Mudah Mengantuk hingga Depresi, Ini 5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, berikut tanda jika Anda kekurangan vitamin D.

oleh Ulya Kaltsum diperbarui 02 Jun 2021, 17:30 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2021, 17:30 WIB
Ilustrasi vitamin D (Foto:Shutterstock)
Ilustrasi vitamin D (Foto:Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting bagi sistem tubuh. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit tertentu. Mulai dari gangguan tulang hingga timbulnya pre-ekamsi pada ibu hamil di akhir kehamilannya.

Setiap individu memiliki kebutuhan vitamin D yang berbeda-beda. Pada anak-anak dan orang dewasa, asupan vitamin D yang perlu dipenuhi adalah 15 mcg (600 IU) per hari. Sementara untuk lansia sekitar 20 mcg (800 IU) per hari.

Vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium. Seseorang yang kekurangan vitamin D akan mengalami berbagai gejala yang seringkali tak disadari. Dirangkum dari healthyfoodvision, berikut 5 tanda seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Depresi

Kenali Ciri-ciri Orang Depresi yang Tampak pada Aktivitas Keseharian
Beberapa hal berikut ini menunjukkan ciri-ciri seseorang yang sedang mengalami depresi. (Foto: Unsplash.com/Anthony Tran).

Salah satu gejala kekurangan vitamin D, terutama pada wanita adalah merasa depresi dan kesulitan. Seseorang yang jarang terkena sinar matahari cenderung lebih tertekan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D dapat menyebabkan depresi dan dapat mempengaruhi mood seseorang. Dari 13 studi yang dilakukan oleh 31.000 peserta mengungkapkan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi mengalami depresi.

Kekurangan vitamin D bisa merusak fungsi kognitif karena reseptor vitamin D di area otak bertanggung jawab untuk perilaku dan suasana hati, termasuk munculnya depresi.

 

 


2. Mudah mengantuk

ngantuk
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan merasakan lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk. Hal ini membuat Anda menjadi kurang produktif bahkan kesulitan dalam bekerja dan kesusahan.

Kadar vitamin D yang rendah membuat tubuh mengalami kekurangan kalsium di dalam darah. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk kontraksi otot dan menyampaikan sinyal pada sel saraf. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

 

 


3. Keringat berlebihan

Terkena Sindrom Frey
Ilustrasi Berkeringat Credit: shutterstock.com

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan mudah berkeringat tanpa sebab yang jelas, terutama bagian kulit kepala. Entah saat sedang melakukan aktivitas yang normal atau cuaca yang tak panas.

Seperti halnya ketika bayi yang sedang tidur dan kepalanya berkeringat berlebihan. Hal tersebut menjadi tanda bahwa bayi kurang vitamin D dan harus dijemur di bawah sinar matahari pagi.

 

 


4. Tekanan darah tinggi

Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay
Ilustrasi tekanan darah tinggi | Pera Detlic dari Pixabay

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin dapat meningkatkan aliran tekanan darah dan membantu kesehatan jantung merangsang sirkulasi darah.

 

 


5. Kulit berubah menjadi gelap

Terungkap Salah Satu Penyebab Kulit kusam, Coba Atasi dengan Ini!
Ilustrasi wajah kusam. (Credit: Shutterstock).

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa semakin gelap kulit, maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk terpapar sinar matahari. Hal itu agar tubuh dapat mensitenstis provitamin D menjadi vitamin D.

Artinya, pigmen kulit berfungsi sebagai sunblock alami. Semakin banyak pigmen kulit, maka kulit akan semakin gelap dan berisiko kekurangan vitamin D.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya