10% Perusahaan di AS Diramal Segera Adopsi Kripto

Saylor telah mencirikan Bitcoin sebagai aset yang menjamin "keabadian ekonomi" bagi perusahaan dan bisnis karena pasokannya yang dibatasi dan kurangnya risiko rekanan yang melekat pada penyimpan nilai lainnya, seperti real estat atau ekuitas.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi berbagai macam aset kripto. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Laporan baru dari perusahaan teknologi dan layanan keuangan Bitcoin, River, memperkirakan bahwa beberapa perusahaan di Amerika Serikat akan meningkatkan eksposur mereka terhadap Bitcoin.

River memperkirakan perusahaan-perusahaan ini akan mengadopsi Bitcoin (BTC) hingga sebesar USD 54.225 atau Rp.838,2 juta selama 18 bulan ke depan.

Mengutip Cointelegraph, Minggu (8/9/2024) laporan River mengungkapkan bahwa sekitar 10% perusahaan yang berbasis di AS kemungkinan akan mengonversi 1,5% dari cadangan kas mereka atau sekitar USD 10,35 miliar, ke kripto Bitcoin selama satu setengah tahun ke depan.

Analis River juga menunjukkan bahwa strategi kas perusahaan tradisional bergantung pada kas dan setara kas jangka pendek lainnya, yang merupakan penyimpan nilai yang buruk.

"Investasi ini dapat menghasilkan pengembalian yang moderat mendekati suku bunga dana federal yang saat ini lebih dari 5%,” ungkap analis di River.

Namun, bahkan investasi jangka pendek ini sering kali gagal mengungguli inflasi, sehingga mengurangi nilai kas.

Laporan River juga mencatat bahwa erosi inflasi ini juga menyebabkan Apple, yang sekarang menjadi perusahaan bernilai triliun dolar kehilangan USD 15 miliar dari kepemilikan treasury-nya selama 10 tahun terakhir.

Prakiraan analis juga menunjukkan semakin banyaknya penerapan strategi treasury perusahaan yang dipopulerkan oleh pendiri MicroStrategy, Michael Saylor.

Pada Juni 2024, MicroStrategy menyelesaikan penjualan utang tambahan senilai USD 800 juta berupa obligasi senior yang dapat dikonversi pada tingkat 2,25%, dengan tanggal jatuh tempo tahun 2032. MicroStrategy menggunakan dana dari utang perusahaan untuk membeli tambahan 11.931 BTC.

Saylor telah mencirikan Bitcoin sebagai aset yang menjamin "keabadian ekonomi" bagi perusahaan dan bisnis karena pasokannya yang dibatasi dan kurangnya risiko rekanan yang melekat pada penyimpan nilai lainnya, seperti real estat atau ekuitas.

Laporan laba kuartal kedua MicroStrategy mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan tersebut memegang 226.500 BTC, yang bernilai sekitar USD 14,7 miliar pada saat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengusaha di Dubai Bayar Selebritis untuk Promosikan Kripto

Ilustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Ilustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Sebelumnya, Platform analisis data blockchain, Bubblemaps, telah mengungkap aktivitas pengusaha asal Dubai, Sahil Arora yang diduga mengumpulkan lebih dari USD 5 juta atau setara Rp 78,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.773 per dolar AS dengan memanfaatkan dukungan selebriti untuk mempromosikan proyek memecoin.

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (6/9/2024), laporan menunjukkan ia memanipulasi pelaku pasar untuk keuntungan pribadi, menggunakan pengaruh tokoh atau artis seperti Floyd Mayweather, Caitlyn Jenner, dan Iggy Azalea untuk meningkatkan proyek-proyek ini.

Bubblemaps mengungkapkan strategi Arora sederhana namun efektif. Dengan memegang sebagian besar pasokan token, ia dapat menjual sahamnya untuk mendapatkan keuntungan besar setelah dukungan selebriti meningkatkan nilai token.

Tangkapan layar obrolan Instagram dengan Jason Derulo, di mana Arora menawarkan USD 200.000 untuk tweet promosi, menggarisbawahi pendekatan langsungnya untuk melibatkan selebriti.

 


Kekurangan

Data lebih lanjut menunjukkan Arora mengendalikan lebih dari 40 alamat kripto. Dia biasanya memiliki 25-40% dari total pasokan untuk setiap proyek, menjual asetnya melalui alamat utama yang diidentifikasi kemudian. Model penjualan cepat pasca-pengesahan ini memfasilitasi keuntungan finansialnya yang besar.

Namun, investigasi Bubblemaps bukannya tanpa kekurangan. Detektif blockchain ZachXBT menunjukkan kesalahan dalam laporan awal, khususnya mencatat bahwa satu alamat ditautkan ke bursa Poloniex.

Hal ini mendorong Bubblemaps untuk merevisi angka mereka, mengonfirmasi penghasilan Arora memang sekitar USD 5 juta. Meskipun ada pengungkapan ini, Arora terus melanjutkan aktivitasnya tanpa kendali.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya