Ladies Wajib Waspada, Ini 5 Tanda Pasangan Anda Rentan Berselingkuh

Berikut ini deretan tanda yang menunjukkan bahwa pasangan Anda mungkin rentan untuk berselingkuh menurut pakar.

oleh Camelia diperbarui 11 Jan 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2024, 19:00 WIB
Dilarang Bermain Bersama Temanmu
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Lebih mementingkan penampilan fisik secara tiba-tiba, mengirim pesan rahasia, ini semua adalah tanda-tanda pasangan berselingkuh. Namun menurut Charlynn Ruan, seorang psikolog klinis dan pendiri Thrive Psychology Group, sangat mudah untuk mengabaikan tanda-tanda bahaya yang lebih halus.

Sepanjang kariernya, Ruan telah memperlakukan orang yang selingkuh dan orang yang pernah diselingkuhi, memberinya wawasan unik tentang apa yang mendorong perilaku ini. Dia pun membagikan lima tanda seseorang akan selingkuh, dilansir dari Best Life Online, berikut ulasannya.

1. Mereka jarang terbuka kepada Anda

Jika pasangan Anda secara teratur mengungkapkan apa yang dia butuhkan dan inginkan dari Anda agar dia merasa bahagia dan puas dalam hubungan Anda, itu pertanda baik bahwa dia berkomitmen untuk mewujudkannya. Namun menurut Ruan, orang yang rentan berselingkuh sering kali menutupi masalah mendasar yang mereka hadapi, sehingga menyulitkan Anda untuk mendeteksi bahwa ada sesuatu yang salah.

Jadi, kapan terakhir kali pasangan Anda mengungkapkan sesuatu yang ia takuti, meminta bantuan, memberi tahu Anda bahwa Anda menyakitinya, atau menunjukkan tingkat kerentanannya? Jika Anda tidak dapat mengingatnya, mungkin ini saatnya mencari tahu mengapa pasangan Anda menyembunyikan sebagian dirinya. Jika dia merasa tidak aman untuk berbagi perasaan tertentu dengan Anda, dia mungkin mengatasi ketidak bahagiaannya dengan berselingkuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mereka membutuhkan banyak validasi dari luar

Mudah terjadi Perselingkuhan
Ilustrasi perselingkuhan. Credit: pexels.com/pixabay

Pola mencari validasi dari orang lain misalnya, dengan terus-menerus memposting foto selfie seksi atau memancing pujian dari teman bersama dapat menunjukkan masalah harga diri, kata Ruan.

Yang lebih buruk lagi, Ruan mencatat bahwa hal ini dapat membuat mereka lebih cenderung berbuat curang. Itu karena jika mereka tidak percaya diri, mereka mungkin mencarinya dengan mencari pasangan lain yang membuat mereka merasa menarik dan diinginkan.

Tentu saja, hal ini tidak berarti bahwa setiap orang yang memiliki harga diri rendah akan berselingkuh tetapi hal ini merupakan faktor risiko yang harus diwaspadai.


3. Mereka merasa tidak cukup baik untuk Anda

Adanya Orang Ketiga
Ilustrasi Perselingkuhan Credit: pexels.com/pixabay

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, Ruan mengatakan orang sering selingkuh ketika mereka merasa tidak memenuhi apa yang dibutuhkan, pantas, atau diinginkan pasangannya.

Sekali lagi, ini kembali ke masalah harga diri. Jika mereka tidak pernah merasa dirinya cukup baik, kemungkinan besar mereka akan berselingkuh dengan seseorang yang mereka rasa setingkat dengan mereka yang dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Pada titik tertentu baik dalam film, majalah gosip selebriti, atau dalam kehidupan nyata Anda mungkin pernah menemukan kiasan lama tentang orang yang selingkuh dengan asistennya. Ruan mengatakan hal ini biasanya terjadi ketika orang tersebut merasa tidak mampu menandingi pasangannya. Berselingkuh dengan seseorang yang bekerja pada mereka adalah permainan yang bisa membuat mereka merasa berkuasa.

Idealnya, menurut Ruan, Anda dan pasangan harus merasa telah menemukan seseorang yang menginspirasi Anda untuk menjadi diri terbaik, namun juga merasa sangat aman dengan nilai yang Anda bawa ke dalam hubungan.


4. Mereka terlalu menyenangkan

Memulai Perselingkuhan
Ilustrasi Pertengkaran Hubungan Credit: pexels.com/pixabay

Senang rasanya memiliki pasangan yang nilai dan pendapatnya sebagian besar sejalan dengan Anda. Namun, perhatikan jika mereka tampak terlalu menyenangkan misalnya, mereka tidak pernah mengungkapkan sudut pandang yang berbeda atau menantang Anda dengan cara apapun.

“Seseorang yang tidak dapat berbicara atau memiliki perselisihan konstruktif dalam suatu hubungan mungkin tumbuh dalam lingkungan di mana mereka belajar menyembunyikan kebutuhan, keinginan, dan tindakan mereka,” kata Ruan kepada Best Life.

"Orang-orang ini jauh lebih baik dalam menyembunyikan sesuatu dan lebih cenderung berpindah dari satu hubungan ke hubungan lain setiap kali masa bulan madu berakhir dan mereka perlu berkomunikasi secara terbuka dan jujur ​​dengan pasangannya."


5. Mereka memiliki batasan yang buruk

Pelakor
Ilustrasi perselingkuhan. Credit: pexels.com/pixabay

Menetapkan batasan sangat penting dalam hubungan apapun, karena batasan tersebut menunjukkan kepada orang lain perilaku apa yang akan dan tidak akan Anda terima. Jadi, jika pasangan Anda kesulitan menetapkan batasan atau menjaga hubungan dengan orang yang tidak memiliki batasan atau tidak sering menghormatinya, itu bisa menjadi masalah yang mencolok, kata Ruan.

Misalnya, tetap berteman dengan mantan tidak selalu menjadi masalah. Namun, batasan akan menjadi kunci dalam hubungan semacam ini. Jika mantan pasangan Anda sering bertindak tidak pantas misalnya, dengan berbagi postingan genit di media sosial dengan pasangan Anda atau terus-menerus mengungkit kenangan positif dari riwayat kencannya dan pasangan Anda tidak mengatakan apapun tentang hal itu, itu adalah tanda bahaya bahwa ia mungkin rentan untuk berselingkuh.

Ini menunjukkan bahwa pasangan Anda membiarkan batasan tersebut menjadi terlalu kabur dan dia tidak bersedia melakukan apapun untuk melindungi hubungan Anda dari risiko luar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya