi Susanti pertama kali melakukannya pada Barcelona 1992, cabor ini total menghasilkan delapan emas.

Ditambah enam perak dan tujuh perunggu, atlet bulu tangkis Merah Putih sudah memetik 21 medali. Angka itu mengungguli angkat besi yang menyumbang 15 medali.

Indonesia mengirim 29 atlet dari 12 cabor untuk Paris 2024. Selain dua cabor tersebut, para kompatriot bakal berjuang di atletik, balap sepeda, dayung, judo, menembak, panahan, panjat tebing, renang, selancar ombak, dan senam artistik.

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya