Karier di Old Trafford Belum Jelas, Ten Hag Ajukan Tuntutan pada Manajemen Manchester United

Sejak pindah ke Manchester United, Erik ten Hag memiliki kebiasaan membeli dari Ajax, dan hanya dalam dua tahun, dia telah merekrut tidak kurang dari lima pemain dari Johan Cruyff Arena

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 18 Okt 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 09:30 WIB
Foto: Ganasnya Trio Brasil saat MU Bungkam Reading di Babak Keempat Piala FA 2022 / 2023
Trio Brasil menjadi penentu kemenangan 3-1 Manchester United atas Reading dalam babak keempat Piala FA 2022/2023 di Old Trafford Stadium, Minggu (29/1/2023) dini hari WIB. Ketiganya bahu membahu dan berkontribusi atas terciptanya ketiga gol Setan Merah. Casemiro mampu menyumbang dua gol, Fred satu gol dan satu assist, sementara Antony berjasa memmberi assist bagi gol pertama Casemiro. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Karier Erik ten Hag yang penuh gejolak di Manchester United bisa saja berakhir akhir pekan ini. Klub akan memecat manajer asal Belanda itu jika timnya gagal mengalahkan Brentford di Old Trafford pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Musim ini, Ten Hag telah membawa MU meraih hasil terburuk di Liga Inggris setelah hanya meraih delapan poin dan tertahan di posisi ke-14. Akibatnya, para petinggi di Old Trafford telah mengincar pengganti Ten Hag.

Mantan bos Chelsea dan Bayern Munchen Thomas Tuchel diyakini sebagai target utama mereka. Namun, peluang untuk mendapatkan pelatih asal Jerman itu berakhir pada hari Rabu ketika ia ditunjuk sebagai manajer baru Inggris.

TEAMtalk kini mengklaim bahwa mantan manajer Chelsea lainnya, Graham Potter, adalah kandidat terdepan untuk menggantikan Ten Hag jika ia tidak dapat menyelamatkan diri di akhir pekan.

Di sisi lain, jika Ten Hag dapat melewati Brentford, dia yakin kariernya di MU akan berlanjut. Bahkan, pada bulan Januari nanti, dia akan merencanakan perekrutan besar dan menuntut manajemen agar merekrut Frenkie de Jong dari FC Barcelona.

Ten Hag Rencanakan Rekrutan Pemain Impian

Erik ten Hag - Manchester United - MU - Carabao Cup
Manajer Manchester United Erik ten Hag berbicara kepada Marcus Rashford dalam pertandingan Carabao Cup melawan Aston Villa di Old Trafford, Jumat (11/11/2022) dini hari WIB. MU menang 4-2. (AP Photo/Dave Thompson )

Manajer berusia 54 tahun itu meyakini mantan pemain muda Ajax itu sebagai pemain yang akhirnya akan menyatukan timnya yang terus berubah. Dan, menurut surat kabar Spanyol, De Jong, 27 tahun, adalah perekrutan "impian" Ten Hag.

Keduanya pernah bekerja sama di Ajax antara tahun 2017 dan 2019, dengan sang gelandang menjadi pemain bintang di tim muda yang memenangkan Eredivisie dan berhasil mencapai semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 1996/97.

Ada Lima Pemain Ajax yang Diboyong Ten Hag ke MU

Foto: Masih Bela MU, Ini Dia 5 Pemain Aktif Setan Merah dengan Penampilan Terbanyak di Semua Ajang
Striker Manchester United, Marcus Rashford mendapat instruksi dari pelatih Erik ten Hag saat bersiap kembali memasuki lapangan menghadapi Leeds United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds (12/2/2023). Marcus Rashford hingga kini telah bermain dalam 345 laga di semua ajang sejak dipromosikan dari tim U-18 pada tengah musim 2015/2016. Ia telah mencetak total 118 gol dan 66 assist dari jumlah laga tersebut.(AFP/Oli Scarff)

De Jong, yang disebut sebagai "pemain sepak bola luar biasa" oleh Xavi, meninggalkan Ajax untuk Barcelona pada akhir musim 2018/19 dan terus dikaitkan dengan kepindahan ke United sejak Ten Hag mengambil alih pada tahun 2022.

Sejak pindah ke MU, Ten Hag memang memiliki kebiasaan membeli pemain Ajax lamanya. Hanya dalam dua tahun, ia telah merekrut tidak kurang dari lima pemain yang ia latih selama berada di Johan Cruyff Arena – Matthijs de Ligt, Noussair Mazraoui, Andre Onana, Lisandro Martinez, dan Antony. Jika digabungkan, mereka telah menghabiskan biaya sebesar 222 juta pounds.

Ten Hag Bantah Punya Obsesi Rekrut Pemain Ajax

Foto: Kemenangan Terbesar Erik ten Hag bersama MU, Pesta Tujuh Gol Tanpa Balas di Carabao Cup
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberikan tepuk tangan setelah laga Carabao Cup 2024/2025 melawan Barnsley di Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (18/09/2024) WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Enam pemain lain yang direkrut Ten Hag untuk United – Tyrell Malacia, Christian Eriksen, Mason Mount, Sofyan Amrabat, Wout Weghorst, dan Joshua Zirkzee – juga memiliki latar belakang di liga utama Belanda. Pada bulan Agustus lalu, Ten Hag menanggapi tuduhan dari penggemar United bahwa ia terobsesi untuk merekrut mantan pemain Ajax dan mantan bintang Eredivise.

"Itu keputusan klub. Tidak satu pun dari itu hanya keputusan saya," katanya, menurut Sunday World. "Itu selalu didukung atau bahkan disinggung melalui kepanduan, perekrutan, direktur teknik, direktur olahraga."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya