Profil Gulfstream, Pabrikan Pesawat Jet Pribadi Asal Amerika Serikat

Pesawat jet pribadi Gulfstream belakangan ramai dibicarakan. Berikut profil Gulfstream, pabrikan pesawat jet pribadi asal Amerika Serikat.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 26 Agu 2024, 15:05 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 15:00 WIB
Berapa Perkiraan Biaya Sewa Pesawat Jet Pribadi Berjendela Oval dari Jakarta ke Amerika Serikat?
Pesawat Gulfstream G550 yang melayani rute Jakarta - Amerika Serikat. (dok. Screenshoot Aviation Week)

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat jet pribadi Gulfstream belakangan ramai dibicarakan dan menjadi sorotan warganet. Gulfstream merupakan pesawat jet pribadi asal Amerika Serikat. Pesawat tersebut kerap digunakan oleh artis dan pesohor dunia, di antaranya pesepakbola Cristiano Ronaldo, pemilik Space X Elon Musk, hingga musisi Taylor Swift. 

Gulfstream Aerospace Corporation merupakan salah satu pabrikan pesawat jet pribadi di dunia. Dikutip dari situs gulfstreamnews.com, perusahaan tersebut dipimpin oleh Mark Burns. Perusahaan yang berbasis di Savannah, Georgia, Amerika Serikat ini telah berdiri sejak 1958.

Pesawat jet pribadi pertama Gulfstream adalah Gulfstream I. Pesawat tersebut diujicoba pada 14 Agustus 1958 dan resmi beroperasi pada 1959. Pesawat Gulfstream I mampu menampung 12 penumpang.

Setelah sukses dengan Gulfstream I, mereka melanjutkan produksi jet pribadi lainnya yakni Gulfstream GII. GII menjadi jet bisnis pertama yang terbang nonstop dari Amerika Serikat ke Eropa pada 4 Mei 1968. Lebih dari 250 unit GII terjual selama masa produksi pesawat. Hingga kini, Gulfstream tercatat telah memproduksi lebih dari 3.000 pesawat jet pribadi.

Tarif Sewa Pesawat Gulfstream

Pesawat Gulfstream memang dapat disewa, dan harganya bervariasi tergantung modelnya. Berdasarkan informasi dari Air Charter Advisors, biaya sewa pesawat Gulfstream dapat mencapai ratusan juta rupiah per jam.

Misalnya, untuk Gulfstream G280, yang merupakan jet berukuran medium, harga sewanya berkisar antara USD 6.800 hingga USD 8.000 per jam, atau setara dengan Rp106,47 juta hingga Rp125,26 juta per jam (dengan kurs Rp15.652 per USD).

Sementara itu, untuk Gulfstream G650 yang lebih besar, biaya sewanya jauh lebih tinggi, mencapai USD 17.000 hingga USD 19.750 per jam, atau sekitar Rp266,08 juta hingga Rp309,04 juta per jam. Pesawat ini termasuk dalam kategori jet besar yang sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan maksimal.

Dengan harga sewa yang sangat tinggi, Gulfstream memang menjadi pilihan eksklusif bagi mereka yang membutuhkan privasi dan kenyamanan premium dalam perjalanan udara. Pesawat ini sering digunakan oleh pebisnis, selebritas, dan pejabat tinggi, termasuk dalam layanan penerbangan charter eksekutif.

Namun, biaya sewa tersebut tentunya sangat tergantung pada faktor-faktor seperti model pesawat, durasi sewa, serta rute penerbangan yang ditempuh. Pesawat Gulfstream juga menawarkan berbagai fitur canggih dan kenyamanan di dalam kabin, yang menjadikannya salah satu jet pribadi paling diminati di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang dan Erina Gudono Diduga Pakai Jet Pribadi ke AS, Sekjen PSI: Itu Urusan Personal

Gaya Kasual Kaesang Pangarep Temani Erina Gudono Ikut Orientasi Program S2 di Amerika Serikat.
Gaya Kasual Kaesang Pangarep Temani Erina Gudono Ikut Orientasi Program S2 di Amerika Serikat. foto: Insta Story @erinagudono

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia atau Sekjen PSI Raja Juli Antoni enggan berkomentar banyak mengenai Ketua Umum atau Ketum PSI Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono yang disebut diduga menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat (AS).

Adapun penggunaan jet pribadi dengan harga fantastis itu disorot, lantaran Kaesang dan istri bepergian di tengah situasi sosial politik Indonesia yang memanas. Menurut Raja Juli, hal itu menjadi urusan personal Kaesang.

Terkait kritik yang disampaikan warga ke Kaesang, Raja Juli menganggap hal itu sebagai hal biasa. Terlebih, kata dia Indonesia menganut sistem demokrasi.

"Ya itu bagian dari dinamika demokrasi. Itu adalah kebebasan warga negara yang bisa kita dinikmati, untuk saran, kritik, ya kadang tajam, terlalu tajam ya monggo. Itu bagian dari demokrasi," ucap dia.

Lebih lanjut, Raja Juli juga tidak mau berkomentar ihwal kepemilikan jet pribadi tersebut.

"Saya no comment ya terhadap hal itu. Saya bukan juru bicaranya Mas Kaesang Pangarep. Saya pengurus partai ya," jelas Raja Juli.

Diketahui, Ketum PSI Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono disebut diduga menggunakan pesawat Gulfstream yang merupakan jet pribadi untuk perjalanan mereka ke Amerika Serikat.

Kaesang diketahui menemani Erina Gudono yang akan melanjutkan studi S2 di University of Pennsylvania.

Unggahan Erina di media sosial, yang memperlihatkan jendela pesawat berbentuk oval, memicu spekulasi bahwa pasangan ini menggunakan jet pribadi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya