5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Mungkin Seseorang Tertarik Sama Kamu

Salah satu cara untuk mengetahui seseorang menyukai kita adalah melalui bahasa tubuh.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 02 Nov 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi pasangan cinta, romantis
Ilustrasi pasangan cinta, romantis. (Photo by Marius Muresan on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa tubuh sering dikatakan sebagai komunikasi non-verbal yang diekspresikan oleh postur, ekspresi wajah, serta gerakan.

Salah satu cara untuk mengetahui seseorang menyukai kita adalah melalui bahasa tubuh.

Melansir Well and Good, membaca bahasa tubuh seseorang dapat menjadi kunci untuk menguraikan apakah seseorang tertarik kepada Anda, atau justru hanya ingin berteman baik.

Mengutip BestLife, Selasa (1/11/2022), berikut adalah 5 bahasa tubuh yang menunjukan seseorang mungkin tertarik denganmu:

1. Mereka Melihat Bagian Wajah Anda yang lain

Cara seseorang memandang Anda dapat menunjukkan tingkat ketertarikan mereka.

Dalam sebuah video TikTok, Kim Chronister, PsyD, seorang psikolog klinis berlisensi yang bekerja di Beverly Hills, California, mengatakan bahwa satu tanda utama bahwa seseorang tertarik pada Anda adalah ketika mata mereka memindai seluruh wajah Anda.

Menurut Chronister, seseorang yang hanya melihat Anda sebagai teman biasanya hanya akan menatap Anda dari mata ke mata saat Anda berbicara dengannya.

"Jika Anda ingin melihat apakah seseorang menyukai Anda adalah mereka memindai seluruh wajah Anda," katanya.

"Jadi lihat mereka akan melihat matamu, bibirmu, rambutmu, kembali ke matamu, bibirmu, rambutmu sesuatu seperti itu." sambung Chronister.

 

2. Mereka Tersenyum pada Anda

Orang-orang berpura-pura tersenyum karena berbagai alasan, entah mereka hanya bersikap sopan atau karena merasa tidak nyaman.

Tetapi Kerry Lauders, petugas kesehatan mental di Startups Anonymous, mengatakan kepada bahwa tindakan sederhana tersenyum juga merupakan salah satu tanda ketertarikan bahasa tubuh yang paling umum.

Dan biasanya mudah untuk mengetahui apakah Anda menerima senyuman yang tulus atau tidak. "Bahasa tubuh adalah cara komunikasi yang sangat mendasar, sehingga sulit untuk dipalsukan," jelas Lauders.

Menurut O'Reilly, tertawa dan tersenyum juga dapat menunjukkan keterlibatan dan kesenangan, serta ketertarikan. "Beberapa penelitian telah meneliti tawa sebagai bahan utama untuk ketertarikan romantis dan pacaran," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Mereka Memulai Sentuhan Fisik

tips bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Nursultan Bakyt on Unsplash

 

Ini mungkin sesederhana seperti tangan sekilas menepuk bahu Anda. Upaya sentuhan biasa kemungkinan merupakan tanda yang jelas bahwa seseorang menyukai Anda.

"Ketika kita tertarik pada seseorang, kita ingin merasakan kehadiran mereka dan ini bukan hanya metafora," menurut sosiolog dan seksolog klinis Sarah Melancon, PhD.

Menurut Melancon, sentuhan psikis menyebabkan pelepasan oksitosin, atau dikenal sebagai hormon cinta. Ketika ini dirilis, itu dapat membantu kita merasa lebih dekat dan lebih terhubung dengan seseorang. 

 


4. Mereka Membuat Ruang di Antara Anda Lebih Kecil

Ilustrasi Pasangan Romantis (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pasangan Romantis (sumber: unsplash)

Jika Anda ingin tahu apakah seseorang tertarik kepada Anda, perhatikan seberapa dekat mereka dengan Anda.

Jess O'Reilly, PhD, seorang seksolog dan pakar hubungan yang bekerja dengan Astroglide, mengatakan bahwa kebanyakan orang cenderung menutup ruang antara mereka dan orang lain jika ada ketertarikan.

"Ketika Anda mengalami ketertarikan, Anda mungkin mendapati diri Anda berperilaku dengan cara yang tidak terduga," katanya.

"Anda mungkin mendapati diri Anda condong ke arah seseorang yang membuat Anda tertarik tanpa menyadarinya," tambah Jess.

Pada saat yang sama, Anda juga dapat mengukur apakah seseorang juga tertarik kepada Anda dengan melihat bagaimana mereka merespons Anda dengan mengurangi jarak di antara Anda berdua.

"Ketika seseorang membiarkan Anda mendekati zona intim mereka, ini hampir merupakan jaminan bahwa mereka tertarik pada Anda," ucap Rodney Simmons, pakar hubungan dan penulis di Tiny Changes Matter.

"Jika mereka membiarkan Anda dekat dengan wajah mereka atau mereka bersandar di dekat zona intim Anda, itu adalah lampu hijau untuk Anda," sambung Rodney.


5. Mereka Tampak Lebih Gugup di Sekitar Anda

pasangan cinta
ilustrasi pasangan/Photo by Ori Song on Unsplash

Banyak orang masih merasa gugup di sekitar orang yang mereka sukai, bahkan jika mereka sudah lama naksir Anda.

Menurut Amelia Prinn, pakar hubungan yang bekerja dengan HerWay.net, seseorang yang tertarik pada Anda mungkin terlibat dalam beberapa pola perilaku gugup, termasuk memerah setiap kali mereka berada di dekat Anda, tersandung kata-katanya, dan telapak tangan mereka berkeringat.

Joseph Puglisi, seorang pakar hubungan dan CEO Dating Iconic, menambahkan bahwa mereka mungkin juga bertindak gelisah dan banyak gagap.

"Tanda-tanda ini menunjukkan ketertarikan karena ada banyak dorongan dalam hormon mereka, sehingga mereka cenderung bertindak," katanya.

Joseph menjelaskan bahwa ini kadang-kadang dapat menyebabkan bahasa tubuh gugup dan tindakan canggung.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya