Cara Unik Lupita Nyong'o Atasi Fobia Kucing Demi Perannya di A Quiet Place: Day One

Untuk mengatasi fobia demi peran di A Quiet Place: Day One, Lupita Nyong’o menjalani “terapi kucing”, yaitu berinteraksi dengan kucing dalam kenyamanan rumahnya.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Jun 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 18:03 WIB
Cara Unik Lupita Nyong'o Atasi Fobia Kucing Demi Perannya di A Quiet Place: Day One
Cara Unik Lupita Nyong'o Atasi Fobia Kucing Demi Perannya di A Quiet Place: Day One (doc: Paramount Pictures)

Liputan6.com, Jakarta Bagi Lupita Nyong’o, melawan monster yang dapat mendengar setiap gerakan seseorang bukanlah bagian tersulit dalam pembuatan film A Quiet Place: Day One.

“Saat saya membaca naskahnya, saya menyukai karakternya, dan saya menyukai cerita yang diceritakan Michael [Sarnoski] dengan film ini,” ujar Nyong’o dalam sebuah wawancara dengan Digital Spy yang diterbitkan pada Senin, 24 Juni. “Kucing, itulah poin penting bagi saya.”

Aktris ini berperan sebagai seorang wanita bernama Samira dalam prekuel A Quiet Place tahun 2018. Seperti yang disinggung dalam trailer film tersebut, kucing Samira yang menggemaskan, Frodo, berada di sisinya saat dia dan penduduk Kota New York lainnya saat invasi alien yang berbahaya dimulai.

“Saya sebenarnya mencoba membuat [Michael] mengganti hewannya,” ungkap Nyong’o. 

“Dia berkata, 'Tidak, itu pasti kucing.' Karena saya ingin memainkan peran tersebut, saya harus mengatasi rasa takut saya terhadap kucing.”

Untuk mengatasi fobianya, Lupita Nyong’o menjalani “terapi kucing”, yaitu berinteraksi dengan kucing dalam kenyamanan rumahnya. “Ini dimulai dengan dua orang, dan hari pertama, mereka membiarkan kucing-kucing itu berkeliaran di sekitar saya, dan saya bertanya kepada wanita yang membawa kucing-kucing itu pertanyaan tentang mengapa mereka melakukan hal-hal tertentu,” katanya. 

“Keesokan harinya, saya menyentuh salah satu kucing dengan satu jari dan perlahan, perlahan, saya merasa cukup nyaman untuk menggendong kucing melalui film ini.”

Selain mengatasi ketakutan kucingnya, Nyong'o mencatat bahwa memerankan karakter dalam situasi yang menakutkan adalah hal yang "melelahkan" dan "bermanfaat". A Quiet Place: Day One menandai film horor pertama sang pemenang Oscar lagi sejak Us pada tahun 2019.

“Saya benar-benar ingat ketika kami mulai membuat film ini dan ketika invasi terjadi dan kami harus bertindak ketakutan, saya seperti, 'Ya Tuhan,'” kata Nyong'o kepada outlet tersebut. 

“Saya menderita amnesia tentang berapa banyak energi yang diperlukan untuk bertindak ketakutan sepanjang hari. … Saya tidak mempelajari pelajaran saya, dan itulah mengapa saya kembali [ke genre horor.]”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengadopsi kucing di kemudian hari

Sudah Tayang di Bioskop, Sinopsis A Quite Place: Day One, Awal Mula Serangan Alien di Bumi
Sudah Tayang di Bioskop, Sinopsis A Quite Place: Day One, Awal Mula Serangan Alien di Bumi (doc: Paramount Pictures/YouTube)

Nyong'o bergabung dengan Nico dan Schnitzel, kucing yang berperan sebagai Frodo dalam film tersebut, dalam tur pers film tersebut. Dia berpose dengan salah satu hewan sambil mengenakan setelan merah muda di sesi pemotretan A Quiet Place: Day One di London bulan lalu.

Siapa sangka, dia juga menjadi ibu kucing di dunia nyata, mengumumkan melalui Instagram pada Oktober 2023 bahwa dia mengadopsi seekor kucing bernama Yoyo. 

“Saya secara historis takut pada kucing, tetapi ketika hidup saya berubah seketika baru-baru ini, sebuah suara kecil membisikkan kepada saya bahwa inilah saatnya untuk menerima perubahan dan kemungkinan-kemungkinan baru,” dia memberi judul pada foto dirinya dan teman berbulunya saat itu. 

 


Memelihara kucing membantunya keluar dari depresi

Lupita Nyong'o
De Beers mengumumkan Lupita Nyong'o sebagai Duta Global pertamanya

Sebelumnya bulan ini, Nyong'o mengungkapkan bahwa Yoyo membantunya keluar dari titik “sangat rendah” dalam hidupnya. “Saya benar-benar kesulitan mempercayai kegembiraan,” dia berbagi dalam sebuah wawancara dengan Glamour. 

“Saya nyaris terpuruk dengan depresi. Saya belum sampai di sana, tapi nyaris. Dan ada suara di kepala saya, 'Peliharalah kucing.'”

Berkat kerja samanya dengan Nico dan Schnitzel, Nyong’o memutuskan untuk mempertahankan Yoyo setelah dua hari mengasuhnya. 

“Saya kira anekdot terbaik ketika Anda merasa tidak diurus dengan baik adalah dengan mengurus sesuatu,” semburnya. “Dan aku merawat Yoyo dan dia membuka hatiku.”


Sudah Tayang di Bioskop, Sinopsis A Quiet Place: Day One, Awal Mula Serangan Alien di Bumi

Lupita Nyong'o
Lupita Nyong'o kenakan breastplate yang dibuat berdasarkan badannya sendiri. (Dok. Twitter/itgirlenergy)

Sinopsis A Quiet Place: Day One?

Alur cerita pasti dari A Quiet Place: Day One belum diumumkan, tetapi seperti yang ditunjukkan dalam trailer baru-baru ini, film ini sebagian besar berfokus pada bagaimana beberapa karakter berbeda di Kota New York merespons serangan monster di Bumi.

Quinn memberi tahu EW bahwa film ini lebih merupakan film pelarian daripada kisah bertahan hidup. “Ini lebih merupakan drama [karakter] daripada apa pun,” kata Quinn kepada publikasi tersebut. 

“Naskahnya jelas berlatar dunia yang kita tahu, tapi ini lebih merupakan film tentang dua karakter yang tersesat dan mencoba menegosiasikan nasib mereka. Ada juga beberapa karakter luar biasa lain dalam film yang ditemui Sam, tetapi sebagian besarnya adalah Eric dan Sam yang saling menerima kenyataan baru yang suram, lebih tenang, dan baru ini.”

Nyong'o menunjukkan bahwa perbedaan utama antara film baru ini dan film A Quiet Place sebelumnya adalah bahwa ini bukan tentang sebuah keluarga yang bersatu.

“Kami tidak memilikinya di film ini,” jelasnya. “Kita mempunyai individu-individu berbeda yang saling bertabrakan dalam kehidupan satu sama lain, dan ini adalah saat yang sangat penting bagi dunia. Bagaimana mereka menegosiasikan kelangsungan hidup bersama? Apa yang kami dapatkan sungguh menarik — dan bahkan mengejutkan — chemistry dalam karakter yang bertemu satu sama lain di sepanjang jalan.”

Selengkapnya...

Infografis Macam-Macam Diet
Infografis Macam-Macam Diet. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya