Kompetisi Piano Internasional Digelar di Jakarta Juni

Bulan Juni, tepatnya tgl 23-28 2014 akan digelar kompetisi piano internasional paling bergengsi di Nusantara.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Feb 2014, 10:35 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2014, 10:35 WIB
06022014-ananda.jpg
Citizen6, Jakarta. Peluang besar bagi para pianis klasik  yang ingin membuktikan dirinya seorang pianis handal. Karena pada bulan Juni, tepatnya tgl 23-28 2014  akan digelar kompetisi piano internasional paling bergengsi di Nusantara. Event ini diselenggarakan tiap 2 tahun oleh Ananda Sukarlan Award (ASA). Tahun iada adalah gelaran untuk yang ke-4 kalinya.

Para pemenang edisi sebelumnya (Inge Buniardi-2008 dan Edith Widayani -2010, dua-duanya sedang kuliah S3 dan S2 di Amerika dengan beasiswa) kini telah melanglang buana, konser di berbagai negara dan gedung prestisius seperti Carnegie Hall. Pemenang terakhir 2 tahun yang lalu, Randy Ryan (19 th) pun telah diterima dengan beasiswa di sekolah musik top di A.S, Juilliard School di New York.

ASA yang rencananya diadakan di Erasmus Huis, Jakarta, menuntut para finalisnya bermain menjadi solois dengan orkes. Ananda Sukarlan telah menunjuk dirigen wanita muda yang berbakat Angela Astri Soemantri untuk memimpin orkes di final dan konser gala penutupnya.

Ananda yang bisa dihubungi via akun twitternya @anandasukarlan ini juga telah mengundang para pianis terkemuka Luca Chiantore (Italia), Dr. Bo Kyung Kim (Korea Selatan), Dr. Kazuha Nakahara (Jepang) dan Henoch Kristianto (Indonesia) untuk duduk bersamanya di dewan juri.

Selain kategori Senior yang terkenal "berat", akan ada beberapa kategori lainnya yang lebih junior, untuk memberi kesempatan ke para pianis dibawah usia 16 th untuk mulai "mencicipi" berkompetisi.

Dengan hadiah total Rp. 52.500.000 dan exposure yang cukup penting dan luas, diharapkan ratusan pianis dari berbagai penjuru dunia akan berpartisipasi, seperti di ASA sebelumnya.

Ananda berharap dengan kompetisi ini Indonesia akan menjadi bagian penting dalam perkembangan musik sastra dunia, yang ia yakinkan masa depannya adalah di Asia.

 ASA diselenggarakan atas kerjasama dengan Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI).(kw)

Penulis:
Chendra Panatan, 
Jakarta, http://anandasukarlanaward.wordpress.com 

Baca Juga:
Mahfud MD: Musik Religi Bisa Menangkal Korupsi

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya