10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024

Memakai sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Berikut rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi, yuk simak!

oleh Linda Dwi Nofiani diperbarui 13 Mei 2024, 22:36 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2024, 22:12 WIB
SKINTIFIC All Day Light Sunscreen Mist
Cek di sini solusi untuk cegah makeup geser saat reapply sunscreen. (Foto: Instagram/ Skintific)

Liputan6.com, Jakarta Keindahan kulit yang sehat dan terlindungi dari bahaya sinar matahari adalah tujuan utama perawatan kulit bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit kombinasi. 

Dengan berbagai masalah seperti kelebihan minyak di zona T dan kekeringan di area lainnya, pemilihan sunscreen yang tepat menjadi hal penting dalam merawat menjaga keseimbangan kulit. 

Ketika memilih sunscreen untuk kulit kombinasi, faktor kunci yang dipertimbangkan termasuk kandungan non-komedogenik yang dapat mencegah penyumbatan pori-pori serta kemampuan untuk mengontrol kelebihan minyak tanpa mengurangi kelembaban kulit.

Agar tidak salah pilih, simak dan ikuti 10 rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi di bawah ini, yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Senin (13/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Wardah UV Shield Essential Gel Sunscreen Serum SPF 35 PA+++

Sunscreen Wardah UV Shield Essential Gel Serum
Sunscreen Wardah UV Shield Essential Gel Serum (shopee/wardah official shop)

Wardah UV Shield Essential Sunscreen merupakan pilihan yang ideal untuk penggunaan sehari-hari. Kemasannya yang praktis membuatnya mudah dibawa kemanapun. Selain itu, formula terbaru dari sunscreen Wardah ini diklaim lebih efektif dalam melindungi kulit wajah.

Diperkaya dengan vitamin B3, kandungannya mampu mengurangi efek kusam yang disebabkan oleh paparan blue light. Tidak hanya itu, produk ini juga efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini dan melawan kemunculan bintik hitam di wajah. Sehingga, meskipun sering beraktivitas di luar ruangan, kulit wajah tetap terlindungi dan sehat. Untuk harganya sekitar Rp37.000.


2. Skintific All Day Light Sunscreen Mist SPF 50 PA++++

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024
Skintific All Day Light Sunscreen Mist SPF 50 PA++++ (Sumber skintific.id).

Dengan formula yang ringan dan aplikasi yang praktis, produk ini dapat melindungi wajah dari sinar matahari menjadi lebih mudah. Penggunaannya hanya menyemprotkan ke seluruh wajah tanpa harus repot-repot mengoleskan krim. 

Sunscreen ini sangat praktis untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan atau sedang melakukan perjalanan. Sunscreen dari Skintific ini tersedia dengan harga sekitar Rp159.000.


3. Facetology Triple Care Sunscreen

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit, Edisi Terbaru 2024
Facetology Triple Care Sunscreen (Sumber blibli.com/jamicastore).

Kulit yang kering dapat dikenali dari rasa kaku dan tertariknya serta kemunculan garis-garis halus yang lebih jelas di wajah. Jika merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, bisa mencoba menggunakan sunscreen yang dapat membantu mengurangi penampilan garis-garis halus di wajah.

Sunscreen Facetology ini mengandung tranexamic acid yang dapat mengurangi kerutan halus di wajah sekaligus memberikan kelembaban pada kulit. Diperkaya dengan niacinamide, sunscreen ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya terasa lebih kenyal. Untuk harganya sekitar Rp79.000.


4. Npure Cica Beat The Sun Matte

10 Rekomendasi Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berjerawat Edisi Terbaru 2024
NPURE Cica Beat The Sun (Sumber Instagram: @npureofficial).

Dengan bahan yang lembut dan aman, Npure Cica Beat The Sun Matte cocok digunakan oleh semua anggota keluarga, termasuk anak-anak yang berusia 3 tahun ke atas. 

Sunscreen ini memiliki SPF50+ dan PA++, memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB sehingga dapat beraktivitas di luar ruangan dengan tenang tanpa khawatir terbakar oleh sinar UV.

Kandungan aktif berkualitas tinggi seperti ekstrak Centella asiatica memberikan efek menenangkan pada kulit. Produk ini juga diklaim sebagai hypoallergenic, non-acnegenic, dan telah diuji secara dermatologis. Produk ini memiliki harga sekitar Rp141.000.


5. The Originote Niaceramide Sunscreen Mist SPF 50 PA++++

10 Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik dengan Kandungan Niacinamide Edisi 2024
The Originote Niaceramide Sunscreen Mist SPF 50 PA++++ (Sumber theoriginote.id).

Dengan formula inovatif yang menggabungkan perlindungan tinggi SPF 50 dan PA++++ serta niacinamide, produk ini tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi juga membantu mengontrol produksi minyak berlebih, menyamarkan noda, dan meningkatkan kelembaban kulit.

Aplikasinya pun sangat mudah, cukup semprotkan produk ini pada kulit, bahkan bisa digunakan di atas makeup. Dengan jaminan kulit yang lebih lembut, segar, dan dilindungi sepanjang hari, sunscreen ini akan menjaga kesehatan kulit. Sunscreen ini tersedia dengan harga sekitar Rp75.000.


6. Labore BiomeProtect Physical Sunscreen

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024
Labore BiomeProtect Physical Sunscreen (Sumber tokopedia.com/tokoanugerahonline).

Dengan perlindungan spektrum luas dan teknologi mikrobiom, sunscreen ini layak dipertimbangkan, karena formulanya memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar UVA, UVB, dan bahkan cahaya biru. Selain itu, produk ini juga diklaim dapat menjaga keseimbangan mikroba alami kulit.

Sebagai sunscreen fisik, produk ini menggunakan campuran zinc oxide dan titanium oxide. Gabungan ini memberikan perlindungan optimal tanpa meninggalkan residu kimia yang dapat mengiritasi kulit. Selain sesuai untuk kulit kombinasi, sunscreen ini juga dianggap aman untuk kulit sensitif. Untuk harganya sekitar Rp64.000.


7. Innisfree Intensive Long Lasting Sunscreen EX

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024
Innisfree Intensive Long Lasting Sunscreen EX (Sumber innisfree.com).

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Jika kulit cenderung berminyak atau kombinasi, pertimbangkanlah menggunakan sunblock waterproof dari Innisfree untuk melindungi kulit wajah dan tubuh. 

Selain melindungi dari sinar UV, produk sunscreen Korea ini juga memiliki kemampuan menenangkan dan menghidrasi kulit yang mungkin mengelupas. Sunblock ini dirancang khusus untuk kulit berminyak dan kombinasi, memberikan hasil akhir matte dan membantu mengontrol produksi sebum. Keunggulan formula tahan airnya juga membuatnya cocok digunakan saat berenang. Produk ini tersedia dengan harga sekitar Rp267.000.


8. Rose All Day Don't Forget Sunscreen Stick

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024
Rose All Day Don't Forget Sunscreen Stick (Sumber roseallday.co.id).

Sunscreen ini tidak hanya melindungi dari sinar UV dengan SPF 50 dan PA++++, tapi juga berfungsi sebagai primer yang dapat menyamarkan pori-pori besar kulit. 

Kelebihan lainnya, teksturnya lembut tanpa ada rasa berminyak atau lengket, dan tidak meninggalkan white cast. Dilengkapi dengan uji dermatologi untuk semua jenis kulit, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk perlindungan kulit. Sunsreen ini memiliki harga Rp139.000.


9. Moriganic Sunscreen UV Watery Sun Cream

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kombinasi Edisi Terbaru 2024
Moriganic Sunscreen UV Watery Sun Cream (Sumber instagram.com/moriganic).

Jika sedang mencari sunscreen hibrida, maka produk dari Moriganic bisa menjadi pilihan yang tepat. Sunscreen ini mengandung licorice untuk membantu mencerahkan kulit, serta DNA salmon yang diyakini dapat memberikan kelembaban ekstra dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Formula dengan SPF 50 dan PA++++ ini memiliki tekstur yang ringan, tidak berminyak, dan tidak meninggalkan lapisan putih pada kulit. Selain itu, produk ini tidak mengandung fragrance, paraben, atau silikon, menjadikannya cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun. Aplikasinya pun cepat menyerap, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Untuk harganya sekitar Rp99.000.


10. Hyalu-Cica Water-Fit Sun Serum SPF 50+ PA++++

10 Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik dengan Kandungan Niacinamide Edisi 2024
Hyalu-Cica Water-Fit Sun Serum SPF 50+ PA++++ (Sumber pinterest).

Produk sunscreen dari SKIN1004 ini memadukan formula hyalu-cica untuk menjaga kelembaban kulit sepanjang hari sekaligus memberikan perawatan yang optimal.

Salah satu keunggulan lainnya adalah tekstur sunscreen ini ringan sehingga nyaman digunakan sepanjang hari. Tidak hanya itu, hasil akhirnya juga tidak meninggalkan lapisan putih dan tidak lengket di kulit. Produk ini juga dijamin aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Sunscreen ini memiliki harga sekitar Rp220.000.


Jenis Kulit Kombinasi Itu seperti Apa?

Kulit kombinasi sering menunjukkan gejala seperti ini: Area T-zone sering berminyak sementara pipi terasa kering, dan pori-pori pada T-zone cenderung lebih besar.


Apakah Kulit Kombinasi Perlu Moisturizer?

Penggunaan pelembab merupakan langkah penting dalam menjaga kelembaban serta menghidrasi kulit. Untuk kulit yang kombinasi, pelembab menjadi kunci untuk menjaga kelembaban pada bagian yang cenderung kering dan menjaga keseimbangan pada area yang berminyak.


Apakah Kulit Kombinasi Membutuhkan Serum?

Langkah selanjutnya dalam rangkaian perawatan kulit untuk jenis kulit kombinasi adalah penggunaan serum. Saat pagi tiba, diperlukan serum yang dapat memberikan kelembapan sekaligus perlindungan untuk kulit Anda. Oleh karena itu, pilihlah serum dengan kandungan asam hialuronat yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda sepanjang hari.


Kandungan Moisturizer Apa yang Cocok untuk Kulit Kombinasi?

Orang dengan kulit kombinasi disarankan untuk menggunakan pelembap wajah yang memiliki tekstur ringan dan berbasis air, seperti gel atau losion, agar dapat diserap dengan mudah oleh kulit. Anda bisa mencoba pelembap yang mengandung asam hialuronat, gliserin, ceramide, dan lidah buaya.


Apakah Kulit Kombinasi Bisa Berjerawat?

Pada kulit yang kombinasi, yang dapat berminyak dan rentan terhadap jerawat, produksi sebum tidak stabil. Kondisi ini umumnya terjadi di zona-T wajah, di mana kelenjar minyak paling aktif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya