ASEAN Newsroom Resmi Dioperasikan, Ini Harapan Kominfo

ASEAN Newsroom telah resmi beroperasi sebagai wadah kerja sama antarnegara ASEAN dalam menyebarluaskan pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya.

oleh Rida Rasidi diperbarui 07 Sep 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 20:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom di KTT ke-43 ASEAN pada Senin (4/9/2023).
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom di KTT ke-43 ASEAN pada Senin (4/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - ASEAN Newsroom telah resmi beroperasi sebagai bagian dari insiatif Indonesia di Keketuaan ASEAN 2023. Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menyatakan ASEAN Newsroom jadi wadah kerja sama yang nyata antarnegara anggota ASEAN untuk saling menyebarluaskan beragam program, kinerja, dan capaian kawasan Asia Tenggara.

Ia juga berharap hal ini terus disosialisasikan ke masyarakat melalui pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya.

“Saling mengekspos hal-hal baik, menjadi inspirasi buat negara lain di ASEAN. Ini (ASEAN Newsroom) dicetuskan saat Keketuaan Indonesia tahun ini. Kita kan fondasinya sudah terbentuk, selanjutnya harus terus disosialisasikan ke masyarakat lewat pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya,” ujarnya dilansir dari kominfo.go.id dalam konferensi pers peresmian ASEAN Newsroom, Senin (4/9/2023) malam.

Menteri Budi Arie berharap ASEAN Newsroom dapat menjadi salah satu peninggalan yang berharga dari Keketuaan Indonesia di KTT ASEAN 2023 ini.

“Pondasi ASEAN ini harus lebih kuat, lebih kokoh, dan supaya ASEAN ini tumbuh bersama serta masyarakatnya dapat lebih menyadari keberadaan ASEAN,” ungkapnya.

Memperkuat Sinergi

Selain itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong menyatakan pembentukan ASEAN Newsroom dapat memperkuat sinergi antarkantor berita negara-negara anggota ASEAN. Ia mengharapkan ASEAN Newsroom yang saat ini dikawal LKBN Antara menjadi embrio pembentukan asosiasi kantor berita negara-negara Asia Tenggara nanti.

“Kita berharap nanti bisa jadi meeting point soal ASEAN, misalnya nanti menyiapkan ASEAN Newsroom Virtual. Dimulai dari LKBN Antara, lalu menyusul kantor berita negara Asia Tenggara lain untuk membuat microsite di website-nya,” tuturnya.

Setelah konferensi pers selesai, Dirut LKBN Antara, Akhmad Munir menegaskan ASEAN Newsroom sebagai ide dan upaya mendorong terciptanya kembali kerja sama antarkantor berita negara anggota ASEAN untuk menyediakan informasi yang akurat dan kredibel.

ASEAN Newsroom Corner akan berlokasi di pusat Kantor Berita Antara, di Kompleks Jurnalistik dan Multimedia, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya