Usai Pecahkan Rekor Nasional, Robi Syianturi Langsung Terjun di PSRI 2024 Bersama ARC

Robi Syainturi tak perlu istirahat lama-lama setelah memecahkan rekor nasional HM saat berlomba di Australia.

oleh Thomas diperbarui 22 Jul 2024, 19:26 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 06:39 WIB
Pelari nasional Robi Syianturi
Pelari nasional Robi Syianturi

Liputan6.com, Jakarta- Atlet lari jarak jau Robi Syianturi tak perlu beristirahat lama-lama usai memecahkan rekor nasional half marathon saat ikut berlari di Gold Coast, Australia. Robi langsung ikut event Pocari Sweat Run Indonesia 2024 di Bandung, Jawa Barat, pada 21 Juli 2024.

Seperti diketahui pada event lari di Gold Coast, Robi menduduki peringkat ke-16 dengan perolehan waktu 1 jam, 4 menit, 48 detik. Catatan waktu ini membuat Robi memecahkan rekor nasional milik Almarhum Eduardus Nabunome di half marathon.

Rekor milik Eduardus sudah bertahan lama. Eduardus mencatatkannya pada tahun 1997 dengan perolehan waktu 1 Jam, 5 Menit, 43 Detik.

Di PSRI 2024, Robi akan berlari bersama beberapa atlet nasional seperti atlet jalan cepat Hendro YAP, atlet marathon Welman Pasaribu, atlet triathlon Jauhari Johan, dan atlet lari Iqbal Saputra.

Mereka memang kebetulan merupakan atlet Asics Indonesia. Kebetulan Asics Indonesia merupakan official footwear sponsor dalam PSRI 2024 yang mana merupakan tahun keempat kolaborasi. Namun pada PSRI 2024, Robby hanya akan turun di kategori 10K.

Mengikuti PSRI 2024 juga menjadi bagian latihan bagi Robi untuk terus mengasah kemampuannya di lari jarak jauh. Robi memiliki impian selanjutnya memecahkan rekor nasional di kategori marathon.

"Senang bisa memecahkan rekor di Gold Coast, tidak disangka. Selanjutnya semoga Asics terus berpartisipasi dalam karier saya. Semoga ke depannya bisa berlatih terus. Semoga di nomor marathon bisa pecah juga. Di nomor marathon rekornya sudah tidur nyenyak sejak 1992. Semoga saya salah satu yang bisa memecahkannya," ujar Robi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


ARC Ikut Meriahkan Lomba Lari Nasional

Para atlet nasional yang ikut PSRI 2024
Para atlet nasional yang ikut PSRI 2024

Tak cuma para atlet nasional, anggota Asics Running Club (ARC) Indonesia juga banyak yang mengikuti PSRI 2024. Jumlahnya bahkan mencapai ratusan bila dihitung dari yang mengikuti PSRI secara online.

"Kita ada lebih dari 300 orang terdaftar dari awalnya 20-an pada September 2023. Di PSRI total ada 110 yang ikutan baik offline maupun online. Offline kita ada marathon tim 20 orang yang memang sudah terprogram selama 13 minggu. Yang 5 HM," ujar leader ARC Teguh Martyan.


Pemanasan Komunitas Lari

Sehari sebelum acara berlangsung, ARC berkolaborasi dengan komunitas lari di Bandung, yakni: Yumaju dan Fieldway Moveclub dalam menyelenggarakan Shake-out Run. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para pelari, baik pemula maupun profesional, untuk langsung merasakan semangat kebersamaan dan menjalankan persiapan optimal menjelang lomba.

“Kami sangat antusias untuk dapat selalu hadir mendukung acara lari seperti Bandung Marathon. Hal ini sejalan dengan misi kami yakni Sound Mind Sound Body, yang berfokus mendukung semua orang untuk berolahraga," ujar Sota Fukushima, President Director Asics Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya