Goldman Sachs akan Luncurkan 3 Proyek Token pada Akhir 2024

Goldman Sachs mengambil peran penting dalam penawaran ETF. Saat ini mempertimbangkan ambil peran di drama Korea.

oleh Agustina Melani diperbarui 11 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2024, 06:00 WIB
Goldman Sachs akan Luncurkan 3 Proyek Token pada Akhir 2024
Saat lembaga keuangan lainnya menjajaki kripto termasuk Bitcoin ETF BlackRock dan Fidelity, Goldman Sachs bersiap untuk mengambil langkah sendiri. (Foto:Freepik/Rawf8.com)

Liputan6.com, Jakarta - Saat lembaga keuangan lainnya menjajaki kripto termasuk Bitcoin ETF BlackRock dan Fidelity, Goldman Sachs bersiap untuk mengambil langkah sendiri.

Mengutip Yahoo Finance, ditulis Kamis (11/7/2024), Digital Assets Global Head Goldman Sachs Matthew McDermott melihat minat klien makin besar sehingga mengambil langkah dengan memperluas penawaran kripto-nya, termasuk berinisiatif di sektor tokenisasi.

Hal ini seperti "aset dunia nyata” seperti dana pasar uang dan kepemilikan real estate diterbitkan pada blockchain publik dan swasta. Menurut McDermott, Goldman Sachs akan meluncurkan tiga proyek token pada akhir 2024 dengan klien-klien besar termasuk yang pertama di Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, BlackRock dan Franklim Templeton juga sedang menguji tokenisasi, McDermott menuturkan, kunci kesuksesannya adalah menciptakan produk yang diinginkan investor. Itulah sebabnya bank itu baru-baru ini mengadakan pertemuan puncak aset digital di London yang dihadiri oleh lebih dari 500 klien.

"Tidak ada gunanya melakukan hal itu hanya untuk kepentingan itu. Masukan yang pasti adalah sesuatu yang benar-benar akan mengubah cara berinvestasi,” ujar McDermott.

Pandangan yang Berbeda

Setelah musim dingin kripto yang parah yang dipicu oleh runtuhnya FTX, pasar kembali bangkit pada 2024, didukung oleh peluncuran ETF Bitcoin pada Januari. Menurut pengajuan keuangan, Goldman Sachs mengambil peran penting dalam penawaran ETF dengan bertindak sebagai peserta resmi, yang berarti hal ini akan membantu mekanisme penebusan dan pembuatan sarana investasi (termasuk untuk IBIT ETF BlackRock).

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peluncuran ETF Momentum di Industri Kripto

Ilustrasi tambang Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi tambang Kripto. (Foto By AI)

McDermott menggambarkan peluncuran ETF sebagai “momentum baru dalam kripto,” meskipun pandangan tersebut tidak dibagikan di seluruh banknya.

Pada April, Wall Street Journal menerbitkan wawancara dengan Sharmin Mossavar-Rahmani, kepala investasi untuk Goldman Sachs Wealth Management. Veteran keuangan tersebut mengatakan dia tidak memandang kripto sebagai kelas aset investasi dan belum melihat minat dari klien.

"Hal yang menyenangkan adalah, mengenai institusi sebesar kami, terdapat perbedaan pandangan,” kata McDermott kepada Fortune.

Dia mengatakan, Goldman Sachs lebih aktif dalam kripto dari perspektif institusional, termasuk memperdagangkan derivatif kripto yang diselesaikan secara tunai atas nama klien, bersama dengan keterlibatannya di pasar ETF. “Kami terus melihat, tentu saja tahun ini, peningkatan dan perluasan rangkaian produk yang klien ingin lihat tersedia,” katanya.

Tokenisasi tetap menjadi bagian utama dari rencana bank. Goldman Sachs telah mencoba-coba bidang ini, termasuk mengerjakan penerbitan obligasi dengan Bank Investasi Eropa pada 2022 dan melakukan tokenisasi obligasi hijau negara untuk Otoritas Moneter Hong Kong pada 2023. Selain itu, meluncurkan Platform Aset Digital Goldman Sachs pada 2023 untuk memfasilitasi tokenisasi aset.

 


Ciptakan Pasar

Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)

Peluncuran tokenisasi terbesar tahun ini adalah BUIDL treasury BlackRock yang mencapai USD 500 juta pada hari Senin dan beroperasi di Ethereum, sebuah blockchain publik.

McDermott mengatakan BlackRock, bersama dengan dana serupa dari Franklin Templeton, menargetkan basis pelanggan ritel, sementara Goldman Sachs lebih fokus pada institusi dan akan bekerja secara eksklusif dengan blockchain swasta karena pembatasan peraturan.

Dia mengatakan tujuan bank adalah untuk menciptakan pasar aktual untuk aset yang diberi token, serta memberikan peningkatan dalam hal kecepatan dan jenis aset yang dapat digunakan sebagai jaminan.

McDermott menolak memberikan rincian mengenai tiga proyek tokenisasi yang akan diluncurkan tahun ini. Namun, ia mengatakan bahwa salah satu proyek tersebut fokus pada kompleks dana di AS, dan satu lagi pada penerbitan utang di Eropa.

Dengan pemilihan Presiden AS dan potensi perubahan dalam pendekatan peraturan pemerintah terhadap kripto yang tinggal beberapa bulan lagi, McDermott mengatakan peluang bank di bidang tersebut dapat diperluas, termasuk kemampuan untuk memiliki aset kripto spot. “Mungkin ada hal-hal lain yang secara alami kami sebagai perusahaan akan tertarik, harus mendapat persetujuan, untuk dilakukan, seperti eksekusi dan mungkin sub-penahanan,” ujar dia kepada Fortune.


Aset Digital jadi Isu Populer dalam Pencalonan Trump di Pilpres AS

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Dok. AFP)
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Dok. AFP)

Sebelumnya, topik mata uang digital bank sentral (CBDC) telah menjadi bahan pembicaraan populer bagi Trump dan anggota Partai Republik lainnya pada kampanye tahun 2024.

Ketika yurisdiksi lain, termasuk Tiongkok dan Eropa telah mengejar gagasan token digital yang didukung pemerintah, AS belum bergerak melampaui tahap penelitian.

Partai Republik menuduh Demokrat mendorong CBDC yang memungkinkan pengawasan keuangan yang lebih besar terhadap warga AS.

Namun, Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan pejabat pemerintah lainnya bersikeras bahwa dolar digital teoretis seperti itu akan dikelola oleh sistem perbankan, bukan pemerintah. Dan para pejabat The Fed menegaskan bahwa hal itu tidak akan diadopsi tanpa persetujuan dari Kongres dan Gedung Putih.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya