2 Pebasket Belia Indonesia Ikut Basketball Without Borders Asia 2024, Dilatih Juara NBA dan WNBA

Ada dua pebasket belia Indonesia yang terpilih mengikuti BWB Asia 2024 di Australia pada pertengahan September 2024 ini.

oleh Thomas diperbarui 14 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2024, 12:00 WIB
Basketball Without Borders Asia
Basketball Without Borders Asia edisi 2023

Liputan6.com, Jakarta- National Basketball Association (NBA) dan International Basketball Federation (FIBA), berkolaborasi dengan National Basketball League (NBL) kembali mengadakan asketball Without Borders (BWB) Asia 2024. Ajang ini diikuti 60 pebasket belia level SMA terbaik dari 15 negara di kasasan Asia-Pasifik.

Indonesia juga menggirimkan dua perwakilannya. Di sektor putra ada I Ketut Gede Putra. Sedangkan di sektor putri, Evangeline Clarissa Djohan yang terpilih ikut BWB Asia 2024. Kegiatan ini akan diadakan pada 19-22 September di Warwick Stadium, Perth.

Para peserta kamp akan berkesempatan belajar langsung dari para pemain legendaris serta pelatih dari NBA, WNBA dan FIBA baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. Beberapa pelatih yang akan terlibat antara lain juara NBA Aron Baynes (Australia) dan empat kali juara WNBA Cynthia Cooper.

Asisten pelatih NBA, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, seperti Bobby Jackson (Philadelphia 76ers), Jay Larranaga (LA Clippers), dan Terry Porter, belum lagi Jenni Screen (Australia), anggota Komisi Pemain FIBA dan mantan anggota Tim Nasional Wanita Australia, juga akan turut serta menjadi pelatih di program ini.

Terakhir, Patrick Hunt (Australia), Presiden World Association of Basketball Coaches, akan menjabat sebagai direktur kamp, sementara Kristen Crenshaw (Orlando Magic) akan menjadi pelatih atletik.

Para pemain dan pelatih akan membimbing para peserta melalui berbagai aktivitas, termasuk latihan efisiensi gerakan, offensive dan defensive skill stations, kontes three-point, pertandingan 5-on-5, serta sesi pengembangan keterampilan hidup dan kepemimpinan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Dipilih MVP

NBA: 3 Anak Indonesia Petik Pengalaman Berharga di BWB Asia 2019
BWB Asia 2019 (Dok NBA)

Pada hari terakhir kamp, akan diadakan upacara untuk memberikan penghargaan Kim Bohuny Camp MVP, Patrick Baumann Sportsmanship Award, juara Three-Point Shoot, dan Defensive MVP kepada pemain pemuda-pemudi yang menunjukkan performa luar biasa di lapangan dan sebagai pemimpin.

Sebagai bagian dari BWB Asia 2024, NBA Basketball School Australia, sebuah program pengembangan bola basket berbayar yang terbuka untuk pemain muda berusia 6-18 tahun, akan menyelenggarakan klinik untuk anak laki-laki dan perempuan dari Perth pada Jumat, 20 September 2024.

BWB Asia juga akan berlangsung bersamaan dengan HoopsFest, sebuah kompetisi bola basket dan acara penggemar perdana yang diselenggarakan oleh NBL dan didukung oleh Basketball Australia.


BWB Asia Digelar Sejak 2001

Acara ini akan merayakan akhir pekan terbesar dalam sejarah bola basket Australia dengan serangkaian turnamen, acara, dan perayaan yang akan menyatukan komunitas bola basket Australia di Perth. BWB Asia 2024 kembali didukung oleh Nike, mitra global BWB sejak 2002, yang akan menyediakan pakaian dan sepatu Nike untuk para peserta, serta Gatorade, yang menjaga para pemain dan pelatih agar tetap terhidrasi sepanjang kamp.

Sejak tahun 2001, BWB telah menjangkau lebih dari 4.500 peserta dari 142 negara dan wilayah, dengan 127 di antaranya melanjutkan karir di NBA atau WNBA. NBA dan FIBA telah menyelenggarakan 77 kamp BWB di 51 kota di 33 negara di enam benua.

BWB Asia sebelumnya diadakan di Australia pada tahun 2016 di Melbourne dan pada tahun 2022 di Canberra. Acara terakhir berlangsung di NBA Global Academy, sebuah pusat pelatihan bola basket elit yang terletak di Centre of Excellence Basketball Australia di Institut Olahraga Australia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya