Bukan Soulmate, Kenali Twin Flame dalam Hubungan dan Ciri-Ciri Anda Sudah Menemukannya

Sudah pernah mendengar istilah twin flame? Tahukah apa arti dari istilah tersebut? Untuk mengetahui artinya simak ulasan berikut ini.

oleh Bella Zoditama diperbarui 30 Jun 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 18:04 WIB
Bukan Soulmate, Kenali Twin Flame dalam Hubungan dan Ciri-Ciri Anda Sudah Menemukannya
Bukan Soulmate, Kenali Twin Flame dalam Hubungan dan Ciri-Ciri Anda Sudah Menemukannya - Credit: pexels.com/Carge

Liputan6.com, Jakarta - Serupa tapi tidak sama. Mungkin ini yang menggambarkan soulmate dengan twin flame. Dibandingkan soulmate, istilah twin flame mungkin lebih jarang Anda dengar, ya. Terlebih banyak juga yang menganggap kalau twin flame sama dengan belahan jiwa yang romantis. Padahal, keduanya memiliki makna yang berbeda.

Entah Anda merasakannya atau tidak, tapi setiap hubungan yang kita jalani bersama orang lain, memiliki sesuatu untuk diajarkan kepada kita — dan twin flame sering dianggap sebagai yang paling banyak mengajari kita.

Maka, jika Anda sudah bertemu dengan twin flame Anda, beberapa orang akan menganggap sebagai perjumpaan jiwa paling kuat yang dapat dialami seseorang.

Wah, jadi kira-kira apa itu twin flame? Dan apa saja, ya, tanda-tandanya? Dilansir dari Mind Body Green, Rabu (28/6/2023), yuk, kenali lebih dalam mengenai twin flame.

Seperti bagaimana cara mengetahui kapan Anda menemukan twin flame Anda, serta mengetahui apakah Anda dan twin flame Anda ditakdirkan untuk bersama.

Apa Itu Twin Flame?

Sebelum beranjak lebih jauh, tentu Anda perlu mengetahui makna twin flame itu sendiri. Istilah ini merupakan sebuah hubungan jiwa yang intens dengan orang yang dianggap sebagai belahan jiwa seseorang.

Terkadang disebut "mirror soul" atau cerminan jiwa. Ini didasarkan pada gagasan bahwa twin flame berasal dari satu jiwa yang terbelah menjadi dua tubuh. 

Beberapa orang mungkin menganggap twin flame sebagai bagian dari soulmate, padahal tidak. Perbedaan terbesar antara twin flame dan soulmate adalah bahwa twin flame merupakan dua bagian dari jiwa yang sama secara keseluruhan sama.

Sementara soulmate dapat dianggap sebagai seseorang yang dipertemukan dengan Anda, seperti hubungan yang romantis. Di mana timbul keakraban yang mendalam, dan Anda merasa sangat dekat, tetapi Anda bukanlah jiwa yang sama. Biasanya soulmate akan berakhir sebagai pasangan, sementara twin flame tidak harus seperti itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanda Anda Telah Menemukan Twin Flame

Ilustrasi Pasangan Bahagia
Sejumlah alasan mengapa pasangan bahagia tidak mengumbar kemesraan. (Foto: Unsplash)

Bagaimana kita tahu apakah sudah menemukan twin flame atau belum? Setidaknya ada beberapa tanda menunjukkan hubungan twin flame, di antaranya:

1. Merasa punya ikatan yang kuat

Ketika Anda sudah menemukan twin flame, Anda seperti mempunyai ikatan yang kuat saat melihatnya untuk pertama kali.

Babita Spinelli, seorang psikoterapis berlisensi mengatakan akan ada rasa ketertarikan, pengakuan, dan kerinduan yang kuat. "Bertemu dengan twin flame sering kali terasa seperti rumah," ujarnya. "Kalian merasa akrab—ikatan kuat yang tidak terbantahkan seolah-olah Anda pernah mengenal mereka sebelumnya."

2. Seperti melihat diri sendiri

Karena kalian berdua merupakan mirror soul, jadi saat bertemu kalian mungkin akan menemukan banyak kesamaan, seperti pengalaman masa lalu, minat, dan nilai yang dianut. Saat bertukar pikiran, kalian berdua akan menemukan bahwa kisah masa lalu kalian memiliki banyak kebetulan dan pengalaman serupa.

3. Terasa seperti gaya magnetis

Dari saat kalian bertemu hingga hari ini, Anda selalu merasa tertarik secara fisik dan pikiran. Baik saat mereka berada di dekat Anda ataupun saat berpisah. Sama seperti gaya magnet yang tarik-menarik, seolah-olah energi mereka selalu bersama Anda dan ingin merasa lebih dekat.


4. Selalu menemukan cara untuk kembali

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia. (Photo by Andres Molina on Unsplash)

Bagian dari hubungan twin flame adalah tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mungkin akan ada momen di mana salah satu dari kalian akan pergi, tapi pada akhirnya kalian akan dipertemukan kembali.

Anda akan menemukan bahwa ada hal-hal yang akan terus menyatukan kalian secara acak. Entah berbulan-bulan, bertahun-tahun, hingga puluhan tahun sekalipun, Anda akan selalu menemukan jalan kembali kepada satu sama lain.

5. Merasa terkoneksi satu sama lain

Anda dan twin flame Anda kemungkinan besar dapat berkomunikasi hanya dengan pandangan sekilas. Termasuk selalu tahu apa yang dipikirkan olehnya. Anda bahkan mungkin dapat merasakan emosi atau gejala satu sama lain yang mungkin tidak bisa dijelaskan secara kata-kata.

6. Mendorong menjadi seseorang yang lebih baik

Karena twin flame bertindak bagaikan cermin, ia akan meminta Anda untuk berbuat baik. Entah menjadi seseorang yang lebih baik atau melakukan hal-hal yang terpuji. Tujuan kalian berdua begitu selaras dengan cara untuk mendorong ke tingkat yang lebih tinggi.


8 Tahapan Hubungan Twin Flame

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia. (Image by cookie_studio on Freepik)

Tahapan suatu hubunganm bisa berbeda-beda ketika membicarakan tentang twin flame Anda. Semua ini juga tergantung pada orang yang terlibat. Menurut Spinelli, ada delapan tahapan yang umum dialami, seperti:

Tahap 1: Yearning (Kerinduan)

Sebelum Anda berdua bertemu, Anda akan menyadari bahwa separuh lainnya ada di luar sana dan sedang menunggu Anda. Di sini, Anda merasakan kerinduan yang cukup mendalam, termasuk dalam batin. Fase pertama menjadi cara untuk mempersiapkan Anda bertemu dengan kembaran jiwa.

Tahap 2: Meeting (Pertemuan)

Setelah kalian bertemu, dunia Anda akan terasa diguncang. Bersiaplah untuk jatuh cinta dengan cepat. Ketika Anda bertemu, itu adalah ketertarikan instan yang menggila.

Bahkan, Anda mungkin tidak bisa melepaskan tangan satu sama lain dan memikirkan serta ingin menghabiskan banyak waktu dengan satu sama lain terus-menerus.

Tahap 3: Honeymoon phase (Fase bulan madu)

Sama seperti hubungan pada umumnya, twin flame juga mengalami fase bulan madu! Pada fase ini hubungan yang baru terjalin, terasa begitu bermakna dan positif. Lamanya fase ini tergantung pada kalian berdua, sebelum ada tantangan yang muncul.

Tahap 4: Challenges emerge (Tantangan muncul)

Cepat atau lambat, permasalahan akibat banyaknya perbedaan dapat muncul dalam hubungan ini. Seringkali, tantangan ini merupakan cerminan dari pekerjaan jiwa yang harus Anda berdua lakukan. Ini seringkali bukan tentang memperbaiki hubungan tetapi lebih kepada memperbaiki diri sendiri.


Tahap 5: The test (Ujian)

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia. (Photo by Derek Randolph/Pexels)

Cintamu akan diuji, ketika Anda sudah mulai menyelam jauh ke dalam sisi bayangan Anda yang dilihat dari pasangan. Jadi, semua rasa tidak aman dan ketidaknyamanan mungkin saja muncul, sehingga Anda akan mempertanyakan diri sendiri dan satu sama lain.

Pada fase ini, Anda bisa jadi menghindari pasangan atau sebaliknya. Tidak jarang hubungan bisa kandas di tengah jalan, tapi saat inilah keterikatan akan muncul.

Tahap 6: The chase (Pengejaran)

Pengejaran, juga disebut pemisahan twin flame, adalah bagian besar dari banyak hubungan twin flame. Di mana akan ada yang selalu menjauh. Memang hubungan antar twin flame memiliki banyak tarik-ulur.

Bagian dari fase ini adalah bisa menjadi pembelajaran bagi setiap orang, atau malah berujung perpisahan.

Tahap 7: The surrender (Penyerahan diri)

Pengejaran bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Akan tetapi, jika kalian berhasil mengatasi semua masalah, rasa tidak aman, dan tantangan yang menyertai, pada akhirnya Anda dan dirinya mungkin akan kembali bersama.

Ini adalah penyerahan diri ke dalam hubungan dan gambaran besar untuk kalian berdua. Di momen ini, Anda atau pasangan dapat menerima dan membiarkan orang lain menjadi diri sendiri serta menerima semua kekurangannya. 

Tahap 8: Coming home (Kembali bersama)

Akhirnya setelah semua tahapan dilewati, Anda akan menerima takdir bersamanya. Hidup Anda dimulai kembali dan akan ada lebih banyak empati dan pengertian dalam hubungan. Pada tahap ini, kalian akan saling mendukung dan terus mendampingi satu sama lain.

Infografis LRT Jabodebek
Infografis LRT Jabodebek (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya