RI Siap Ikuti RIMPAC 2014 di Pearl Harbour

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 siap mengikuti latihan militer maritim terbesar di dunia yang bertajuk Latihan Bersama

oleh Karmin Winarta diperbarui 26 Mei 2014, 16:18 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2014, 16:18 WIB
RI Siap Ikuti RIMPAC 2014 di Pearl Harbour
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 siap mengikuti latihan militer maritim terbesar di dunia yang bertajuk Latihan Bersama

Citizen6, Jakarta Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 sebagai salah satu KRI yang berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam hal ini di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta siap mengikuti latihan militer maritim terbesar di dunia yang bertajuk Latihan Bersama Multilateral Rim Of Pacific (Latma Multilateral RIMPAC) 2014 pada tanggal 25 Juni sampai dengan 1 Agustus 2014 di Pearl Harbour training area dan perairan Kepulauan Hawaii. Amerika Serikat.

Berbagai persiapan sudah dilaksanakan KRI BAC-593, mulai dari kesiapan personil, logistik serta perlengkapan maupun kegiatan lainnya untuk mendukung keberhasilan tugas tersebut.    

Menurut Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Letkol Laut (P) Heri Widodo, kesiapan KRI BAC-593 dalam mengikuti Latihan RIMPAC 2014  yang digelar setiap dua tahun sekali oleh Armada ke 3 US Navy dengan negara-negara di Asia Pasific dan berkembang menjadi latihan multilateral dengan melibatkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini, sudah hampir seratus persen. " Berbagai latihan juga sudah digelar KRI BAC-593 antara lain Gladi Tugas Tempur Tingkat II, yang memerankan berbagai peran yang akan dilaksanakan pada saat latihan di Rimpac tersebut", Ujar Dansatlinlamil Jakarta.

 Rencananya KRI Banda Aceh-593 yang akan dilepas dalam sebuah upacara militer pada hari Jumat besok mendatang menuju Hawaii dari dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta, nantinya akan bergabung dengan 40 kapal perang berbagai jenis lainnya dan 6 kapal selam dari 23 negara seperti, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Chile, Australia, USA, Canada, Norwegia, Peru, Brunei Darussalam,Kolombia, New Zealand,Kolombia, Malaysia, Mexico, Belanda, Philipina, Thailand, Inggris, China, Tonga, India dan Perancis.

Keterlibatan KRI Banda Aceh-593 dengan Komandan Letkol Laut (P) Arief Budiman pada latihan RIMPAC 2014 kali ini, antara lain sebagai tolok ukur kemampuan kerja sama dalam bidang operasional mulai dari tingkat perorangan sampai ke tingkat satuan, serta penyesuaian terhadap perkembangan teknologi baik dalam bidang persenjataan ataupun dalam bidang perkembangan piranti lunak pendukung latihan sekaligus untuk meningkatkan kerja sama internasional serta meningkatkan profesionalisme prajurit dihadapkan tuntutan tugas.

Dalam latihan RIMPAC tahun 2014 ini, TNI Angkatan Laut selain melibatkan KRI Banda Aceh-593 juga akan menurunkan 1 Kompi Marinir.

 
 
Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya