Begini Cara Mining Bitcoin di Handphone

Bisa kah Mining Bitcoin menggunakan handphone? Berikut penjelasannya.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 12 Feb 2022, 19:02 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2022, 19:02 WIB
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Mining Bitcoin atau kripto umumnya membutuhkan komputer untuk memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunaknya yang bertenaga tinggi untuk menyelesaikan persamaan matematika yang kompleks. 

Hasil dari persamaan ini adalah string terenkripsi, yang mewakili koin atau token, yang kemudian dapat dijual oleh penambang dengan mata uang fiat, seperti dolar AS.

Menambang cryptocurrency adalah usaha yang mahal karena membutuhkan mesin yang kuat dengan chipset khusus yang membuat prosesnya lebih efisien. Karena smartphone menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu, mereka dapat menambang mata uang kripto dengan menggunakan prosesor mereka alih-alih unit pemrosesan grafis (GPU).

Apakah Mining kripto bisa berhasil menggunakan Handphone?

Menambang cryptocurrency adalah proses yang menggunakan prosesor komputer untuk menyelesaikan persamaan matematika yang kompleks. Semakin banyak persamaan yang diselesaikan, semakin banyak koin yang ditambang. Penambangan dapat dilakukan hanya dengan laptop atau komputer desktop, tetapi membutuhkan banyak daya pemrosesan dan menghasilkan panas yang signifikan.

Ini membuat penambangan di perangkat seluler tidak praktis karena tidak sekuat dan memiliki kapasitas pendinginan yang lebih sedikit daripada laptop dan desktop. Namun, ada aplikasi untuk pengguna Android yang mengubah ponsel Anda menjadi penambang.

Aplikasi Mining

Aplikasi penambangan kripto dibuat untuk android dengan tujuan memungkinkan orang untuk menambang kripto tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bergabung dengan kumpulan, yang merupakan sekelompok penambang yang menggabungkan kekuatan komputasi mereka dan berbagi hadiah apa pun yang mereka dapatkan dari penambangan.

Beberapa dari aplikasi dapat ditemukan di Google Play store adalah MinerGate dan Bitcoin Miner. Aplikasi ini mengharuskan Anda untuk mendaftarkan akun di situs web mereka sebelum mengunduh aplikasi ke ponsel Anda.

Dilansir dari Dailycal, Sabtu (12/1/2022) berikut cara menambang cryptocurrency di ponsel cerdas Anda menggunakan aplikasi yang tersedia 

MinerGate

MinerGate Mobile Miner adalah aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna menambang cryptocurrency di ponsel mereka. Aplikasi ini menjanjikan peningkatan kinerja dan konsumsi daya yang lebih rendah melalui penggunaan chip perangkat keras khusus yang ditemukan di smartphone terbaru.

MinerGate telah menjadi salah satu kumpulan penambangan teratas untuk Bitcoin dengan lebih dari 2 juta penambang aktif dari seluruh dunia.

Bitcoin Miner

Bitcoin Miner adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan menambang Bitcoin di ponsel Android Anda. Ini adalah salah satu aplikasi penambangan pertama yang tersedia dan dapat membantu Anda menambang bersama dengan aktivitas sehari-hari Anda tanpa mengorbankan kinerja.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh dari Google Play Store dan setelah diinstal, itu akan menghasilkan pendapatan saat berada di latar belakang ponsel Anda. 

Penambang Bitcoin bekerja dengan dua jenis kumpulan penambangan yang berbeda: PPLNS (bayar per saham terakhir) atau SMPPS (pembayaran maksimum bersama per saham). Anda dapat memilih jenis mana dan dapat mengubahnya sewaktu-waktu 

Jumlah yang Anda peroleh bergantung pada seberapa sering perangkat Anda secara aktif menambang bitcoin.

AA Miner

Aplikasi satu ini sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan aplikasi Bitcoin yang beriklan. AA Miner adalah aplikasi menambang yang tidak memiliki iklan ataupun tawaran untuk membeli fitur-fitur dalam aplikasi atau yang juga disebut sebagai In-App Purchase.

Selain Bitcoin, program AA Miner ini mendukung lebih dari 50 jenis kripto lainnya, serta mendukung algoritma pertambangan CryptoNight.

Menambang cryptocurrency di smartphone bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang. Anda tidak memerlukan peralatan mahal di balik penambangan agar dapat bekerja. Hal yang Anda butuhkan hanyalah ponsel Anda yang cukup kuat dan beberapa aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Kripto Sabtu Pagi 12 Februari 2022

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, memasuki akhir pekan, harga Bitcoin, Ethereum dan jajaran kripto teratas masih melemah pada Sabtu pagi, 12 Februari 2022.Tak hanya 1 atau 2 kripto yang melemah, melainkan mayoritas kripto jajaran teratas serentak melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah dalam satu hari terakhir sebesar 3,13 persen. Meskipun begitu, dalam sepekan BTC masih menguat sebesar 5,09 persen

Saat ini, harga BTC berada di level USD 42.496,33 per koin atau setara Rp 609,5 juta (asumsi kurs Rp 14.344 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) sebagai kripto terbesar kedua juga meradang dalam 24 jam terakhir. ETH meradang sebesar 6,34 persen dalam satu hari terakhir dan 0,76 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.921,68 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini terlihat kembali melemah setelah beberapa hari terakhir sempat menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah sebesar 4,88 persen. Namun dalam sepekan BNB masih menguat sebesar 0,89 persen. Hal itu membuat BNB berada di level USD 398,02 per koin. 

Adapun, Cardano (ADA) yang sama-sama ikut melemah pagi ini. ADA melemah dalam 24 jam terakhir sebesar 6,56 persen dan sebesar 1,92 persen dalam sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 1,09 per koin.

Sedangkan, Solana (SOL) dalam satu hari terakhir SOL mengalami peradangan cukup besar yaitu 10,58 persen, Namun dalam sepekan masih menguat cukup besar yaitu 12,26 persen. Saat ini harga SOL berada di level USD 96,81 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), menunjukkan pergerakan harga yang berbeda. USDT melemah sebesar 0,01 persen yang membuatnya saat ini berada di level USD 1,00.

Sedangkan USDC menguat sebesar 0,04 persen dalam 24 jam terakhir yang membuat harganya kembali ke level USD 1,00, setelah sempat turun ke level USD 0,9997. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya