Hari Pertama, Turnamen Sumo di Jakarta Berjalan Meriah

Di hari pertama ini, pesumo bernama Kisenosato mampu menjadi pemenang usai mengalahkan Harumafuji.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 24 Agu 2013, 19:02 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2013, 19:02 WIB
sumo-130824c.jpg

Turnamen sumo yang digelar di Istora Senayan Jakarta pada Sabtu (24/8/2013) berjalan meriah. Ajang yang diselenggarakan sampai esok itu, mampu menyedot perhatian pengunjung yang merupakan warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Di hari pertama ini, ada 39 atlet sumo yang bertanding. Tepat pukul 15.00 WIB, pertarungan perdana mempertemukan Sendanofuji dan Hokoryu. Namun sebelumnya, pihak penyelenggara menyajikan acara lain yang tak kalah menarik.

Beberapa jam sebelum pertarungan dimulai, diadakan upacara pembukaan khas Jepang. Upacara pembukaan itu melibatkan para pesumo yang nantinya bakal bertarung di hadapan sekitar 1000 penonton.

Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan coaching clinic yang diberikan tiga pesumo pada anak-anak. Dengan dibalut sedikit kekonyolan yang ditunjukkan para pesumo, acara coaching clinic itu pun berlangsung dengan meriah.

Setelah itu, para pesumo beserta juri dan wasit menggelar upacara masuk ring dengan singkat. Beberapa pesumo juga sempat menyajikan peraturan-peraturan dan larangan-larangan yang diterapkan di olahraga asal negeri Sakura tersebut.

Pertarungan berjalan seru. Para penonton terlihat sangat menikmati duel para atlet sumo berlevel profesional tersebut. Bahkan, Wakil Presiden Boediono, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyempatkan diri untuk menyaksikan serunya pertarungan ini.

Di babak final, pesumo dari kelas Ozeki bernama Kisenosato dengan berat 188 kg berhasil keluar sebagai pemenang. Ia mengalahkan pesumo dari kelas Yokozuna bernama Harumafuji yang memiliki berat 185 kg.

Besok, sebanyak 39 pesumo kembali diadu di tempat yang sama. Sebagai acara puncak, dua pesumo yang menang di hari pertama dan kedua akan dipertemukan demi merebut gelar sebagai juara utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya