5 Tanda Anda dan Pasangan Tidak Ditakdirkan untuk Bersama

Terkadang, menemukan “orang yang tepat” membutuhkan penelusuran melalui hubungan yang tidak seharusnya terjadi. Berikut beberapa tanda bahwa seseorang mungkin bukan orang yang tepat untukmu.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 13 Des 2023, 17:04 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 17:04 WIB
5 Tanda Anda dan Pasangan Tidak Ditakdirkan untuk Bersama
5 Tanda Anda dan Pasangan Tidak Ditakdirkan untuk Bersama (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun cinta adalah kekuatan yang indah dan kuat, cinta tidak selalu membawa kebahagiaan abadi. Terkadang, menemukan “orang yang tepat” membutuhkan penelusuran melalui hubungan yang tidak seharusnya terjadi.

Menyadari tanda bahayanya, tanda-tanda halus namun tak terbantahkan yang menunjukkan ketidakcocokan itu penting untuk menyelamatkan dirimu dari patah hati dan kekecewaan.

Berikut beberapa tanda bahwa seseorang mungkin bukan orang yang tepat untukmu, seperti melansir dari Times of India, Rabu (13/12/2023).

1. Kritik dan sikap negatif yang terus-menerus

Hubungan yang sehat tumbuh subur atas dasar saling menghormati dan menghargai. Ketika pasanganmu terus-menerus mengkritikmu, meremehkan pencapaianmu, atau membuatmu merasa tidak mampu, itu adalah tanda bahwa sikap negatifnya akan lebih besar daripada sikap positifnya dalam jangka panjang.

Perilaku seperti itu mengikis harga diri dan menciptakan suasana keraguan dan hal-hal negatif, yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan pribadimu dan menghambat potensi hubungan. 

2. Nilai dan tujuan yang tidak sesuai 

Meskipun kompromi merupakan hal yang penting dalam hubungan apa pun, perbedaan mendasar dalam nilai-nilai inti dan tujuan bisa menciptakan rintangan yang tidak bisa diatasi. 

Jika aspirasi dan prioritas pasanganmu berbenturan denganmu, itu pertanda bahwa jalanmu berbeda secara signifikan di masa depan.

Perbedaan pendapat memang tidak bisa dihindari, namun jika hal tersebut berasal dari nilai-nilai dan tujuan yang tidak sesuai, hal tersebut bisa menjadi pertengkaran berulang yang membuat kedua pasangan merasa frustasi dan tidak puas, sehingga membuatmu semakin membencinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kurangnya kepercayaan dan komunikasi

Ilustrasi pasangan hidup, cinta, romantis
Ilustrasi pasangan Ilustrasi pasangan hidup, cinta, romantis. (Photo by Joe Yates on Unsplash)

 

Kepercayaan dan komunikasi terbuka adalah landasan hubungan yang kuat dan langgeng. Jika pasanganmu menunjukkan perilaku cemburu, menyimpan rahasia, atau menghindari komunikasi terbuka, ini menandakan kurangnya kepercayaan dan transparansi. 

Lingkungan seperti ini menimbulkan kecurigaan dan kebencian, sehingga sulit untuk membangun hubungan yang aman dan memuaskan. 

4. Manipulasi dan kontrol emosi

Hubungan yang sehat seharusnya memberdayakanmu untuk tumbuh menjadi diri sejatimu. Jika pasanganmu memanipulasimu secara emosional, mencoba mengendalikan keputusanmu, atau meremehkan individualitasmu, itu adalah tanda bahaya yang memerlukan introspeksi serius.

Perilaku mengendalikan seperti itu bisa menguras emosi dan merugikan kesehatan mental dan emosionalmu. 

 


5. Kurangnya dukungan

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Hubungan yang memuaskan menumbuhkan pertumbuhan pribadi dan saling mendukung. Jika pasanganmu mengecilkan ambisimu, gagal merayakan pencapaianmu, atau tidak memberikan dukungan selama masa-masa sulit, ini menandakan kurangnya investasi yang tulus terhadap kesejahteraan dan masa depanmu. 

Walaupun berbeda pendapat adalah hal yang normal, kurangnya dukungan dan dorongan bisa menghambat pertumbuhan pribadimu dan membuatmu merasa terisolasi secara emosional.

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini tidak dimaksudkan sebagai pernyataan pasti tentang nasib hubunganmu. Namun, mengenali tanda bahaya ini bisa menjadi alat yang berharga untuk kesadaran diri dan introspeksi. 

Jika Anda mendapatkan dirimu terus-menerus mengalami pola-pola negatif ini dalam hubunganmu, penting untuk melakukan percakapan yang jujur dan terbuka dengan pasanganmu dan menilai apakah ada peluang untuk perubahan dan perbaikan sejati.

  

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya