Hasil Bahrain vs Indonesia: Kebobolan di Menit Akhir, Kemenangan Garuda Buyar

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 melawan Bahrain pada persaingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di National Stadium, Jumat (11/10/2024) dini hari WIB.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 11 Okt 2024, 01:15 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 01:10 WIB
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia bertemu Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026. (X Timnas Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 melawan Bahrain pada persaingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di National Stadium, Jumat (11/10/2024) dini hari WIB.

Indonesia tertinggal akibat gol tendangan bebas Mohamed Marhoon. Namun, Garuda bisa menyamakan kedudukan lewat Ragnar Oratmangoen pada injury time babak pertama. Timnas Indonesia lalu balik unggul melalui gol pertama Rafael Struick di panggung senior.

Sayang kemenangan di depan mata buyar menyusul gol kedua Mohamed Marhoon pada injury time babak kedua.

Jalan Pertandingan Bahrain vs Indonesia

Laga dimulai. Ahmed Al-Kaf dari Oman bertindak sebagai wasit. Bahrain sebagai tuan rumah memakai seragam kebesaran berwarna merah. Dengan bagitu, Indonesia memakai jersey tandang putih.

Duel baru dimulai, Malik Risaldi mendapat cedera di wajah setelah berbenturan dengan pemain Bahrain. Pelipisnya sobek sehingga darah mengucur. Dia mendapat perawatan sebelum bisa melanjutkan pertandingan.

Pertandingan berusia 10 menit dengan kedua tim bermain hati-hati. Baik Bahrain dan Indonesia sama-sama mencoba menyerang dari belakang. Namun, Indonesia juga berusaha melancarkan serangan balik mengandalkan kecepatan Rafael Struick. Tidak lama berselang, Ali Haram melancarkan tekel berbahaya sehingga diganjar kartu kuning.

Bahrain mendapat tendangan bebas dari jarak jauh. Eksekusi Mohamed Marhoon membentur mistar dan memantul ke dalam gawang. Tuan rumah memimpin di menit ke-15.

Ragnar Oratmangoen Samakan Kedudukan untuk Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Darah kembali mengucur dari pelipis Malik Risaldi. Dia harus keluar lapangan untuk dibersihkan, sehingga Indonesia kekurangan personel.

Beruntung Bahrain tidak memanfaatkan situasi ini untuk menambah keunggulan. Mereka bermain di belakang memancing pemain Indonesia keluar.

Pertandingan dihentikan sejenak untuk water break. Kedua pelatih memanfaatkan momen ini untuk menyusun strategi. Indonesia butuh masukan dari Shin Tae-yong karena kesulitan memberi ancaman berarti bagi pertahanan Bahrain

Indonesia sering memberikan situasi bola mati bagi Bahrain, baik tendangan bebas atau sepak pojok.

Mohamed Marhoon lalu terjatuh usai berbenturan dengan Mees Hilgers di area terlarang. Sempat diperiksa VAR, insiden ini tidak ditindaklanjuti.

Bahrain nyaris mencetak gol kedua. Ali Madan memaksa Maarten Paes melakukan penyelamatan. Dari situasi bola pojok, tandukan Amine Benaddi masih melebar. 

Indoensia akhirnya menciptakan situasi berbahaya di sisi kanan pertahanan Bahrain. Penetrasi Rafael Struick merepotkan pertahanan Bahrain.

Laga berlanjut, bola kemudian dikirim Ivar Jenner ke area terlarang. Bola sempat dipantulkan Mees Hilgers dan jatuh ke kaki Ragnar Oratmangoen yang tidak membuang kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-45+2. Setelah diperiksa VAR, gol ini disahkan.

Babak pertama berakhir setelah ada tambahan waktu tujuh menit. Sempat kesulitan menembus pertahanan Bahrain, Indonesia bisa mencuri gol penyama kedudukan.

Timnas Indonesia Balik Unggul Atas Bahrain

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Bahrain Vs Timnas Indonesia
Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Babak kedua dimulai. Statistik pertandingan menunjukkan Indonesia menyamakan kedudukan 1-1 meski hanya melepas satu tendangan ke gawang Bahrain.

Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Eliano Reijnders dan Rizky Ridho masuk. Mereka mengisi posisi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Pemain Bahrain Kamil Al-Aswad terjatuh usai berbenturan dengan Calvin Verdonk. Pemain tuan rumah protes karena tidak ada hukuman. Namun, VAR juga tidak merespon permintaan Bahrain.

Indonesia melakukan perubahan personel ketiga di menit ke-58. Marselino Ferdinan menggantikan Malik Risaldi. Diharapkan kehadiran pemain Oxford City ini menambah daya serang Indonesia.

Bahrain merespon dengan juga menarik tiga personel untuk menyegarkan tim. Namun, tempo laga tetap lambat.

Tuan rumah sesekali mengancam. Namun, tendangan Amine Benaddi melebar. Sementara usaha Husain Abdulkarim terlalu lemah.

Selanjutnya giliran Vincent Emmanuel mencoba dari jarak jauh. Indonesia membalas lewat Calvin Verdonk. Keseluruhan kedua tim kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Sebelum Rafael Struick membawa Indonesia unggul di menit ke-74 memanfaatkan skema serangan balik.

Ragnar Oratmangoen mendapat kartu kuning menyusul tekel berbahaya. Bahrain lalu coba menyamakan skor melalui tendangan jarak jauh Kamil Al Aswad. Dari situasi bola mati, Jay Idzes kemudian nyaris membuat gol bunuh diri. Beruntung ada Maarten Paes.

Bahrain terus mencoba di sisa waktu. Mereka mendapat tendangan bebas di situasi berbahaya usai pelanggaran pemain pengganti Witan Sulaeman.

Beruntung sepakan Mohamed Marhoon masih melebar. Ada tambahan waktu enam menit.

Tekanan Bahrain membuahkan hasil. Dari situasi bola mati, Bahrain akhirnya menyamakan kedudukan lewat Mohamed Marhoon di menit ke-90+9.

Susunan Pemain Bahrain vs Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Bahrain Vs Timnas Indonesia - Alternatif
Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Bahrain Vs Timnas Indonesia - Alternatif (Bola.com/Adreanus Titus)

Nakhoda Garuda Shin Tae-yong mengumumkan kiper Maarten Paes bakal merumput setelah sempat dikhawatirkan cedera sehari sebelum pertandingan. Dia membuktikan ucapannya dengan mengandalkan kiper FC Dallas itu di bawah mistar.

Wajah baru Mees Hilgers melakoni debut. Namun, Eliano Reijnders harus menunggu dari bangku cadangan.

Shin Tae-yong juga mengembalikan Jordi Amat ke tim utama sebagai pengganti Rizky Ridho. Sementara satu-satunya nama lokal yang jadi starter Timnas Indonesia adalah Malik Risaldi.

Susunan Pemain Bahrain vs Indonesia

Bahrain: Ebrahim Lutfalla, Amne Benaddi, Waleed Al Hayam, Vincent Emmanuel, Abdulla Al Khalasi, Abbas Al Asfoor, Ali Madan, Mohamed Marhoon, Ali Haram, Komail Al Aswad, Mahdi Abduljabbar

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Calvin Verdonk, Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya