Cara 12 Zodiak untuk Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu dengan Ponsel Mereka

Saatnya untuk social media detox sesuai dengan zodiakmu!

oleh Bella Zoditama diperbarui 13 Sep 2024, 11:02 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 08:03 WIB
Cara 12 Zodiak untuk Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu dengan Ponsel Mereka
Cara 12 Zodiak untuk Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu dengan Ponsel Mereka / Freepik by wayhomestudio

Liputan6.com, Jakarta - Pasti rasanya begitu sulit untuk mengurangi waktu bermain gawai. Terlebih bisa dibilang media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ditambah lagi dengan banyaknya pesan teks dari teman-teman dan email dari kantor, tidak heran Anda menghabiskan lebih dari 15 jam di depan aplikasi.

Rasanya, Anda pun terpikirkan untuk social media detox sesaat. Akan tetapi dari mana harus memulainya? Ternyata hal ini bisa dilakukan berdasarkan zodiak Anda, lho. 

Meskipun ke-12 zodiak memiliki hubungan yang berbeda dengan ponsel, setiap orang mungkin ingin rehat sejenak dari media sosial dan menghabiskan lebih banyak waktu di dunia nyata. Hal ini terutama berlaku jika Anda merasa stres, depresi, atau tidak bersemangat, karena semua itu adalah tanda bahwa Anda terlalu sering menggunakan ponsel.

Melansir dari Bustle, Rabu (11/9/2024), cara Anda melakukannya tergantung pada bagian mana dari pengalaman tersebut yang membuat Anda terpikat dan apa yang mungkin Anda sukai sebagai gantinya. Sebab, beberapa zodiak meraih ponsel untuk melampiaskan kekesalan atau menggulir layar.

Sementara zodiak lainnya, sangat terpikat dengan FYP mereka yang sempurna. Dan beberapa orang suka melamun selama berjam-jam sebelum tidur.

Merasa perlu mengurangi waktu bermain ponsel? Teruslah membaca di bawah ini untuk mengetahui cara terbaik untuk beristirahat dari ponsel, berdasarkan setiap zodiak.

1. Aries

Aries yang berapi-api sulit mengendalikan dorongan hati mereka. Jika Anda melihat pesan teks muncul di ponsel, Anda akan segera meraihnya untuk menjawab pesan teman Anda. Akan tetapi, kemudian Anda juga akan membuka TikTok, dan sebelum Anda menyadarinya, ternyata sudah berjam-jam dilakukan.

Untuk memberi diri Anda waktu istirahat, matikan notifikasi Anda — atau setidaknya hapus dari lock screen Anda. Dengan begitu, Anda akan dapat fokus pada apa yang ada di depan Anda alih-alih merasa terdorong untuk menjawab setiap pesan saat pesan itu masuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Taurus

Penggunaan Ponsel
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/Chevanon

Taurus suka scrolling sebagai cara yang santai dan hemat energi untuk menghabiskan waktu. Anda suka tidur-tiduran dengan FYP Anda. Namun rupanya, sering merasa sedikit bersalah karena "menyia-nyiakan hari."

Jika rasa bersalah menjadi terlalu berat dan Anda ingin rehat sejenak dari media sosial, carilah hobi lain yang sama menyenangkannya. Gantikan kebiasaan tersebut dengan mewarnai, memanggang, menjahit, atau menyulam, atau bangun dan berjalan-jalan. 

3. Gemini

Gemini menjalani hidup dengan ponsel mereka. Sebagai air sign yang dikuasai Merkurius, planet komunikasi, Anda sering merasa tidak berdaya untuk meletakkannya. Terutama saat Anda berada dalam cengkeraman FOMO.

Satu-satunya cara yang benar untuk menghentikan kebiasaan itu adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak penting dari ponsel Anda — setidaknya untuk sementara waktu.

Itu berarti tidak ada TikTok, tidak ada Instagram, dan tidak ada aplikasi lainnya. Anda mungkin juga ingin menyingkirkan Pinterest, YouTube, dan apa pun yang menarik perhatian Anda dan membuat Anda terkunci selama berjam-jam.

Beristirahatlah sejenak dari arus informasi yang terus-menerus, dan Anda akan segera menyadari betapa Anda sangat membutuhkannya.


4. Cancer

Menahan Diri dari Kebiasaan Melihat Ponsel
Ilustrasi Bermain Ponsel Credit: freepik.com

Jika Anda seorang Cancer, Anda mungkin memegang ponsel sepanjang hari. Terutama saat Anda ingin melampiaskan kekesalan. Sebagai water sign yang emosional, Anda suka mengawasi apa yang terjadi di obrolan grup Anda, dan Anda juga suka mampir dan melampiaskan kekesalan.

Hari yang buruk di kantor? Pacar mengatakan sesuatu yang menyebalkan? Meskipun saat-saat seperti ini biasanya membuat Anda meraih ponsel, cobalah menulis pesan singkat Anda di jurnal. Ini benar-benar menguntungkan. Sebab, Anda akan mengeluarkan pikiran dan mengurangi waktu di depan layar.

5. Leo

Bagi Leo yang suka bersosialisasi dan bersenang-senang, ponsel adalah cara Anda untuk tetap terhubung dengan teman-teman Anda. Saat Anda tidak menonton Instagram Stories atau mengunggah TikTok, Anda akan membanjiri obrolan grup Anda dengan gosip, foto kucing Anda, dan banyak lagi.

Inilah sebabnya mengapa Anda sangat mudah menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel dan tidak cukup waktu di dunia nyata. Untuk beristirahat, buatlah rencana untuk lebih banyak kumpul-kumpul dan jalan-jalan.

Lihat apakah sahabat Anda akan menemui Anda untuk makan siang atau apakah sahabat Anda akan menjadi teman baru Anda di pusat kebugaran. Akan menjadi perubahan suasana yang menyegarkan untuk bertemu mereka di dunia nyata.

6. Virgo

Sebagai earth sign yang praktis, Virgo cocok dengan aturan dan regulasi. Setelah Anda memutuskan bahwa Anda perlu social media detox, yang harus Anda lakukan hanyalah menetapkan beberapa parameter dan Anda akan siap melakukannya.

Cobalah menjadwalkan jam bebas ponsel (phone-free) dalam rutinitas malam Anda atau katakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan scrolling layar saat makan malam atau setelah Anda tidur.


7. Libra

Mengerjakan MBTI TestBahasa Indonesia
Ilustrasi Wanita Memegang Handphone Bermain HP / Freepik by drobotdean

Libra dikuasai oleh Venus, planet kecantikan dan estetika, yang berarti Anda tertarik pada warna mencolok dan informasi menarik di ponsel Anda. Jika Anda merasa sulit — terutama sebagai air sign yang banyak bicara — untuk menjauh, ubahlah pengalaman tersebut dengan mengaktifkan fitur skala abu-abu.

Buka Settings, Accessibility, Display & Text Size, dan kemudian pilih Color Filters pada ponsel. Dengan demikian, ponsel Anda akan masuk ke mode black and white.

Hampir seketika FYP TikTok, dan situs web favorit Anda akan tampak jauh kurang menyenangkan dan menarik. Itu adalah trik pikiran yang sempurna untuk dimainkan pada diri sendiri saat Anda butuh istirahat.

8. Scorpio

Scorpio senang mengobrol dengan teman sepanjang hari, tetapi sering kali ada saat ketika otak introvert Anda merasa benar-benar kewalahan dengan gempuran teks. Terutama jika Anda berada dalam obrolan grup yang banyak bicara.

Sebagai water sign yang dikuasai Pluto, empati Anda mungkin muncul dan memaksa Anda untuk menjawab setiap pesan, bahkan saat Anda sedang sibuk bekerja atau mencoba tidur. Untuk membebaskan diri dari tanggung jawab, aktifkan Do Not Distrub. Ini akan memberi Anda waktu istirahat yang sangat dibutuhkan.

9. Sagitarius

Sagitarius suka tetap terhubung dan mengetahui informasi terkini, jadi Anda akan dengan senang hati begadang hingga subuh untuk menelusuri berita dan menertawakan TikTok. Sebagai fire sign, Anda juga hidup dengan gempuran media yang terus-menerus yang dapat ditemukan dalam FYP yang dikurasi dengan sempurna. Terkadang Anda bahkan mungkin merasa seperti kecanduan.

Jika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dilakukan, atau jika Anda hanya ingin istirahat mental, Anda mungkin perlu mengambil tindakan drastis dan menyimpan ponsel Anda.


10. Capricorn

[Bintang] Gara-gara Sibuk Main Hp, Wanita Ini Akhirnya Meninggal Dunia
Banyak orang yang sudah kecanduan handphone. (Ilustrasi: sheknows.com)

Meskipun banyak orang meraih ponsel mereka di pagi hari, Capricorn benar-benar hebat dalam hal bangun dan segera mencari informasi yang terlewatkan. Anda suka memeriksa situs web, email, dan semua aplikasi favorit Anda, tetapi jauh di lubuk hati Anda tahu itu bukanlah cara terbaik untuk memulai hari.

Sebagai earth sign yang sibuk, Anda benar-benar tidak bisa hidup tanpa ponsel terlalu lama, tetapi Anda dapat memanjakan diri dengan beberapa jam tanpa ponsel. Carilah cara untuk mengurangi ketergantungan pada ponsel.

Mungkin dengan menggunakan jam alarm sungguhan alih-alih ponsel, membaca buku kertas, atau mencatat tugas-tugas di agenda sungguhan. Itu juga akan menjadi cara yang baik untuk mengistirahatkan mata Anda dari blue screen.

11. Aquarius

Aquarius yang paham teknologi perlu mengalahkan diri mereka sendiri dalam permainan mereka sendiri untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di ponsel mereka. Sebagai air sign yang dikuasai Uranus, Anda mungkin memiliki homescreen yang tertata sempurna yang penuh dengan aplikasi yang Anda buka setiap hari. 

Untuk menghentikan kebiasaan menggunakan ponsel, cobalah pindahkan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dari homescreen sehingga Anda harus menggulir lebih lama untuk menemukannya. Mudah-mudahan, Anda punya cukup waktu untuk menenangkan diri sebelum membukanya lagi. 

12. Pisces

Jika Anda mencari cara untuk mengurangi penggunaan ponsel sebagai Pisces, pertimbangkan untuk mempercayakannya kepada pasangan Anda. Minta mereka untuk menyimpannya saat Anda bekerja atau mencoba tidur.

Jika Anda tinggal sendiri, siapkan area bebas ponsel di rumah Anda dan berjanjilah kepada diri sendiri bahwa Anda tidak akan pernah memeriksa pesan teks atau menggulir TikTok saat Anda berada di sana, seperti di tempat tidur atau di kamar mandi. 

Infografis Soal Zodiak
Bagaimana Cara Menyikapi Soal Ramalan Zodiak?. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya