Korea Utara Kirim 900 Lebih Balon Sampah ke Korsel 3 Hari Terakhir, Isinya Kertas dan Plastik

Sejak Mei, Korea Utara telah mengirim hampir 5.000 balon berisi sampah ke selatan. Mereka menyatakan bahwa balon-balon tersebut adalah balasan atas balon propaganda yang diluncurkan ke utara oleh aktivis Korea Selatan.

oleh Tim Global diperbarui 08 Sep 2024, 10:10 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 10:10 WIB
Sebuah balon isi sampah yang diduga dikirim oleh Korea Utara terlihat di sawah di Incheon, Korea Selatan, pada 10 Juni 2024. (Im Sun-suk—Yonhap/AP)
Sebuah balon isi sampah yang diduga dikirim oleh Korea Utara terlihat di sawah di Incheon, Korea Selatan. (Im Sun-suk—Yonhap/AP)

Liputan6.com, Seoul - Serangan balon sampah dari Korea Utara (Korut) kembali dilaporkan oleh Korea Selatan (Korsel). Peristiwa tersebut merupakan yang terbaru dalam aksi provokasi dan propaganda antara kedua negara.

"Korea Utara kembali menerbangkan ratusan balon berisi sampah ke selatan," kata militer Seoul pada Sabtu (7/9/2024) seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (8/9). 

"Korea Utara menerbangkan lebih dari 900 balon sampah dalam tiga hari terakhir, termasuk sekitar 190 pada Jumat (6/9) malam. Sekitar 100 di antaranya telah mendarat, terutama di Seoul dan Provinsi Gyeonggi utara," papar Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Pihak militer Korea Selatan menyebut bahwa kantong yang diikatkan pada balon berisi "sebagian besar kertas dan sampah plastik". Mereka juga menambahkan bahwa balon-balon tersebut tidak mengganggu keselamatan masyarakat.

Adapun sejak Mei, Korea Utara telah mengirim hampir 5.000 balon berisi sampah ke selatan. Mereka menyatakan bahwa balon-balon sampah tersebut adalah balasan atas balon propaganda yang diluncurkan ke utara oleh aktivis Korea Selatan.

Sebagai tanggapan, Seoul menangguhkan kesepakatan militer untuk mengurangi ketegangan dengan Pyongyang dan memulai kembali beberapa siaran propaganda melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Pengamat Soal Balon Sampah Korea Utara untuk Korea Selatan

Tentara Korea Selatan yang mengenakan alat pelindung diri memeriksa sampah dari balon yang dikirim oleh Korea Utara di Incheon, Korea Selatan, Minggu (2/6/2024).
Tentara Korea Selatan yang mengenakan alat pelindung diri memeriksa sampah dari balon yang dikirim oleh Korea Utara. (Dok. Im Sun-suk/Yonhap via AP)

Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, mengatakan serangan balon itu adalah taktik propaganda yang tidak efektif untuk Korea Utara.

Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un dan juru bicara utama rezim, "mungkin berpikir bahwa balon sampah memperburuk perpecahan politik di Korea Selatan, tetapi sebenarnya hal itu justru merusak citra internasional Korea Utara," kata Easley.

"Cara paling masuk akal untuk keluar dari kebuntuan saat ini adalah bagi Pyongyang untuk memulai kembali diplomasi dengan Seoul, bergantung pada kelompok masyarakat sipil Korea Selatan yang secara sukarela tidak ikut serta dalam peluncuran balon,” ujarnya.

Pengiriman balon sampah terbaru terjadi saat Perdana Menteri Jepang yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, Fumio Kishida, berada di Seoul untuk kunjungan dua hari dan bertemu dengan pemimpin Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, pada Jumat.

Hubungan antara kedua Korea berada pada salah satu titik terendah dalam beberapa tahun terakhir. Korea Utara baru-baru ini mengumumkan pengerahan 250 peluncur rudal balistik ke perbatasan selatannya.


115 Penerbangan Jet Komersial Korea Selatan Terganggu Balon Sampah Korut, 10.000 Penumpang Pesawat Terdampak

Bandara Internasional Incheon
Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. (dok. Instagram @incheon_airport/https://www.instagram.com/p/CGzJxlfgSSQ/)

Balon-balon sampah Korea Utara sempat memaksa penerbangan masuk dan keluar bandara Incheon Korea Selatan terhenti selama tiga jam pada tanggal 26 Juni, dan beberapa peluncuran balon selama sebulan terakhir mengharuskan penerbangan lain untuk menunda lepas landas atau mendarat – atau bahkan mengalihkan perhatian.

Mengutip data baru dari Kementerian Transportasi Korea Selatan, seperti dilansir dari AFP Juni, anggota parlemen Jeong Jun-ho mengatakan bahwa 115 jet komersial terganggu oleh peluncuran balon sampah – yang dimulai pada akhir Mei – yang berdampak pada lebih dari 10.000 penumpang.

Setidaknya 15 jet, termasuk pendatang jarak jauh dari Amerika Serikat, terpaksa melakukan pendaratan alternatif, dan penumpang kemudian dibawa ke Incheon, sehingga menyebabkan penundaan dan ketidaknyamanan yang lama, kata Kementerian Transportasi Korea Selatan dalam pernyataan pers seperti dikutip dari AFP.

Ratusan penumpang dalam penerbangan dari San Francisco, Vancouver dan Los Angeles "dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Incheon namun berakhir di Bandara Cheongju tanpa mengetahui apa yang terjadi," kata Jeong Jun-ho.

Gangguan ini merupakan “perwujudan Risiko Korea", kata Jeong, mengacu pada istilah yang digunakan untuk menggambarkan keragu-raguan investor terhadap ancaman militer dari Korea Utara.

Jeong mendesak pihak berwenang untuk berbuat lebih banyak untuk mencegah para aktivis mengirimkan balon-balon tersebut ke Korea Utara.

 


Korea Selatan Tidak Bisa Memberi Sanksi Aktivis Pengirim Balon ke Korut

Dampak balon sampah dari Korea Utara ke Korea Selatan. (Handout/South Korean Defence Ministry)
Dampak balon sampah dari Korea Utara ke Korea Selatan. (Handout/South Korean Defence Ministry)

Untuk diketahui, Korea Selatan tidak dapat memberikan sanksi kepada aktivis yang mengirim balon melintasi perbatasan, keputusan pengadilan tahun 2023 melarang hal tersebut karena merupakan pelanggaran yang tidak dapat dibenarkan terhadap kebebasan berpendapat.

Hubungan antara kedua Korea berada pada titik terendah dalam beberapa tahun terakhir, dengan Pyongyang meningkatkan uji coba senjata seiring dengan semakin dekatnya hubungan mereka dengan Rusia, di tengah tuduhan bahwa negara tersebut memasok senjata ke Moskow untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Korea Utara terpaksa mengirimkan sampah dibandingkan selebaran propaganda seperti yang mereka lakukan selama Perang Dingin karena mereka tahu bahwa menggembar-gemborkan ideologi mereka kepada warga Korea Selatan adalah hal yang "menggelikan", kata Pusat Studi Strategis dan Internasional dalam sebuah laporan pada hari Senin.

Namun, balon-balon tersebut tidak boleh dianggap enteng. Balon-balon berisi sampah dan kerusakan yang diakibatkannya adalah bentuk terorisme ringan. 

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya