15 Momen Penting yang Mungkin Anda Lewatkan dari Penobatan Raja Charles III

Berikut ini beberapa momen penting yang mungkin Anda lewatkan dari penobatan Raja Charles III

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Mei 2023, 13:01 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 13:01 WIB
15 Momen Penting yang Mungkin Anda Lewatkan dari Penobatan Raja Charles III
15 Momen Penting yang Mungkin Anda Lewatkan dari Penobatan Raja Charles III. (Dan Charity/pool photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta Upacara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla telah berakhir, dan keluarga kerajaan muncul di balkon Istana Buckingham untuk melambai kepada orang banyak yang menantang hujan. Berikut ini beberapa momen yang mungkin Anda lewatkan dari penobatan Raja Charles III seperti dihimpun dari Townandcountrymag:

1. Putri Charlotte memegang tangan Pangeran Louis

Salah satu momen termanis hari itu terjadi di awal upacara, ketika Putri Charlotte dan Pangeran Louis berjalan ke Westminster Abbey tepat di belakang orang tua mereka, Pangeran dan Putri Wales. Charlotte meraih tangan adik laki-lakinya dan memegangnya erat-erat saat mereka berjalan ke tempat duduk mereka.

2. Hiasan kepala Kate Middleton

Ada banyak spekulasi tentang apa yang akan dikenakan Putri Wales ke penobatan, dan ternyata dia mengenakan tiara untuk hiasan kepala bunga. Putrinya, Putri Charlotte mengenakan versi mini dari kreasi Jess Collett x Alexander McQueen.

3. Wajah Pangeran Harry

Pangeran Harry tiba di penobatan dengan semangat yang baik, bercanda dengan Putri Beatrice dan suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi. Begitu masuk, dia tidak dapat menyembunyikan emosinya—dia sangat ekspresif dalam bereaksi terhadap apa yang ada di sekitarnya. Dia bahkan tampak mengacuhkan saudaranya, Pangeran William.

4. Daftar tamu

Salah satu yang menarik dari penobatan Raja Charles III adalah semua bangsawan dari seluruh dunia yang hadir, termasuk Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol, Putra Mahkota Akishino dan Putri Mahkota Kiko dari Jepang, Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida dari Thailand, bahkan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema dari Bhutan.

 


5. Perhiasan dan regalia Raja Charles

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III menjadi raja ke-40, ia juga akan menjadi kepala negara dari 14 negara Persemakmuran. (Victoria Jones/Pool via AP)

Raja Charles mengenakan regalia dan permata lengkap. Benda regalia penobatan adalah yang paling suci dari Permata Mahkota. Selama upacara, Raja Charles akan mengenakan St. Edward's Crown, dan akan memegang Sovereign's Sceptre.

Sementara mahkota jelas merupakan lambang tokoh kerajaan, penggunaan jubah benar-benar membuat penobatan menjadi urusan thespian. Selama upacara, Raja Charles akan mengenakan empat jubah yang masing-masing unik dan simbolis.

6. Putri Anne menunggang kuda

Dalam prosesi setelah upacara penobatan, Putri Anne menunggang kuda di belakang saudara laki-lakinya Raja Charles. Dia menjabat sebagai Gold Stick in Waiting, seorang pengawal di rumah tangga kerajaan.

7. Pangeran George sebagai pengiring

Pangeran George menjabat sebagai salah satu dari delapan pengiring kehormatan di penobatan, membantu membawa jubah kakeknya selama kebaktian dan di balkon di Istana Buckingham. Dia mengenakan pakaian yang serasi dengan pengiring lainnya.

 


8. Para bangsawan yang menghadiri penobatan Ratu Elizabeth

Deretan Pemimpin Asing hingga Pejabat di Penobatan Raja Charles III
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Trudeau tiba menjelang upacara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, pusat kota London, Sabtu (6/5/2023). (Jacob King/PA via AP)

Ada empat bangsawan yang juga menghadiri penobatan Ratu Elizabeth 70 tahun lalu (lima, jika Anda menghitung Raja Charles): Pangeran Richard, Duke of Gloucester; Putri Alexandra; Pangeran Edward, Duke of Kent; dan Pangeran Michael dari Kent.

9. Katy Perry berfoto selfie

Sebelum konser penobatan, Katy Perry, Lionel Richie, dan artis lainnya hadir di Westminster Abbey beberapa hari sebelumnya. Bintang pop Amerika itu mengenakan pakaian Vivienne Westwood yang dramatis, dan terlihat berswafoto setelah kebaktian berakhir.

10. Penghormatan Pangeran William kepada Raja Charles

Pada penobatan sebelumnya, banyak anggota keluarga kerajaan berlutut untuk memberi penghormatan, tetapi hari ini hanya ada satu anggota yang mengambil bagian dalam penghormatan: Pangeran William, pewaris takhta. Setelah itu, dia mencium pipi ayahnya — meniru apa yang dilakukan kakeknya, Pangeran Philip, pada penobatan Ratu Elizabeth.

 


11. Kursi penobatan

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III disebut akan menggunakan kesempatan tersebut untuk memajukan semangatnya terhadap generasi muda, komunitas, keragaman, dan keberlanjutan. (Andrew Matthews/Pool via AP)

Charles dimahkotai di kursi penobatan bersejarah berusia 727 tahun, yang memiliki batu takdir di bawahnya.

12. Dame Emma Thompson bergaya di depan kamera

Salah satu tamu yang datang amat awal di Westminster Abbey adalah aktris Emma Thompson, yang mengacungkan jempol ke kamera, dan secara umum tampak senang berada di sana. Dia dijadikan Dame pada tahun 2018 oleh Ratu Elizabeth.

13. Protes di Trafalgar Square

Republik, sebuah kelompok anti-monarki, mengorganisir protes penobatan, dengan orang-orang memegang tanda kuning cerah bertuliskan "Bukan Rajaku" dan "Negara Ini Milik Kita!" Beberapa pengunjuk rasa ditangkap pada saat itu.

 

 


14. Penny Mordaunt memiliki momen penting

Ketua House of Commons Parlemen Inggris, Penny Mordaunt, mempersembahkan pedang ke Raja Charles III dalam proses penobatannya di Westminster Abbey, London 6 Mei 2023 (Pool Photo)
Ketua House of Commons Parlemen Inggris, Penny Mordaunt, mempersembahkan pedang ke Raja Charles III dalam proses penobatannya di Westminster Abbey, London 6 Mei 2023 (Pool Photo)

Salah satu bintang penobatan terbesar adalah Penny Mordaunt, yang saat ini menjabat sebagai Lord President of Privy Council, yang membawa Sword of State. Menjelang acara, katanya, itu adalah "pedang terberat, jadi saya telah melakukan beberapa push-up untuk melatih tangan saya."

15. Momen balkon pertama Raja Charles sebagai raja

Setelah kebaktian, Raja Charles dan Ratu Camilla muncul dengan mahkota mereka di balkon Istana Buckingham, di samping pengiring mereka.

Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya