Mengenal Tentang Collective Grief, Kedukaan yang Dirasakan Saat Artis Favorit Meninggal

Meninggalnya seorang tokoh publik dapat menimbulkan kehilangan dan kesedihan yang mendalam sebagai seorang penggemar.

oleh Bella Zoditama diperbarui 23 Okt 2024, 10:03 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 10:03 WIB
Mengenal Tentang Collective Grief, Kedukaan yang Dirasakan Saat Artis Favorit Meninggal
Liam Payne pada 2018. (Ben Birchall/PA via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu terakhir kita dikejutkan dengan kematian salah satu anggota One Direction, Liam Payne, yang cukup mengejutkan para penggemar. Sebab, selebritas yang kita idolakan sedikit banyak bisa mempengaruhi kehidupan kita secara signifikan.

Jadi, sangat wajar kita merasakan duka dan kehilangan yang mendalam ketika mereka meninggal dunia.

Duka tersebut dapat semakin mendalam saat kematian mereka tidak terduga atau mengejutkan. Apalagi artis yang kita gemari begitu terhubung dalam kondisi apapun dan penampilan mereka mampu mengatasi masalah kesehatan mental yang pernah dialami dan bangkit dari keterpurukan. Lalu secara tiba-tiba kita harus menerima perubahan dan hal tersebut tidak dapat ditarik kembali.

Jika Anda mengalami hal ini, tenang saja Anda tidak sendiri. Kedukaan yang Anda alami bisa dimaknai sebagai collective grief yang juga banyak dialami oleh orang lain. 

Melansir dari Women's Health, Selasa (22/10/2024), ketahui bagaimana kesedihan dan kehilangan dapat memengaruhi kita sebagai kelompok kolektif, dan bagaimana kita dapat mengatasinya dengan menghadapi perasaan-perasaan ini dengan penuh kasih sayang.

Pengertian Collective Grief

"Collective grief terjadi saat kita merasakan kehilangan secara luas dan bersama-sama, bukan secara individu," kata grief specialist dan pendiri grief.com, David Kessler.

Kesedihan bersama ini dapat terjadi karena sejumlah alasan, seperti kehilangan tokoh masyarakat, konsekuensi bencana alam, atau akibat serangan teroris. 

Meninggalnya Liam Payne baru-baru ini dapat membangkitkan kesedihan serupa saat kita berduka atas meninggalnya bintang yang sangat dicintai dan perubahan dalam hidup kita saat kita tidak lagi memiliki sosok yang kita kenal sebagai sosok yang konstan.

Apakah Mungkin Berduka Terhadap Seseorang yang Belum Ditemui?

Mimpi - Vania
Ilustrasi Sedih/https://www.freepik.com/katemangostar 

Tentu saja, menurut Kessler, "Kesedihan pada dasarnya adalah tentang koneksi, jadi tidak harus tentang interaksi langsung. Tidak masalah apakah itu selebritas, anggota keluarga kerajaan, politisi – yang perlu Anda rasakan hanyalah koneksi dengan orang tersebut."

Namun, ada juga kemungkinan bahwa kesedihan yang dialami oleh seorang tokoh masyarakat merupakan gejala dari perubahan mendasar dalam identitas orang yang mengalami kehilangan tersebut, terlepas dari apakah mereka bertemu dengan orang itu atau tidak.

"Kita memetakan kehidupan kita sendiri melalui momen-momen penting dalam sejarah – kita ingat di mana kita berada ketika mendengar orang tersebut meninggal, misalnya," kata Turner.

"Dan ketika kita kehilangan sosok yang menjadi jangkar dalam narasi pribadi kita sendiri? Itu bisa membuat emosi kita tidak stabil," tambahnya.

Tambahkan ke dalam persamaan bahwa kita juga hidup dalam waktu yang sudah penuh dengan emosi, suasana hati yang dihasilkan dari dampak emosional pandemi, dan krisis lingkungan, politik, dan ekonomi yang diakibatkannya.

"Salah satu masalah utama yang kita lihat saat ini adalah kesedihan yang tidak diakui," kata Dr. Paquita de Zulueta, seorang terapis yang mengkhususkan diri dalam trauma.

"Ini adalah kesedihan yang berasal dari kehilangan yang tidak diakui atau tidak diakui publik. Kita mengalami banyak kesedihan yang tidak diakui di negara ini setelah pandemi, di mana orang-orang tidak diizinkan untuk berduka dengan benar atas kehilangan orang yang dicintai karena pembatasan Covid, yang menciptakan akumulasi rasa sakit dan penderitaan."

Bagaimana Kita Mengalami Collective Grief?

Mimpi - Vania
Ilustrasi Perempuan Sedih/https://www.freepik.com/freepik 

"Kesedihan adalah respons universal, artinya semua manusia mampu merasakannya," kata ahli saraf Dr. Rachel Taylor. "Kesedihan adalah respons otomatis otak dan tubuh terhadap guncangan kehilangan."

Bagaimana jika kita menerima berita bahwa orang yang kita cintai telah meninggal?

"Berita kematian adalah versi ekstrem dari kehilangan, dan ini merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan respons fight or flight, dan/atau freeze untuk mengelola ancaman yang dirasakan," jelas Taylor. "Respons ini berasal dari amigdala, pusat pemrosesan emosi di otak."

Kesedihan juga berkontribusi terhadap lonjakan hormon stres kortisol yang dapat mengganggu tidur nyenyak, yang menyebabkan stres kronis dan peningkatan kemungkinan penyakit.

"Emosi kesedihan seringkali terasa sangat berat, karena pengaturan emosi menjadi semakin sulit karena kelebihan hormon stres dalam tubuh kita," jelas Taylor.

Namun, semua ahli yang diwawancarai sangat ingin menunjukkan bahwa kesedihan adalah respons alami terhadap kehilangan, jadi meskipun mungkin terasa menyakitkan, itu bukanlah sesuatu yang perlu Anda obati. Sebaliknya, mereka mengatakan, hal terpenting yang harus dilakukan adalah memberi diri Anda waktu untuk pulih.

Cara Agar Dapat Mengatasi Perasaan Duka Ini

Ilustrasi Kenangan
Ilustrasi Kenangan (Credit: Pexels/charan sai)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda mengalami collective grief. Beberapa contohnya seperti:

1. Temukan cara untuk mengenang kehilangan Anda

"Kesedihan selalu unik bagi orang yang berduka dan bagi hubungan mereka dengan orang yang telah meninggal," kata Turner. "Jadi, menemukan cara untuk menghormati hubungan itu penting."

Jelas tidak ada aturan yang ditetapkan tentang cara terbaik untuk melakukannya, namun, meletakkan bunga, menyalakan lilin, menghadiri acara penghormatan, dan berbagi cerita adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengungkapkan kesedihan Anda.

2. Jaga agar perubahan tetap minimal

"Otak tidak menyukai perubahan," kata Taylor.

"Jadi carilah pelipur lara dan kenyamanan dalam bidang-bidang kehidupan yang dapat diprediksi dan pasti. Mengamati musim dan siklus alam dapat berguna sebagai pengingat bahwa musim semi selalu mengikuti musim dingin, dan kehidupan selalu mengikuti kematian," sambungnya.

3. Hargai perasaan berduka

Ilustrasi bernostalgia, mengenang masa lalu
Ilustrasi bernostalgia, mengenang masa lalu. (Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/girl-listening-to-a-cassette-player-10598033/)

Terlepas dari apakah itu milik Anda sendiri atau milik orang lain, pahamilah bahwa emosi ini valid. "Ketahuilah bahwa perasaan ini nyata dan normal," kata Kessler.

"Beri diri Anda izin untuk membicarakannya, itu adalah bagian dari proses berduka yang alami."

4. Temukan support system Anda

Kessler menyarankan tidak semua orang akan memahami dan mengalami kesedihan kolektif, dan komentar mereka dapat dianggap tidak valid, jadi carilah dan bicaralah dengan orang lain yang merasakan hal yang sama seperti Anda untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

5. Mintalah dukungan jika Anda sedang berjuang

Cari kelompok bantuan yang ada di kota Anda atau dukungan dari organisasi yang dapat membantu memberikan dukungan jika Anda sedang berjuang melawan kehilangan.

Infografis: Rasa Berkuasa Pendidik Berujung Pelecehan Seksual (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Rasa Berkuasa Pendidik Berujung Pelecehan Seksual (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya