Sudah Ditunggu Para Fans, 8 Idol K-Pop yang Akan Kembali dari Wajib Militer di 2024

Cek tanggal comeback para idola K-pop yang sangat dinanti-nantikan kembalinya mereka dari wajib militer pada tahun 2024. Siapa saja mereka?

oleh Bella Zoditama diperbarui 18 Des 2023, 20:05 WIB
Diterbitkan 18 Des 2023, 20:05 WIB
Jin BTS Unggah Foto Diapit Jimin dan J-Hope, Raih Lebih dari 1 Juta Likes dalam 30 Menit
Jin BTS berfoto bersama dengan Jimin dan J-Hope. (dok. Instagram @jin/https://www.instagram.com/p/CpW0CpzhZyS/?hl=en/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pencinta K-pop, khususnya boy group pastinya Anda sangat deg-degan saat salah satu idola mengumumkan tanggal keberangkatan wajib militer atau wamil mereka. Sebab, bagi mereka yang akan berangkat untuk menjalani wamil, maka akan berhenti sementara waktu dari aktivitas mereka sebagai idol.

Selain itu, tahun-tahun berikutnya menjadi masa yang penuh tantangan bagi para penggemar. Salah satunya karena mereka sangat menantikan kembalinya idol Kpop favorit mereka setelah absen kurang lebih satu setengah tahun. Untungnya, tahun depan kalian bisa bernapas sedikit lega.

Hal ini dikarenakan, beberapa idol pria favorit mereka diperkirakan akan kembali dari wajib militer Korea Selatan. Jin, anggota tertua BTS, yang mendaftar militer pada tahun 2022, dan beberapa anggota GOT7 lainnya, termasuk Jinyoung dan Jay B, termasuk di antara mereka.

Seperti yang sudah kami rangkum dari Hindustan Times, Kamis (14/12/2023), cek daftar idol yang diperkirakan akan melakukan comeback yang sangat ditunggu-tunggu. Ada idol favorit Anda tidak, ya?

1. Jin BTS

Idol pertama yang disebut ini memiliki julukan sebagai Worldwide Handsome. Ya, siapa lagi kalau bukan Kim Seokjin atau yang dikenal juga sebagai Jin BTS. Memulai wajib militernya pada 13 Desember 2022 kemarin, para penggemar tentunya sangat menantikan dia kembali, yang diperkirakan pada 12 Juni 2024 mendatang.

Apalagi dengan hanya satu single digital, Astronaut, yang dirilis sebelum keberangkatannya, Jin kemungkinan besar akan memulai karier solo setelah dia kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. J-Hope BTS

J-Hope Akhirnya Potong Rambut Cepak, Siap Pergi Wamil Ikuti Jejak Jin BTS
J-Hope BTS memotong cepak rambutnya. (dok. Instagram @uarmyhope/https://www.instagram.com/p/CrI-ayDJI4o/Dinny Mutiah)

Anggota BTS berikutnya yang dijadwalkan kembali dari wajib militer adalah Jung Hoseok atau dikenal sebagai J-Hope. Setelah mendaftar wajib militer pada 17 April 2023, penggemar dapat menantikan keluarnya dia pada 17 Oktober 2024. Penggemar menantikan tur dunia dari pelantun Arson tersebut.

3. Jay B GOT7

Selanjutnya, ada Lim Jae Beom, yang dikenal sebagai Jay B. Sebagai salah satu anggota G0T7, dia memasuki dinas militer pada 2 Februari 2023. Kemudian dia sendiri akan diperkirakan akan menyelesaikan tugasnya dari wajib militer dan kembali ke rumah pada minggu pertama November 2024.

4. Jinyoung GOT7

Ahgases, para penggemar setia GOT7, tidak hanya menantikan Jay B tetapi juga Jinyoung, yang memasuki wajib militer pada 8 Mei 2023. Jinyoung diperkirakan akan menyelesaikan tugasnya dan selesai wajib militer pada 4 November 2024.


5. Wonho

Wonho comeback dalam Bittersweet. (Highline Entertainment via Soompi)
Wonho comeback dalam Bittersweet. (Highline Entertainment via Soompi)

Lee Ho Seok, yang juga dikenal sebagai Wonho serta mantan anggota dari boy group Monsta X, sudah memulai wajib militernya pada 5 Desember 2022. Dia dijadwalkan menyelesaikan tugasnya tersebut dan akan keluar pada 4 September 2024 nanti.

6. Seungyoon dan Mino WINNER

Selanjutnya ada dua anggota Winner yang menjalani wajib militer hampir di tahun yang sama. Pertama ada Mino yang bergabung dengan wajib militer terlebih dulu pada 24 Maret 2023. Lalu, dia sendiri akan dijadwalkan menyelesaikan wajib militernya pada 22 September 2024. 

Selang beberapa bulan, tepatnya 20 Juni 2023, Seungyoon menyusul. Para penggemar menantikan kembalinya dia ke dunia musik dan diharapkan pada 20 Desember 2024. Siapa yang sudah tidak sabar menunggu mereka comeback bersama grup?


7. Minhyuk MONSTA X

Minhyuk MONSTA X
Minhyuk MONSTA X (Foto: AllKpop)

Minhyuk, vokalis, visual, dan wajah grup Monsta X, bergabung dengan wajib militer mulai tanggal 4 April 2023. Para penggemar dapat menantikan kembalinya dia karena ia dijadwalkan akan selesai wajib militer pada tanggal 3 Oktober 2024.

8. Jaeyoon SF9

Sudah menjalankan tugas wajib militernya mulai tanggal 21 Maret 2023, Jaeyoon SPF9 mendaftarkan wajib militer dengan tujuan menjalani seluruh masa jabatannya. Dia direncanakan dibebastugaskan pada 19 September 2024. Hal ini tentunya membuat para penggemar dengan senang hati menyambut kembalinya Jaeyoon sebagai idol Kpop.

Wah, tidak menyangka ya, ternyata ada beberapa idol yang akan kembali dari wajib militer di tahun 2024. Kita doakan saja semoga semuanya berjalan lancar dan mereka bisa segera kembali memulai aktivitas kembali dan tetap sukses ke depannya. 

Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah
Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya