Punya Pasangan LDR? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng

Hubungan jarak jauh bisa berhasil dan tetap bahagia jika kamu menerapkan beberapa cara efektif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar hubungan jarak jauh tetap harmonis dan kuat

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 27 Agu 2024, 18:02 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 18:02 WIB
Punya Pasangan LDR? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng
Punya Pasangan LDR? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng - copyright unsplash.com/Daniel Silva Gaxiola

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu tengah menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) dengan pasanganmu? Bagaimana perasaanmu saat berada jauh darinya?

Rindu tentu menjadi bagian yang tak terhindarkan dalam LDR. Kamu mungkin merasa kehilangan momen-momen sederhana seperti menggenggam tangan pasangan atau berjalan bersama di taman. Selain itu, kecemasan dan rasa curiga juga sering menghampiri, karena takut pasangan berpaling.

Namun, ada kabar baik! Hubungan jarak jauh bisa berhasil dan tetap bahagia jika kamu menerapkan beberapa cara efektif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar hubungan jarak jauh tetap harmonis dan kuat, seperti melansir dari Calm, Selasa (27/8/2024).

 

1. Tetap Menjaga Komunikasi Virtual

Menjalani hubungan jarak jauh memang berarti kamu harus berpisah secara fisik dari pasangan untuk waktu yang lama. Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, menjaga komunikasi yang intens menjadi kunci utama untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Manfaatkan teknologi komunikasi virtual berupa ponsel yang dapat menjangkau komunikasimu dengan pasangan. Kamu bertukar pesan teks, panggilan telepon, atau panggilan video melalui media sosial yang ada dalam ponselmu itu. Sehingga, hubunganmu dengan pasangan tetap berjalan dengan baik.

2. Fokuslah dengan Hal Positif untuk Dirimu

Merasa sedih karena jarak yang memisahkanmu dari pasangan LDR bisa membuatmu kehilangan semangat dalam menjalani aktivitas harian. Namun, penting untuk diingat bahwa membiarkan perasaan ini berlarut-larut tidaklah sehat. Hal ini dapat mengakibatkan rasa kesepian yang berkepanjangan dan menghambat perkembangan diri.

Alih-alih terjebak dalam kesedihan, cobalah untuk mensyukuri keadaanmu. Manfaatkan waktu yang ada untuk menjalin hubungan lebih erat dengan keluarga dan teman. Ini bisa memberikan dukungan emosional dan meningkatkan kualitas hidupmu.

Selain itu, fokuskan energimu untuk mengembangkan keterampilan baru atau mencoba hal-hal baru. Ini tidak hanya akan membantu kamu merasa lebih produktif, tetapi juga memberikan kesempatan untuk pertumbuhan pribadi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Tetapkan Waktu untuk Berkomunikasi

Ilustrasi wanita LDR
Ilustrasi LDR. (Photo by freestocks on Unsplash)

Dalam hubungan jarak jauh, perbedaan waktu dan kesibukan di tempat masing-masing bisa menjadi tantangan tersendiri. Agar komunikasi tetap lancar dan hubungan tetap terjaga dengan baik, penting bagi kalian berdua untuk menetapkan jadwal komunikasi harian.

Cobalah untuk menyepakati waktu tertentu setiap hari di mana kalian bisa saling bertukar kabar. Misalnya, saat memulai hari atau setelah selesai beraktivitas, luangkan waktu untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan.

Berikan semangat satu sama lain untuk memulai hari, dan di malam hari, ceritakan pengalaman serta aktivitas yang telah dilakukan sepanjang hari.


4. Dengarkan Pasangan dan Perhatikan

Ilustrasi LDR
Ilustrasi/Copyright unsplash/Herzon Carranza

Dalam hubungan jarak jauh, kurangnya kontak fisik dan tidak bisa saling menatap mata membuatmu dan pasangan harus lebih fokus pada pemahaman perasaan dan kebutuhan satu sama lain.

Salah satu tujuan utama dari sebuah hubungan adalah merasa didengar dan dipahami. Karena itu, penting untuk bersikap terbuka dan memberikan perhatian penuh saat pasangan mengungkapkan perasaannya.

Untuk menjaga keharmonisan, coba buat aturan dasar dalam menjalin LDR. Misalnya, tetapkan frekuensi komunikasi yang nyaman bagi kalian berdua dan diskusikan tujuan bersama dalam hubungan ini. Aturan ini akan membantu mengelola ekspektasi dan mencegah kekecewaan jika komunikasi tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan.

 


5. Buat Batasan

pasangan LDR
Ilustrasi pasangan LDR sedang bertemu dan gandengan tangan/copyright unsplash.com/aranprime

Kepercayaan seringkali menjadi tantangan besar dalam hubungan jarak jauh (LDR). Perasaan overthinking dan ketakutan bahwa pasangan mungkin melakukan hal-hal yang tidak diinginkan sering menghantui.

Menghadapi situasi seperti ini, penting untuk mengendalikan emosi dan tetap tenang. Kamu dan pasangan harus berkomitmen untuk menjaga kepercayaan satu sama lain dan bersabar. Membuat batasan yang jelas di masing-masing pihak bisa membantu membangun dan mempertahankan rasa percaya.

Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan jujur mengenai harapan dan kebutuhanmu. Diskusikan apa yang diinginkan dari hubungan ini dan bagaimana kalian bisa saling mendukung.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya