Kikis Kesenjangan Digital, Hawaii Bangun Akses Internet Berkecepatan Tinggi

Guna mengikis Kesenjangan digital ini, Pemerintah Hawaii mulai membangun akses internet berkecepatan tinggi di seluruh negara bagian.

oleh Julia Rizky Khoirunisa diperbarui 14 Nov 2023, 20:12 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi Internet, Wifi, Jaringan
Ilustrasi Internet, Wifi, Jaringan (Photo created by macrovector on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta -- Di era saat ini, internet berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Sayangnya, hampir 10 persen rumah tangga di Hawaii belum dapat menikmati akses internet secara merata. Keunikan geografis Hawaii diketahui menjadi salah satu faktor kontributor kesulitan penduduk dalam mengakses internet.

Guna mengikis Kesenjangan digital ini, Pemerintah Hawaii mulai membangun akses internet berkecepatan tinggi di seluruh negara bagian.

"Inisiatif ini tidak hanya untuk segelintir orang, melainkan untuk seluruh masyarakat Hawaii," ujar Letnan Gubernur Hawaii, Sylvia Luke dikutip dari energyportal.eu, Jumat (10/11/2023).

Connect Kakou lahir dari kolaborasi antara lembaga negara bagian, University of Hawaii, serta Hawaii Broadband and Digital Equity Office. Kemitraan ini bertujuan untuk memastikan bahwa akses internet berkecepatan tinggi dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Hawaii.

Connect Kakou telah menerima investasi awal sebesar 320 juta dollar Amerika Serikat dalam bentuk pendanaan federal. Dana tersebut akan digunakan membangun infrastruktur teknologi digital dan mempromosikan akses internet. 

Dengan misi utama inklusivitas, Connect Kakou berupaya mengikis kesenjangan digital yang masih ada di Hawaii. Connect Kakou akan menyediakan media yang diperlukan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Hawaii dan memastikan bahwa tidak ada satu orang pun yang tertinggal.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya