Harga Bitcoin Kembali ke USD 67.800, Rencana Pidato Trump Picu Lonjakan

Sampai saat ini, harga Bitcoin berada tepat di zona dukungan dan sebelum dapat bergerak menuju zona resistensi USD 68.000, harga mungkin perlu berkonsolidasi di zona ini selama beberapa jam.

oleh Arthur Gideon diperbarui 27 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Harga Bitcoin bergerak dalam urutan yang sangat strategis, mengalami koreksi setiap beberapa jam. Jika harga tidak mengalami koreksi kecil secara teratur, maka akan terjadi koreksi besar setelah mencapai titik tertentu. Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin kembali naik ke level USD 67.800 per koin dan terus berjuang melawan resistensi terus berada di bawah zona USD 65.000 per koin. Titik harga terendah yang disentuh Bitcoin adalah USD 63.506,36 sebelum mulai naik kembali.

Mari kita pahami alasan di balik kenaikan Bitcoin ini.

Dikutip dari Coinpedia, Sabtu (27/7/2024), grafik teknikal per jam menunjukkan rata-rata pergerakan kecil seperti 20 dan 50 melintasi rata-rata yang lebih besar 100 dan 200. Ini merupakan pergerakan bullish.

Harga Bitcoin bergerak dalam urutan yang sangat strategis, mengalami koreksi setiap beberapa jam. Jika harga tidak mengalami koreksi kecil secara teratur, maka akan terjadi koreksi besar setelah mencapai titik tertentu.

Pada grafik 4 jam, bisa dilihat Bitcoin mencoba untuk menutup pada level support USD 67.800 sehingga dapat menguji ulang support terbaru. Lonjakan harga ini juga disebabkan oleh alasan bahwa calon Presiden pro kripto Donald Trump akan berbicara di konferensi Bitcoin 2024 yang berlangsung di Nashville pada Sabtu waktu setempat.

Bersamaan dengan itu, ETF Bitcoin juga mengalami peningkatan arus masuk. Semua sentimen ini menunjukkan bahwa investor mendapatkan kembali kepercayaan mereka pada Bitcoin.

Pada grafik 4 jam, bisa dilihat persilangan pada grafik MACD yang menunjukkan bahwa bullish mulai berkuasa. Di sisi lain, jika diperiksa data likuidasi Bitcoin, dapat dilihat sejumlah besar pedagang short dilikuidasi, yang menunjukkan pergerakan pasar bullish.

Saat berita ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan pada harga USD 67.988 dengan kenaikan 3,38% dalam 24 jam terakhir, meskipun volume perdagangan BTC telah berkurang sebesar 20,32%.

 

Indeks Ketakutan dan Keserakahan berada di angka 59 dan memiliki dominasi pasar sebesar 55,4%.

 

Data historis menunjukkan bahwa pasar memiliki kecenderungan untuk mengalami sedikit koreksi setelah melonjak dan menembus resistensi. Hal ini diperlukan agar pasar dapat menguji ulang dukungan terbaru.

Sampai saat ini, harga Bitcoin berada tepat di zona dukungan dan sebelum dapat bergerak menuju zona resistensi USD 68.000, harga mungkin perlu berkonsolidasi di zona ini selama beberapa jam.

Selain itu, perhatikan pidato Donald di konferensi Nashville, pidato tersebut dapat memberikan dorongan tiba-tiba bagi Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Bitcoin Terbang Tembus Rp 1,07 Miliar di Tengah Gangguan IT Global

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, harga Bitcoin kini berada pada kisaran USD 66.000 atau sekitar Rp 1,07 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.216) pulih dengan cepat dari penurunan baru-baru ini ke level terendah dalam enam bulan di USD 53.500 pada 5 Juli 2024.

Saat ini, menarik diperhatikan Bitcoin akan menguji ulang level tertinggi sepanjang masa di USD 73.700 yang dicapai pada Maret 2024. Kebangkitan ini terjadi ketika maskapai penerbangan besar, fasilitas medis, perusahaan, dan kepolisian di seluruh dunia bergulat dengan gangguan teknologi informasi atau gangguan IT besar-besaran yang berdampak pada layanan komputasi awan Microsoft.

Dari sini, dapat ditarik kesimpulan harga Bitcoin tidak terpengaruh oleh pemadaman IT global itu. Perusahaan keamanan siber CrowdStrike menjelaskan penyebab pemadaman tersebut dan mengaitkannya dengan pembaruan perangkat lunak rutin yang tidak berfungsi.

Untuk meyakinkan masyarakat, CrowdStrike menegaskan insiden tersebut bukanlah pelanggaran keamanan atau serangan siber. Perusahaan kemudian dengan cepat mengeluarkan pembaruan perangkat lunak baru yang secara otomatis memperbaiki beberapa komputer yang terkena dampak.

 


Pemulihan Aplikasi

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Namun, beberapa sistem memerlukan reboot dan patching secara manual, sehingga mengakibatkan penundaan yang signifikan. Microsoft, pada bagiannya, mengumumkan pemulihan aplikasi dan layanan 365 pada Jumat malam, meskipun beberapa pelanggan individu mungkin masih mengalami dampak sisa.

Menariknya, di tengah kekacauan yang disebabkan oleh pemadaman TI, harga mata uang kripto tetap tidak terpengaruh, sehingga menarik perhatian Senator AS Cynthia Lummis.

Dikenal karena pendiriannya yang pro-kripto dan Bitcoin, Senator Lummis menggunakan platform media sosial X (sebelumnya Twitter) untuk menyoroti ketahanan harga Bitcoin di tengah meluasnya gangguan dunia maya, dengan menyatakan, "tahukah Anda bentuk mata uang apa yang tidak terpengaruh oleh pemadaman siber yang meluas? Bitcoin,".

Lipsus Bitcoin
Infografis bitcoin (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya