Rayakan Hari Anak Nasional, Kalbe Farma Berikan Edukasi Pentingnya Probiotik untuk Cegah Stunting

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menggelar perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 dengan tema “Bersatu Melawan Stunting, Wujudkan Tumbuh Kembang Anak yang Optimal Berawal dari Pencernaan Sehat” sebagai bentuk kontribusi Kalbe untuk berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia, khususnya upaya melawan stunting.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 28 Jul 2024, 12:01 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 12:01 WIB
Hari Anak Nasional Kalbe
Rayakan Hari Anak Nasional, Kalbe Farma Berikan Edukasi Pentingnya Probiotik untuk Cegah Stunting. (Liputan6.com/Adelia Septi Viranti)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menggelar perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 dengan tema “Bersatu Melawan Stunting, Wujudkan Tumbuh Kembang Anak yang Optimal Berawal dari Pencernaan Sehat”.

Perayaan Hari Anak Nasional dilakukan sebagai bentuk kontribusi Kalbe untuk berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia, khususnya upaya melawan stunting serta mendukung tumbuh kembang dan kesehatan saluran cerna.

“PT Kalbe Farma Tbk berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam hal kesehatan anak, terutama dalam program stunting. Bukan saja melalui penyediaan produk berkualitas seperti probiotik dan vitamin D3, tetapi juga dengan konsisten menyenggarakan kegiatan edukasi bagi para orang tua sehingga stunting bisa dicegah,” ujar Pharma Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk, dr. Selvinna, M.Biomed di Cocoland Pluit Village Mall, Jakarta Utara pada Sabtu (27/7/2024).

Pada tahun 2023, prevalensi stunting di Indonesia tercatat sebesar 21,5 persen, mengalami penurunan sebesar 0,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Data ini diambil dari hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Meskipun ada penurunan, angka stunting ini masih jauh dari target pemerintah, yaitu menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyak upaya yang perlu dilakukan untuk menekan angka stunting. Kalbe Farma menempatkan penurunan angka stunting sebagai salah satu fokus utama mereka dengan melakukan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan pencernaan dalam mendukung tumbuh kembang anak dengan optimal.

“Saluran cerna sebagai tempat penyerapan nutrisi anak ternyata berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan anak, menentukan masa depan anak. Apabila saluran cerna sehat, penyerapan makronutrien dan mikronutrien yang optimal, dapat memastikan anak bertumbuh dengan kecerdasan kognitif yang maksimal,” ujar Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A. dalam perayaan Hari Anak Nasional Kalbe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Probiotik untuk Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Hari Anak Nasional
Hari Anak Nasional Kalbe (Liputan6.com/Adelia Septi Viranti)

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan probiotik yang cukup, termasuk bakteri baik dalam usus.

Selain memberikan manfaat langsung pada saluran pencernaan, probiotik juga memiliki dampak positif lain bagi tubuh, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu perkembangan kesehatan otak pada anak.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Kanya, dalam peringatan Hari Anak Nasional Kalbe. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa anak pertama kali mengenal dunia sekitar bukan dengan melihat, melainkan melalui saluran cerna.

“Saat baru lahir, saluran cerna yang masih polos harus terisi dengan kuman baik atau probiotik. Selain untuk merangsang pembentukan vitamin K, juga untuk berjaga dan bertahan terhadap serangan kuman jahat di lingkungan sekitar si bayi. Fase oral pada bayi adalah fase yang paling mendebarkan untuk orang tua, di satu sisi bersemangat karena anak sedang mengenal dunia dan mempersiapkan dirinya untuk MPASI, tapi di sisi lain, khawatir bahaya diare berulang mengancam. Pada fase ini tidak ada salahnya menggunakan probiotik, untuk memastikan tentara tubuh dan kuman baik saluran cerna selalu dalam keadaan terbaik untuk berjaga-jaga melawan kuman jahat,” jelas dr. Kanya.


Pentingnya Pencernaan yang Sehat untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Hari Anak Nasional Kalbe
Hari Anak Nasional Kalbe (Liputan6.com/Adelia Septi Viranti)

Pencernaan yang sehat sangat penting untuk memastikan penyerapan nutrisi secara optimal, yang merupakan dasar bagi tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Oleh karena itu, melalui produk Liprolac, Kalbe Farma berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak di Indonesia.

“Kalbe Farma selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak-anak Indonesia, salah satunya melalui produk Liprolac yang tersedia dalam bentuk drops (Liprolac Baby) dan sachet (Liprolac Kids)."

"Liprolac dirancang khusus untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat, penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal sehingga membantu mendukung tumbuh kembang anak secara keseluruhan,” tutup Product Executive Child PT Kalbe Farma Tbk, apt. Bernadeta Pratika Yudi.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya