Mengenal Gulfstream G650, Jet Pribadi Canggih dan Mewah Asal Amerika Serikat

Pesawat jet pribadi Gulfstream G650 punya spesifikasi yang mentereng sekaligus mewah. Berikut ulasannya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 26 Agu 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 19:00 WIB
Pesawat Jet Gulfstream 650
Pesawat Jet Gulfstream 650 (foto: gulfstream.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat jet pribadi kerap kali dipakai oleh para pesohor melakukan perjalanan. Selain memiliki fasilitas mewah, jet pribadi juga bisa memangkas waktu perjalanan dibanding menggunakan pesawat komersil.

Sejumlah pesohor yang pernah terlihat menggunakan pesawat jet pribadi antara lain pesepakbola Cristiano Ronaldo, artis Mark Wahlberg, Tom Cruise, penyanyi Taylor Swift, hingga pemilik Space X Elon Musk.

Gulfstream Aerospace Corporation merupakan merupakan perusahaan yang memproduksi pesawat jet pribadi. Ada beragam jenis pesawat yang telah dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut, satu di antaranya yang menjadi andalan yakni Gulfstream G650 dan G650ER.

Dikutip dari website Gulfstream gulfstreamnews.com, G650 mulai beroperasi pada 2012, diikuti oleh G650ER pada 2014. Gulfstream mengklaim G650ER memegang rekor penerbangan terjauh dan tercepat dalam sejarah penerbangan bisnis.

Pesawat tersebut memiliki kabin yang luas, dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, termasuk kursi yang bisa diubah menjadi tempat tidur untuk menambah kenyamanan dan fleksibilitas penumpang. Ada 16 jendela panoramic oval yang terbesar dalam penerbangan bisnis, sehingga menghasilkan cahaya alami yang berlimpah di kabin pesawat.

G650 dan G650ER menggunakan mesin Rolls-Royce yang diklaim memiliki kecepatan operasi maksimum 0,925 Mach. Pesawat tersebut juga disebut-sebut merupakan pesawat sipil dengan penerbangan tercepat yang dapat terbang di ketinggian maksimum 51.000 kaki.

G650 dan G650ER memiliki sayap aerodinamis dengan dilengkapi teknologi fly-by-wire, sehingga menciptakan penerbangan yang nyaman. Sedangkan tampilan kokpitnya dilengkapi teknologi PlaneView II yang ramping dan diklaim meningkatkan keselamatan serta mengurangi beban kerja pilot.

Mengutip laman indojetcharter.com, interior pesawat dilengkapi dengan peredam suara yang canggih agar di dalam pesawat tetap hening. Pesawat itu sebenarnya bisa mengangkut sampai 16 penumpang atau delapan penumpang tidur sekaligus. Untuk itu pengaturan kabin bisa disesuaikan kebutuhan, seperti kursi, sofa, kabin pribadi, area konferensi, dan ruang hiburan.

G550 juga menyediakan opsi untuk menempatkan dapur berukuran penuh di depan atau belakang pesawat. Mengutip laman aircharterservices.com, konfigurasi 'Elite' bahkan memasukkan dapur depan dengan dua alat pembuat kopi, microwave, dan sistem sterilisasi air (beberapa memiliki dapur belakang).

Model yang lebih baru telah meningkatkan kursi dengan fungsi pijat berpemanas serta sandaran punggung dan kaki bertenaga. Pesawat itu juga dilengkapi dengan wi-fi yang menyala sepanjang perjalanan. Tersedia pula area hiburan yang ideal untuk menontong film, presentasi kantor, dan live streaming.

Tarif Sewa Pesawat Gulfstream

Pesawat Gulfstream memang dapat disewa, dan harganya bervariasi tergantung modelnya. Berdasarkan informasi dari Air Charter Advisors, biaya sewa pesawat Gulfstream dapat mencapai ratusan juta rupiah per jam.

Misalnya, untuk Gulfstream G280, yang merupakan jet berukuran medium, harga sewanya berkisar antara USD 6.800 hingga USD 8.000 per jam, atau setara dengan Rp106,47 juta hingga Rp125,26 juta per jam (dengan kurs Rp15.652 per USD).

Sementara itu, untuk Gulfstream G650 yang lebih besar, biaya sewanya jauh lebih tinggi, mencapai USD 17.000 hingga USD 19.750 per jam, atau sekitar Rp266,08 juta hingga Rp309,04 juta per jam. Pesawat ini termasuk dalam kategori jet besar yang sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan maksimal.

Dengan harga sewa yang sangat tinggi, Gulfstream memang menjadi pilihan eksklusif bagi mereka yang membutuhkan privasi dan kenyamanan premium dalam perjalanan udara. Pesawat ini sering digunakan oleh pebisnis, selebritas, dan pejabat tinggi, termasuk dalam layanan penerbangan charter eksekutif.

Namun, biaya sewa tersebut tentunya sangat tergantung pada faktor-faktor seperti model pesawat, durasi sewa, serta rute penerbangan yang ditempuh. Pesawat Gulfstream juga menawarkan berbagai fitur canggih dan kenyamanan di dalam kabin, yang menjadikannya salah satu jet pribadi paling diminati di dunia.

Bagi Anda yang tertarik menyewa pesawat Gulfstream untuk keperluan bisnis atau perjalanan pribadi, penting untuk memperhitungkan biaya ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deretan Pesohor Dunia yang Miliki Pesawat Jet Pribadi Gulfstream, Elon Musk sampai Taylor Swift

Berapa Perkiraan Biaya Sewa Pesawat Jet Pribadi Berjendela Oval dari Jakarta ke Amerika Serikat?
Pesawat Gulfstream G550 yang melayani rute Jakarta - Amerika Serikat. (dok. Screenshoot Aviation Week)

Bagi para pesohor maupun selebriti dunia, mendapatkan kenyamanan adalah yang utama termasuk dalam hal penerbangan. Tak heran, kalangan berduit lebih memilih naik pesawat jet pribadi atau private jet ke tempat tujuan mereka.

Kaum kelas atas tersebut ada yang memang memiliki jet pribadi, tapi tidak sedikit yang menyewa. Karena harga sewanya yang jauh lebih mahal dibanding pesawat maskapai komersial biasa, fasilitas yang diperoleh pun berbeda.

Ada jet pribadi yang bahkan tersedia kamar tidur khusus. Untuk urusan waktu juga lebih efisien. Soal waktu tentunya sangat penting bagi orang kaya yang super sibuk seperti Elon Musk, karena harus banyak pergi ke berbagai tempat.

Salah satu perusahaan penerbangan terkenal yang menyediakan jet pribadi adalah Gulfstream Aerospace. Perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat (AS) yang berdiri sejak 1958 ini melayani jual-beli jet pribadi, serta melayani sewa pesawat.

Gulfstream dikenal menyediakan jet pribadi mewah, dan harga jual maupun sewanya pun terbilang sangat mahal. Biaya sewa pesawat jet pribadinya pun mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah per jamnya.

Rata-rata biaya sewa jet pribadi Gulfstream sekitar Rp140 juta sampai Rp150 juta per jam. Sedangkan harga satu unit pesawat Gulfstream ditengarai sekitar 75 juta dolar AS atau setara Rp1,2 triliun!

Dilansir dari Simple Flying dan Forbes, Senin (26/8/2024), banyak orang lebih suka menyewa jet pribadi daripada memilikinya secara langsung. Tapi masih ada orang yang lebih suka memiliki jet pribadi daripada menyewanya.

Memiliki jet pribadi memungkinkan orang untuk bepergian ke beberapa tujuan selama seharian sejak pagi dan tetap berada di rumah saat jam makan malam. Berikut beberapa pesohor dunia yang memilik pesawat jet pribadi Gulfstream, lengkap dengan tipenya dan destinasi favorit atau yang sering mereka kunjungi.

1. Elon Musk

Gulfstream G650: Roma, Venesia, Austin, Hailey-Idaho, Mykonos, Bodrum-Turkey, Westhampton, Norway, Berlin.

2. Mark Wahlberg

Bombardier BD-700: London, Coeur d’Alene, Idaho, Las Vegas, Toronto.

3. Tom Cruise

Gulfstream IV dan Bombardier Challenger 300: Irlandia, Aspen, Maryland, Bangor-Maine, Las Vegas, Napa, Miami, Ft. Lauderdale, Denver, Tennessee.

4. Harrison Ford

Cessna 680 Citation: Idaho Falls, Jackson-Wyoming, Montana, Tennessee

5. Kylie Jenner

Bombardier BD-700: Turks & Caicos, Palm Springs, Milan, London, Big Whale Cay-Bahamas, Berry Islands-Bahamas, Miami, Westhampton

6. Kim Kardashian

Gulfstream 5: Turks & Caicos, Westhampton, Paris, Australia, Nice, Naples, Big Whale Cay-Bahamas.

7. Kenny Chesney

Dassault Falcon 900: Nashville, Montana, Idaho, Oregon, Monterey, Rhode Island, Key West, Utah, Virgin Islands.

8. Jay Z

Gulfstream 5: Puerto Vallarta, New Jersey, Colorado, Seattle, Dusseldorf, Bavaria, Hawaii, Islandia, Medellin-Kolombia.

9. Travis Scott

Embraer ERJ 170-100: Miami, London, Westhampton, Oregon, Napa, Bangor-Maine, Copenhagen, Denver, Salt Lake City.

10. Steven Spielberg

Gulfstream G-650: Irlandia, London, Martha’s Vineyard, London, Rotterdam, Westhampton.

11. Tiger Woods

Gulfstream 5: West Palm Beach, Stockholm, Ireland, Scotland, Barcelona, Mallorca.

12. Oprah Winfrey

Gulfstream G650: Hawaii, Santa Barbara

13. Drake

Boeing 767-200: Stockholm, Ibiza, Nice, Barcelona, Turks & Caicos, Toronto

14. Jeff Bezos

Gulfstream G650: Tanzania, Paris, Switzerland, London, Seattle

15. Bill Gates

Gulfstream G650: Johannesburg, Nairobi, Canouan-Grenadines, Washington, Idaho, London, Marseilles, Provence, Seattle, Montana, St George-Utah, Seoul-Korea, Tokyo

16. Mark Zuckerberg

Gulfstream G650 and Airbus Helicopter EC-145: Lake Tahoe, Idaho, Seattle, Wyoming, Austin

17. Harrison Ford

Cessna 680 Citation: Idaho Falls, Jackson-Wyoming, Montana, Tennessee

18. Taylor Swift

Dassault Falcon: London, Nashville, Missouri, Connecticut, Florida, Denver, Toronto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya