Kursi Timnas Inggris Terisi, Pep Guardiola Isyaratkan Masa Depan di Manchester City

Manajer Manchester City Pep Guardiola dikabarkan sudah mengambil keputusan untuk memperpanjang kontraknya di Stadion Etihad. Dia mengambil langkah tersebut setelah sempat dikaitkan dengan kuris pelatih timnas Inggris.

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 16 Okt 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 23:00 WIB
Foto: Momen Erling Haaland Diomelin Pep Guardiola Meski Cetak 2 Gol Untuk Manchester City
Momen menarik terjadi pada jeda babak pertama duel Burnley versus Manchester City. Ketika wasit meniup peluit tanda 45 menit pertama berakhir, Pep Guardiola tertangkap kemara berlari ke arah Erling Haaland. (AFP/Darren Staples)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester City Pep Guardiola dikabarkan sudah mengambil keputusan untuk memperpanjang kontraknya di Stadion Etihad. Dia mengambil langkah tersebut setelah sempat dikaitkan dengan kuris pelatih timnas Inggris.

Kontrak Guardiola di Man City saat ini habis pada musim panas 2025. Terdapat laporan yang menyatakan bahwa 2024/2025 akan menjadi kampanye terakhirnya bersama juara bertahan Liga Premier tersebut.

Spekulasi tentang masa depan Guardiola semakin meningkat setelah manajemen klub mengkonfirmasi bahwa Txiki Begiristain, sebagai teman dekat dan rekan Guardiola, akan meninggalkan posisi sebagai direktur olahraga klub. Hugo Viana dari Sporting Lisbon ditunjuk sebagai penggantinya.

Akhir musim lalu, dia menyatakan "lebih cenderung pergi daripada tinggal" di Man City. Dalam acara TV Italia Che Tempo Che Fa, pelatih asal Catalan itu lalu mengungkapka bahwa "apapun bisa terjadi" mengenai masa depannya plus skenario menjadi manajer Inggris.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sedang mencari pengganti Gareth Southgate yang mundur setelah kekalahan Inggris di final Euro 2024. FA dikabarkan telah menghubungi pelatih Man City tersebut untuk mengetahui ketertarikan dirinya terhadap posisi manajer tim nasional senior yang saat ini diisi Lee Carsley untuk sementara.

Berdasarkan laporan The Telegraph, Guardiola “sangat memenuhi kriteria” yang ditetapkan FA untuk posisi pelatih kepala baru. Pelatih asal Catalan tersebut juga mengagumi skuad Inggris saat ini, yang mencakup beberapa pemain yang tengah dilatihnya seperti Phil Foden, John Stones, Kyle Walker, Jack Grealish, dan Rico Lewis.

Pep Guardiola Ingin Satu Dekade Tangani Man City

Pep Guardiola
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

 

Laporan lain juga menyatakan bahwa Guardiola kemungkinan besar akan meninggalkan Man City setelah kontraknya berakhir dan mengambil cuti jangka panjang, seperti yang dilakukannya setelah meninggalkan Barcelona.

Namun, FA baru saja mengumumkan penunjukkan Thomas Tuchel sebagai nakhoda tim. Kini berita teranyar menyatakan Guardiola akan menandatangani kontrak baru selama satu tahun dengan Man City.

Guardiola berminat menyelesaikan tugas di Etihad selama satu dekade, meski manajemen Man City berharap ia bisa bertahan lebih lama lagi.

Pep Guardiola Sulap Manchester City

Foto: Banyak Hamburkan Uang, Berikut 5 Pelatih Paling Boros Selama Bursa Transfer Sejauh Ini
Reaksi pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat laga babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 antara Manchester City melawan RB Leipzig di Stadion Etihad, Manchester pada 14 Maret 2023. Total pengeluarannya sebagai seorang pelatih mencapai angka 1,44 miliar euro untuk membeli pemain di bursa transfer. Jack Grealish menjadi pembelian termahal Guardiola setelah dibeli seharga 117,5 juta euro dari Aston Villa. (AFP/Oli Scarff)

Guardiola, yang dianggap sebagai salah satu manajer terhebat, telah mengubah Man City menjadi kekuatan dominan sepak bola Inggris sejak 2016. Ia meraih enam dari tujuh gelar Liga Premier terakhir, serta beberapa trofi lainnya. Pada musim 2022/2023, ia memimpin Man City meraih gelar Liga Champions pertama dan menyelesaikan treble bersejarah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya