5 Cara Alami untuk Tingkatkan Hormon Serotonin dan Mulai Merasa Lebih Bahagia

Hormon perasaan senang atau serotonin ini memainkan peran kunci dalam segala hal, mulai dari tidur dan pencernaan hingga kebahagiaan dan kepuasan-di sini adalah cara untuk menjaganya tetap mengalir.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 19 Des 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 14:30 WIB
bahagia
ilustrasi perempuan/Photo by JD Chow on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Serotonin adalah hormon perasaan baik atau neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam kesejahteraan mental dan emosional Anda.

Termasuk pula memfasilitasi perasaan positif, menstabilkan suasana hati, dan meningkatkan kebahagiaan.

Tetapi, hormon yang terjadi secara alami ini tidak hanya terlibat dalam memengaruhi perasaan dan pola pikir Anda, melainkan juga membantu mengatur tidur, pencernaan, kepadatan tulang, nafsu makan, dan bahkan memori.

Karena serotonin memiliki dampak yang sangat besar pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, tidak mengherankan jika banyak orang mencari strategi untuk meningkatkan serotonin yang mudah dan bebas resep.

Namun sebenarnya, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari peningkatan serotonin.

Faktanya, terlalu banyak serotonin dalam tubuh Anda sebenarnya dapat membuat Anda merasa lebih buruk. Di sisi lain, serotonin yang tidak cukup dikaitkan dengan gangguan suasana hati, masalah tidur, dan lebih banyak efek kesehatan.

Melansir Real Simple, Senin (19/12/2022), berikut sederet penjelasan singkat uraian tentang serotonin, mengapa serotonin penting, tanda-tanda kekurangan dan ketidakseimbangan serotonin dan cara meningkatkan serotonin dalam kehidupan sehari-hari:

 

Bagaimana Serotonin Bekerja

Untuk menguraikan ilmu pengetahuan di balik hormon kebahagiaan ini, serotonin pada dasarnya diproduksi di otak oleh neuron dan bergerak ke berbagai situs reseptor di seluruh tubuh untuk memengaruhi proses seperti tidur dan pencernaan.

Ada perdebatan yang sedang berlangsung di komunitas medis tentang apakah serotonin yang rendah berkontribusi pada depresi atau tidak.

Tetapi penelitian eksperimental, menunjukkan hubungan yang menjanjikan antara serotonin dan regulasi emosi, itulah sebabnya mengapa mungkin ada hubungan dengan kebahagiaan atau perasaan senang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Serotonin dan Tandanya Jika Lemah

Ilustrasi pria bahagia
Ilustrasi pria bahagia. (Photo by Angelo Pantazis on Unsplash)

Pentingnya Serotonin untuk Kesehatan Optimal

Selain manfaat suasana hati, serotonin adalah pemain penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

"Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan pencernaan kita, sehingga mempertahankan tingkat neurotransmitter yang sehat ini dapat membantu kita merasa lebih baik secara emosional dan fisik," jelas Direktur Medis di Ascendant Detox, Pusat Perawatan Kecanduan Rawat Jalan, David Seitz.

"Selain itu, serotonin telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif seperti belajar, memori, dan konsentrasi. Namun, dampak serotonin tidak berakhir di sana. Serotonin bahkan berkontribusi pada penyembuhan luka, mengendalikan mual, dan pergerakan usus yang sehat," sambungnya.

 

Tanda-Tanda Serotonin Rendah

Serotonin yang rendah dapat secara signifikan mengganggu fungsi Anda sehari-hari, dan tanda-tandanya dapat muncul dengan cara yang mengejutkan.

"Kadar serotonin yang rendah dapat memiliki berbagai konsekuensi, termasuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, perubahan nafsu makan, dan mudah tersinggung," kata Dr Seitz. 

Meskipun tidak ada satu alasan mengapa kadar serotonin bisa menurun, sejumlah faktor dapat berkontribusi, termasuk pola makan yang kurang, kurang berolahraga, kecenderungan genetik, efek samping obat, atau peristiwa yang membuat stres, tambahnya.

"Selain itu, beberapa kondisi medis seperti tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan serotonin," ucap Dr Seitz.


5 Cara Meningkatkan Serotonin dalam Kehidupan Sehari-hari

olahraga HIIT
ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan kadar serotonin Anda, kata Dr. Seitz, karena diyakini bahwa aktivitas fisik memicu pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Studi menunjukkan bahwa serotonin yang dilepaskan oleh aktivitas fisik sebenarnya dapat mengendalikan kelelahan juga, sehingga kombinasi berolahraga dan pelepasan serotonin yang mengikutinya benar-benar dapat menghilangkan rasa lelah, membantu Anda merasa lebih baik dan lebih energik secara keseluruhan.

2. Makanlah makanan yang kaya akan triptofan

Kalkun adalah salah satu dari beberapa makanan yang tinggi triptofan, asam amino alami yang ditemukan dalam beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dengan mensintesis, atau menciptakan, neurotransmitter.

Dr Seitz menjelaskan makanan lain yang tinggi triptofan termasuk gandum, pisang, kacang-kacangan, telur, salmon, dan tahu, yang biasanya merupakan bagian dari diet sehat secara keseluruhan.

3. Nikmati pola makan yang sehat dan seimbang

Karena mengonsumsi lebih banyak triptofan tidak cukup dengan sendirinya, Dr. Seitz mengatakan bahwa makan makanan yang seimbang (termasuk makanan tinggi triptofan) juga penting untuk mengatur kadar serotonin Anda.

"Makan banyak buah dan sayuran segar serta protein tanpa lemak dapat memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkannya," katanya.

 


Tidur yang Cukup hingga Tetap Aktif Kehidupan Sosial

Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

4. Tidur yang cukup

Bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur dapat sangat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, memengaruhi segala sesuatu termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, memori, dan bahkan metabolisme.

Seiring waktu, kurang tidur sebenarnya dapat menguras kadar serotonin Anda, dan ketika kadar serotonin kembali meningkat, Anda tidur lebih nyenyak.

Dengan kata lain, Anda mungkin terjebak dalam sebuah siklus jika Anda tidak tidur nyenyak.

"Kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin rendah (dan sebaliknya), jadi penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup," kata Dr Seitz.

Dia menyarankan, meskipun kebutuhan tidur berbeda untuk setiap individu, rekomendasi tidur umum untuk orang dewasa adalah tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam.

5. Pertahankan kehidupan sosial yang aktif

Berbagi waktu berkualitas dengan orang yang dicintai sebenarnya dapat meningkatkan produksi serotonin Anda. "Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin secara alami," kata Dr Seitz.

"Terlibat dalam percakapan, aktivitas, atau hobi yang bermakna dengan orang-orang yang dekat dengan kita dapat memberikan rasa tujuan dan kebahagiaan yang akan meningkatkan suasana hati kita," sambung dia.

Bagaimana caranya? Interaksi yang sehat ini memiliki kekuatan untuk mendorong otak Anda melepaskan sejumlah hormon perasaan senang, termasuk serotonin.

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya