Mantan CEO Morgan Stanley: Kripto Bisa Jadi Transaksi Keuangan Besar

Bitcoin dan kripto akan menjadi cara besar transaksi moneter terjadi.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 02 Nov 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO Morgan Stanley John Mack berbicara soal bitcoin dan cryptocurrency dalam sebuah wawancara. Mack menjabat CEO bank investasi global dari Juni 2005 hingga Januari 2010.

Mantan eksekutif Morgan Stanley itu mengatakan lima puluh tahun dari sekarang Bitcoin dan kripto akan menjadi cara besar transaksi moneter terjadi. 

“Sangat mudah untuk menghubungkan. Anda tidak perlu khawatir tentang menempatkan dana di bank. Itu ada di komputer,” ujar Mack dikutip dari Bitcoin.com, Selasa, 1 November 2022.

Mack juga mengkonfirmasi dia masih memiliki bitcoin. Meskipun mengakui sulit baginya untuk memahami mengapa kripto memiliki nilai. Mack juga berpendapat, semuanya harus memastikan itu kripto dilindungi, dan tidak ada yang bisa membobolnya. 

“Lima puluh tahun dari sekarang, saya pikir segalanya akan menjadi lebih elektronik dan semakin didorong oleh masukan dari manusia di komputer tentang cara berdagang, cara mengambil risiko, dan memastikan mereka tidak melampaui batas mereka,” tutur Mack.

Mack telah berinvestasi di kripto selama bertahun-tahun. Pada Juli 2017, dia memberi tahu Bloomberg saat mendiskusikan investasinya di startup kripto Omega One. 

“Saya telah mengamati dan berinvestasi di pasar cryptocurrency selama beberapa tahun terakhir,” kata MAck waktu itu.

Mengenai Omega One, dia mengatakan pada saat itu dia menemukan perusahaan menjadi langkah penting berikutnya dalam munculnya ekonomi baru ini, membuat aset kripto lebih murah dan lebih mudah diakses.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Vietnam Bakal Keluarkan Peraturan Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, Perdana menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, dilaporkan pemerintah negara itu harus mempelajari peraturan kripto. Ini didasari karena sebagian didasarkan pada penduduk yang terus memperdagangkan aset digital meskipun mereka tidak memiliki pengakuan hukum.

Menurut laporan 24 Oktober dari outlet berita online VnExpress, Chinh mengisyaratkan RUU tentang Anti Pencucian Uang, atau AML, harus mengakui amandemen pada mata uang virtual mengingat “pada kenyataannya, orang masih memperdagangkan” kripto di Vietnam. 

Komentar perdana menteri menyarankan pemerintah Vietnam dapat mempertimbangkan regulasi kripto untuk mengatasi perannya dalam kejahatan keuangan.

“Penting untuk mempelajari sanksi yang tepat, dan menugaskan pemerintah untuk membuat peraturan terperinci,” kata perdana menteri itu dikutip dari Cointelegraph, Selasa (1/11/2022).

Pemerintah Vietnam sebagian besar tidak mengakui cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai metode pembayaran di negara tersebut, tetapi mengizinkan token untuk berada di area abu-abu yang tampaknya legal sebagai investasi. 

 


Adopsi Kripto Global

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Vietnam Peringkat Pertama dalam Adopsi Kripto Global

Sebuah laporan Chainalysis yang dirilis pada September menunjukkan Vietnam berada di peringkat pertama di antara semua negara dalam adopsi kripto pada 2022 dan 2021, dengan “daya beli yang sangat tinggi dan adopsi yang disesuaikan dengan populasi di seluruh alat cryptocurrency terpusat, DeFi, dan P2P.

Beberapa anggota parlemen lokal telah mendorong adopsi aset kripto karena ruang dan tingkat adopsi tumbuh. Pada Maret 2022, Wakil Perdana Menteri untuk Ekonomi Umum Le Minh Khai meminta Kementerian Keuangan mengeksplorasi dan mengubah undang-undang yang bertujuan mengembangkan kerangka kerja untuk cryptocurrency. 

Ini mengikuti inisiatif yang diumumkan oleh perdana menteri pada Juli 2021 yang mengarahkan Bank Negara Vietnam untuk mempelajari dan melakukan percontohan untuk mata uang digital.

Majelis Nasional Vietnam akan membahas RUU anti pencucian uang pada 1 November dan kemungkinan menyetujui atau menolaknya pada akhir sesi keempat pada 15 November.


Singapura Akan Perketat Aturan Kripto

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Sebelumnya, Otoritas Moneter Singapura (MAS) telah mengajukan rancangan peraturan yang lebih ketat, bertujuan untuk membatasi perdagangan kripto bagi investor ritel dengan tujuan mengurangi risiko bagi konsumen, sambil meningkatkan pengembangan stablecoin.

Langkah-langkah yang diusulkan telah dirinci dalam dua makalah konsultasi yang diterbitkan oleh otoritas. Rencananya adalah untuk memperkenalkan aturan baru sebagai pedoman sebelum akhirnya memasukkannya ke dalam Undang-Undang Layanan Pembayaran.

“Perdagangan dalam cryptocurrency sangat berisiko dan tidak cocok untuk masyarakat umum,” isi pernyataan MAS, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (28/10/2022).

Dalam sebuah pengumuman pada Rabu, otoritas moneter menjelaskan proposal tersebut mencakup tiga bidang utama akses konsumen, perilaku bisnis, dan risiko teknologi. Ini bermaksud untuk membatasi risiko perdagangan spekulatif dengan memperkenalkan kewajiban tertentu untuk penyedia layanan kripto.

Perusahaan-perusahaan ini harus memastikan pelanggan mereka membuat keputusan yang tepat dengan memberikan pengungkapan risiko, termasuk tentang fluktuasi harga dan ancaman siber. Bank sentral menyarankan mereka tidak boleh mengizinkan atau menawarkan investor ritel opsi untuk membayar dengan kredit.

Platform cryptocurrency juga akan diminta untuk menjaga aset pelanggan terpisah dari dana mereka sendiri dan dapat dicegah untuk meminjamkan aset investor kepada pihak ketiga. Namun, terlepas dari tindakan ini, pengguna pada akhirnya akan tetap bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan mereka.


Peraturan Stablecoin

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Memuji potensi stablecoin yang diatur dengan baik dan didukung dengan aman untuk memfasilitasi transaksi di ruang aset digital, MAS mengindikasikan mereka berencana untuk memperluas kerangka peraturan bagi mereka untuk memastikan stabilitasnya. 

Ini akan fokus pada penerbitan stablecoin yang dipatok ke satu mata uang dan dengan sirkulasi melebihi 5 juta dolar Singapura. 

Berdasarkan aturan yang diusulkan, penerbit akan diminta untuk memiliki cadangan aset yang setara dengan setidaknya 100 persen dari nilai nominal koin, yang hanya dapat dipatok ke dolar Singapura atau mata uang Kelompok Sepuluh (G10). 

Mereka harus menerbitkan buku putih, memenuhi persyaratan modal dasar dan memelihara aset likuid. Bank domestik akan diizinkan untuk mengeluarkan stablecoin.

 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya