Waspada, 4 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Gangguan Makan

Apakah Anda mengalami salah satu tanda di bawah ini?

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2021, 16:04 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2021, 16:04 WIB
Konsumsi Makanan Tak Sehat
Ilustrasi Junk Food Credit: pexels.com/Szabi

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan. Namun Ada sebagian orang yang mengalami eating disorder atau gangguan makanan. Kondisi ini bisa terjadi di segala umur. 

Dilansir dari Healthline, Rabu (30/10/19), gangguan makan atau eating disorder merupakan kondisi psikologis yang menyebabkan berkembangnya kebiasaan makan yang tidak sehat. Biasanya mereka memiliki obsesi terhadap makanan, berat badan, dan bentuk tubuh. 

Melansir dari Yourtango, Sabtu (16/10/21), berikut ini adalah beberapa tanda-tanda sepele yang ternyata bisa menunjukkan apakah seseorang mengalami gangguan makan atau tidak. Simak ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memiliki kecemasan terhadap makanan

ilustrasi makanan bergizi/pexels
ilustrasi makanan bergizi/pexels

Pada sebagian orang, diet dan kesehatan bisa menyebabkan kecemasan terhadap makanan. Kondisi ini membuat Anda merasa khawatir bahkan merasa stres yang bisa mengganggu nafsu makan Anda. 

Bahkan pilihan makanan yang terlihat menggoda bisa terlihat menakutkan dan membuat Anda menghindari makanan tersebut. Dengan itu, hidup Anda menjadi terbatas karena rasa takut dan cemas terhadap makanan.


Kesulitan untuk mengetahui berapa banyak yang harus dimakan

Energi Negatif dalam Tubuh dan Pikiran
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Chania

Tanda kedua yang sering tidak disadari adalah kesulitan untuk mengetahui apa yang harus Anda makan dan berapa banyak asupan makanan yang harus dikonsumsi. Selain itu, jika Anda kesulitan mengetahui apakah Anda mulai merasa lapar atau hampir kenyang, ini juga bisa menjadi salah satu tanda dari gangguan makan.


Pilih-pilih makanan

Mengonsumsi Makanan Karbohidrat
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Pablo

Seseorang yang picky eating atau pilih-pilih makanan biasanya kesulitan untuk mengonsumsi makanan karena mereka hanya ingin makan makanan tertentu yang mereka sukai. Kondisi ini dapat menghalangi mereka dalam menikmati makanan. Bahkan bisa menghambat asupan gizi dan bisa menyebabkan penyakit fisik. 

Pada kondisi yang lebih ekstrem, picky eating merupakan gangguan makan yang dikenal sebagai AFRID, yaitu menghindari konsumsi makanan tertentu atau hanya ingin konsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit. Bagi anak kecil, normal untuk memilih-milih makanan tetapi jika Anda orang dewasa yang sangat pemilih makanan, ini bisa menjadi tanda dari gangguan makanan. 


Terobsesi dengan makan sehat

ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels
ilustrasi makanan berserat atasi sembelit/pexels

Semua orang tentu ingin menjadi sehat dengan mengonsumsi makanan sehat. Pada kenyataannya makanan sehat memang memberikan sejumlah manfaat untuk kebutuhan nutrisi dan kesehatan kita. Tapi tidak apa-apa jika sesekali Anda konsumsi makanan cepat saji. 

Tetapi jika Anda terobsesi dengan makanan sehat, ini bisa menjadi salah satu tanda Anda memiliki gangguan makan. Anda mungkin bisa merasa stres atau cemas jika Anda konsumsi makanan yang “kurang” sehat. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya