Memeriahkan Muharam, Panti Nirmala Bercocok Tanam

Panti Asuhan Nirmala, Banda Aceh mengisi hari pertama di Tahun Baru Islam 1435 H dengan bercocok tanam.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Nov 2013, 13:44 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2013, 13:44 WIB
131106btanam.jpg
Citizen6, Banda Aceh: Panti Asuhan Nirmala, Banda Aceh mengisi hari pertama di Tahun Baru Islam 1435 H dengan bercocok tanam.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 5 November 2013 ini terbilang baru, karena biasanya masyarakat memeriahkannya dengan melakukan pawai.

Di bawah bimbingan Kepala Panti, Dra Salmiah dan beberapa pengurus lainnya acara tersebut dilakukan disekitaran komplek panti mereka. Namun sebelum melaksanakan kegiatan baru tersebut, mereka bergotong-royong membersihkan area panti yang menampung 104 anak-anak yang berasal dari keluarga terlantar, keluarga miskin, dan anak yatim piatu. Masing-masing memegang alat atau mengambil peran untuk kebersihan tempat tinggal mereka.
 
Setelah beristirahat sejenak usai gotong royong, mereka mulai bercocok tanam memanfaatkan lahan kosong di sekitar area panti. Anak-anak menyemai senarai benih sayuran, seperti sawi, kangkung, bayam, kacang panjang, gambas, terong dan juga slada.

Karena bercocok tanam tersebut merupakan pengalaman baru bagi anak-anak Panti Asuhan Nirmala yang dimiliki oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, mereka sangat bersemangat mendengarkan petunjuk dari pembimbing dan kemudian mencoba mempraktikkannya bersama-sama.

"Ya, bercocok tanam ini merupakan kegiatan baru bagi anak-anak dengan tujuan mendorong mereka memanfaatkan lahan kosong, di samping memupuk kerjasama dan kekompakan antar mereka," ujar Dra Salmiah, Kepala Panti Asuhan Nirmala usai kegiatan. (Ahmad Arif/mar)

Ahmad Arif adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.





Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya