Mengenal Samhainophobia, Rasa Takut Berlebih Pada Halloween

Jika Anda merasa takut akan hal-hal yang berhubungan dengan Halloween, mungkin Anda mengidap samhainophobia.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 01 Nov 2022, 19:03 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 19:03 WIB
Adu Gaya Anya Geraldine dan Kim Kardashian Sama-sama Jadi Mystique di Momen Halloween
Lihat gaya Anya Geraldine dan Kim Kardashian yang sama-sama cosplay jadi Mystique saat merayakan Halloween. @kimkardashian.

Liputan6.com, Jakarta - Jika mendengar Halloween, pasti kita mengingat hal-hal yang menakutkan dan bagi sebagian orang, hal tersebut menjadi hal yang tidak biasa. Pengidap samhainophobia, atau ketakutan akan Halloween akan merasakan ketakutan yang berbeda. 

Didefinisikan sebagai ketakutan yang terus-menerus, tidak normal, dan tidak beralasan terhadap Halloween, samhainophobia adalah istilah yang berakar pada tradisi pagan kuno, khususnya tradisi Celtic Druid. Festival Samhain dirayakan sejak 2.000 tahun yang lalu untuk memperingati malam sebelum Tahun Baru Celtic, seperti dikutip dari Verywellmind, Selasa (1/11/2022). 

Pada 31 Oktober, hari terakhir tahun Celtic dianggap sebagai waktu ketika batas antara yang hidup dan yang mati menipis, dan hantu bisa berjalan di antara yang hidup untuk kebaikan dan kejahatan.

Festival Samhain terpusat di sekitar api unggun besar, ritual pengorbanan kepada para dewa, dan meramal. Para peserta umumnya mengenakan kostum yang terbuat dari kulit binatang.

"Samhainophobia, atau ketakutan akan Halloween adalah kondisi serius dan seringkali melemahkan yang  bisa memengaruhi beberapa orang setiap tahun. Hal ini ditandai dengan rasa takut yang irasional dan tak henti-hentinya terhadap semua hal yang berkaitan dengan tanggal 31 Oktober," kata Dr Tugnait kepada Health Shots. 

"Dari kostum dan dekorasi hingga trik-atau-mengobati dan ukiran labu - favorit Halloween ini dianggap oleh pengidapnya sebagai simbol kegelapan dan kejahatan yang menyeramkan dan mengancam," jelas sang ahli.


Apa yang Menyebabkan Samhainophobia?

Heidi Klum di pesta Halloween
Model asal Jerman, Heidi Klum mengenakan kostum manusia serigala saat menghadiri pesta Halloween di New York, Selasa (31/10). Heidi bahkan sama sekali tak bisa dikenali lewat kostum Halloween-nya tahun ini. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Meskipun samhainophobia bukanlah diagnosis khusus untuk DSM-5, ketakutan akan Halloween memenuhi kriteria diagnostik untuk fobia spesifik. Fobia spesifik melibatkan rasa takut yang tidak rasional dan berlebihan yang terkait dengan objek atau situasi tertentu.

Oleh karena itu, penyebab samhainophobia mungkin mirip dengan penyebab jenis fobia spesifik lainnya. Penyebab pasti dari fobia spesifik tidak diketahui, tetapi pengalaman menakutkan sebelumnya, genetika, dan kimiawi otak mungkin berkontribusi.

Liburan akar pagan dan asosiasi tradisional dengan hantu dan sihir dapat berkontribusi pada ketakutan Halloween. Bagi sebagian orang, tradisi Halloween modern dianggap menakutkan. Beberapa orang tidak menyukai ketakutan. Tapi, tradisi Halloween modern berdasar pada ketakutan sebagai bagian utama dari hiburan.

Bahkan, jika Anda melewatkan arena berhantu, cerita hantu, dan acara lain yang jelas-jelas menakutkan, orang-orang mungkin Anda akan dibuat terkejut di pesta kostum Halloween.

Bagi sebagian orang, ketakutan akan Halloween didasarkan pada fobia spesifik lainnya. Hantu, penyihir, vampir, zombie, darah, darah kotor, kegelapan, petir, topeng, animatronik, batu nisan, badut, dan suara keras hanyalah beberapa hal mendasar yang menjadi ciri khas Halloween.

Jika Anda memiliki fobia terhadap elemen-elemen ini atau elemen-elemen lain yang relatif umum, Anda mungkin akan merasa terganggu bahkan oleh anak-anak kecil yang sedang melakukan trick-or-treating dengan kostum dan riasan.


Apa yang Dirasakan Pengidapnya?

[Bintang] 5 Tradisi Halloween di Berbagai Negara
Tradisi Halloween di Berbagai Negara. (Ilustrasi: thestar.com)

Ketakutan akan semua hal yang berhubungan dengan Halloween ini sering berakar pada pengalaman masa kecil atau takhayul budaya.

"Meskipun dikelilingi oleh banyak orang yang menyambut liburan dengan sukacita dan antusiasme, mereka yang mengidap samhainophobia tetap dicengkeram oleh perasaan cemas, panik, dan ketakutan bahkan pada sedikit saja sugesti Halloween," tambah Dr Tugnait.

Ketidaknyamanan mereka mungkin dipicu oleh hal-hal yang tampaknya tidak berbahaya seperti warna oranye atau gambar hantu dan goblin, membuat mereka hampir lumpuh ketakutan setiap kali bulan Oktober tiba.

Mereka mungkin juga takut dengan kostum dan topeng yang sering dipakai pada Halloween, karena ini bisa menakutkan dan meresahkan.

Selain itu, beberapa orang mungkin takut akan potensi kekerasan dan vandalisme yang kerap menyertai perayaan Halloween. Banyak orang dengan samhainophobia juga mengalami mimpi buruk, hipervigilans, dan gejala fisik seperti sakit kepala, mual, atau detak jantung yang cepat.


Mengatasi Rasa Takut Akan Halloween

10 Gaya Seleb Tanah Air Rayakan Halloween 2022, Anya Geraldine Jadi Ariel-Lucinta Luna Jadi Badarawuhi
Mulai dari Anya Geraldine hingga Lucinta Luna, berikut tampilan seleb dengan kostum unik di momen Halloween 2022. @ruben_onsu).

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa takut tergantung pada berbagai faktor, termasuk sifat fobia Anda, tingkat keparahannya, dan pemicunya?

Jika rasa takut Anda relatif ringan, Anda bisa mengatasinya dengan teknik-teknik penanganan dasar.

Cara pertama adalah dengan membayangkan diri Anda berhasil melewati peristiwa yang ditakuti. Selain itu, Anda dapat mencoba ‘mindfully breathing’ untuk menenangkan saraf Anda.

Terakhir, Anda dapat menghadiri perayaan Halloween dengan teman yang membuat Anda tidak cemas.

Namun, jika ketakutan Anda lebih parah, bantuan profesional mungkin diperlukan. Terapis Anda akan membantu Anda menentukan dengan tepat apa yang Anda takutkan, dan membuat rencana perawatan untuk mengatasi ketakutan Anda. 

Pendekatan terapeutik seperti desensitisasi sistematis umumnya sangat efektif dalam mengobati fobia tertentu.

Mereka yang memiliki fobia berbasis agama yang parah mungkin sebaiknya mendapatkan konseling spiritual dari seorang pemimpin agama yang tepercaya. Baik sebagai pengganti, atau sebagai tambahan setelah terapi profesional.

Kabar baiknya, meskipun ketakutan akan Halloween dapat membuat kita merasa terisolasi dan terbebani, fobia umumnya merespons teknik terapi dengan baik

Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan
Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya