Wajib Dicoba, Ini Deretan Tips Simpan Kue Lebaran Agar Tahan Lama

Kue kering bisa bertahan lama jika disimpan dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips menyimpan kue kering agar tahan lama yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

oleh Camelia diperbarui 20 Apr 2023, 17:02 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 17:02 WIB
ilustrasi resep kue kering sagu keju/cookpad
ilustrasi resep kue kering sagu keju/cookpad

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa dalam hitungan hari kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Usai berpuasa di bulan Ramadhan selama satu bulan, kini umat muslim akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Sebelum menyambut lebaran, tak sedikit masyarakat yang melakukan berbagai persiapan untuk menyambut hari spesial tersebut.

Seperti yang kita tahu Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang sangat dinantikan seluruh umat muslim. Di momen Lebaran Idul Fitri kita akan bertemu dan berkumpul bersama saudara dan kerabat yang telah lama tak kita jumpai. Belum lagi banyak yang pulang ke kampung halaman.

Salah satu persiapan yang dilakukan masyarakat untuk menyambut Lebaran yaitu dengan menyiapkan beragam hidangan khas lebaran beberapa hari sebelum perayaannya.

Selain ketupat dan opor ayam, kue kering nampaknya menjadi hidangan yang wajib ada saat Lebaran. Kue kering memang merupakan sajian yang selalu dihidangkan di setiap rumah untuk menyambut sanak saudara yang datang untuk bersilaturahmi.

Setiap keluarga umumnya menyediakan berbagai macam jenis kue kering di rumah sebagai pilihan. Ada yang membuat kue kering sendiri namun ada juga yang membelinya. 

Nah, tak sedikit kue kering yang masih tersisa meskipun waktu Lebaran telah berakhir. Tapi jangan khawatir, pasalnya kue kering bisa bertahan lama jika disimpan dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips menyimpan kue kering lebaran agar tahan lama yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:


Tips menyimpan kue kering agar tahan lama

Kue Tradisional Lebaran di Palestina
Perempuan Palestina membuat kue tradisional berisi kurma dan kacang-kacangan dalam persiapan untuk liburan Idul Fitri, di kota Hebron, Tepi Barat, pada 28 April 2022. Orang-orang di Palestina mempunyai tradisi lebaran yang unik dan khas yaitu dengan membuat kue kering dengan aneka bentuk dan rasa. (HAZEM BADER / AFP)

Tips pertama yang perlu diketahui agar kue kering tahan lama ialah sebelum menyimpan kue kering dalam toples, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Kue kering yang baru keluar dari oven dan masih panas cenderung rentan dan teksturnya masih lembek. Ini akan merubah tekstur dan juga rasa jika langsung disimpan di dalam toples.

Selanjutnya usahakan untuk memilih toples yang kedap udara untuk menyimpan kue kering yang Anda buat. Untuk kue kering yang teksturnya mudah rapuh, Anda harus pastikan untuk memilih toples yang tidak terlalu tinggi agar tidak mudah remuk.

Sebelum menggunakan toples untuk menyimpan kue kering, penting untuk memastikan toples benar-benar bersih dan tidak ada sisa makanan. Bisa juga memberikan lapisan kertas di setiap layer kue agar kue tidak menempel satu sama lain.

 


Tips menyimpan kue kering agar tahan lama selanjutnya

Menjelang Lebaran, Penjual Kue Kering Makin Cuan
Pekerja menata kue kering yang telah selesai diproduksi di kawasan Kwitang, Jakarta, Senin (3/4/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Usahakan untuk menyimpan toples di tempat yang kering dan sejuk dan hindari menyimpan toples di tempat yang terkena sinar matahari langsung serta jauhkan dari makanan yang berbau tajam.

Sebelum menyimpan kue kering dalam toples yang ditaruh dalam kulkas, pastikan Anda menutupnya rapat dan hindari menyimpan dalam kulkas yang penuh dengan makanan lain terlebih yang berbau menyengat.

Selanjutnya unakan silica gel saat menyimpan kue kering dalam toples untuk menyerap kelembapan dalam toples. Untuk kue kering yang memiliki tekstur renyah pastikan Anda menyimpannya dalam toples kaca untuk menjaga kerenyahannya.


Tak Melulu Nastar, 8 Kue Kering Khas Belanda Ini Cocok untuk Isian Toples Kue Lebaran

Resep kue kastengel tanpa teflon untuk lebaran
Resep kue kastengel tanpa teflon untuk lebaran. (Dok: Cookpad @retafitry)

Hari Raya Idulfitri selalu identik dengan tersajinya beragam kue kering. Bahkan, ada beragam kue kering yang identik dengan perayaan lebaran Idulfitri, mulai dari nastar hingga kastengel.

Uniknya, banyak kue kering khas lebaran di Indonesia merupakan kupadan khas Belanda. Berikut kue kering Belanda yang dapat menjadi isian toples saat lebaran tiba.

1. Kastengel

Kastengel merupakan kue kering khas Belanda yang cukup populer di Indonesia. Kastangel berasal dari Bahasa Belanda yang terdiri kata "kaas" yang berarti keju dan "stengels" yang berarti batangan. Seperti namanya, Kue ini identik dengan rasa keju yang kuat. Di Belanda, ukuran kastengel dapat mencapai 30 cm.

 

Selengkapnya...

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran
Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya