Simak Daftar Hoaks Ramuan Pembersih Paru-Paru Perokok

Berikut kumpulan hoaks ramuan pembersih paru-paru perokok.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 28 Jul 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2022, 09:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Klaim Air Jeruk Nipis dapat Memberiskan Paru-paru Perokok (sumber: Facebook).
Gambar Tangkapan Layar Klaim Air Jeruk Nipis dapat Memberiskan Paru-paru Perokok (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta- Merokok merupakan salah satu aktivitas yang dapat merusak kesehatan, sebab membuat paru-paru menjadi kotor akibat kandungan zat di dalamnya.

Informasi seputar ramuan pembersihn paru-paru perokok pun beredar di media sosial, namun sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar ramuan pembersih paru-paru perokok, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks ramuan pembersih paru-paru perokok.

Minum Air Rebusan Bawang Merah, Kunyit, dan Jahe Bisa Bersihkan Paru Kotor Akibat Rokok

Klaim meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Juli 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi cara membuat ramuan untuk membersihkan paru-paru akibat rokok. Ramuan itu antara lain bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa.

Mula-mula bawang merah diiris tipis, kemudian dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu, campurkan kunyit bubuk, irisan jahe, gula jawa, dan dua gelas air.

Kemudian bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, dimasukkan ke dalam gelas kemudian diminum sehari 1 kali.

"Obat untuk paru-paru yang kotor," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 421 kali ditonton dan mendapat 18 respons dari warganet.

Benarkah meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ramuan Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok

Beberapa waktu lalu beredar informasi ramuan herbal yang bisa membersihkan zat nikotin dan tar di paru-paru perokok. Unggahan ini disebarkan oleh salah satu akun Facebook dan memiliki narasai sebagai berikut.

"Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru

Wajib Bagi Para Perokok

Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.

Caranya:

1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.

2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.

3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.

4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkanampasnya.Baru campur madunya

5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.

Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.

Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno.”

Setelah ditelusuri, ramuan herbal yang beredar untuk membersihkan paru-paru perokok adalah salah. Faktanya, hal itu hanya mitos dan belum teruji secara klinis.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini

 


Air Jeruk Nipis dapat Bersihkan Paru-paru Perokok

Klaim tentang air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru perokok beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Juni 2021.

Akun tersebut mengunggah narasi berisi klaim manfaat dari air jeruk nipis untuk memberiskan paru-paru perokok.

"Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral dan lainnya.

Sehingga, air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65% dalam tubuh. Bahkan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kebiasaan merokok.

Semoga bermanfaat🥰," tulis akun Facebook tersebut.

Setelah ditelusuri, klaim tentang air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru perokok ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada bahan-bahan alami yang bisa bisa membersihkan paru-paru dan teori tersebut tidak berdasarkan bukti yang jelas.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya