Tetap Wangi Seharian, 5 Tips Pakai Parfum Tahan Lama dan Tak Mudah Pudar

Kesalahan saat memakai parfum membuatnya tak tahan lama dan mudah mudar.

oleh Ulya Kaltsum diperbarui 01 Jun 2021, 10:01 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2021, 10:01 WIB
Parfum
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Pavel Ryabushkin

Liputan6.com, Jakarta - Minyak wangi atau parfum menjadi salah satu item penting untuk menunjang penampilan sekaligus menutupi bau badan. Bagi sebagian individu, memakai parfum adalah kewajiban yang tak boleh dilewatkan setiap hari.

Biasanya, orang akan menggunakan parfum setelah mandi atau sebelum memulai aktivitas keluar rumah. Namun, tak jarang wangi parfum tersebut cepat hilang setelah kita beraktivitas seharian atau outdoor.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba agar wangi parfum tahan lama dan tak mudah hilang atau pudar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Jangan digosok

Parfum
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Viktoriia Hnativ

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menyemprotkan parfum di kedua pergelangan tangan lalu menggosoknya.

"Kami menyarankan agar tidak pernah melakukan ini. Sebaliknya, biarkan wewangian mengering secara alami. Biarkan lapisan wewangian memainkan perannya dengan benar," kata Gerard, seorang ahli wewangian dikutip dari Instyle, Selasa (25/5/2021).

Jika Anda tak sabar menunggu parfum hingga mengering sendiri, pilihlah leher sebagai titik nadi lain.


2. Oleskan langsung ke kulit

Parfum
Ilustrasi parfum/copyright shutterstock

Mengoleskan parfum selain pada kulit ternyata dapat mengurangi ketahanan parfum. Pasalnya, hal tersebut berlawanan dengan formulasi dan fungsi yang telah dibuat.

"Berapa lama aroma bertahan di kulit Anda bergantung pada parfum dan seberapa kering kulit Anda. Jika kulit Anda kering, aromanya akan lebih cepat memudar. Jadi, jika Anda ingin (parfum) bertahan lebih lama, lembabkan kulit sebelum menyemprotkannya," kata Gerard Camme.


3. Semprotkan di atas telinga

Parfum atau Minyak Wangi
Ilustrasi Foto Minyak Wangi atau Parfum (iStockphoto)

Mungkin hal ini terdengar baru dan aneh bagi sebagian orang. Namun, menyemprotkan parfum di atas telinga mampu membuat aromanya lebih tahan lama.

Aroma parfum akan lebih baik jika kulit dalam keadaan berminyak. Bagian atas telinga adalah area yang cocok untuk menyemprotkan parfum karena sedikit lebih berminyak daripada daun telinga.


4. Jangan semprotkan terlalu jauh

Evaporasi
Ilustrasi Penggunaan Parfum Credit: pexels.com/Cello

Sebagian orang percaya bahwa aroma parfum akan bertahan lama ketika disemprot ke udara lalu berjalan melaluinya. Padahal, itu hanya akan membuang-buang parfum dan wanginya justru lebih cepat menguap.

"Dengan menyemprotkan parfum ke udara, itu juga akan jatuh ke pakaian dan lantai. Berhentilah untuk menyemprotkan parfum ke udara yang tipis," kata Ixchel Leigh, pendiri Artisan Parfums.

Selain dianggap sebagai pemborosan, menyemprotkan parfum juga berpengaruh pada furnitur dan dekorasi di sekitarnya.


5. Jangan simpan parfum di kamar mandi

Parfum atau Minyak Wangi
Ilustrasi Foto Minyak Wangi atau Parfum (iStockphoto)

Untuk menjaga kualitas parfum, Anda perlu memperhatikan tempat penyimpanannya. Simpan parfum di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari pakaian atau meja rias yang jauh dari jendela.

Meski kamar mandi dapat menyimpan wewangian, cahaya matahari yang panas dan kelembaban akan merusak parfum sehingga kualitas dan intensitas wanginya berkurang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya