Mau Hemat? Lakukan 10 Rutinitas Kecantikan Ini Pakai Bahan dari Kulkas

Simak di sini beberapa rutinitas kecantikan yang ternyata bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan dari kulkas, penasaran?

oleh Annissa Wulan diperbarui 21 Agu 2018, 18:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2018, 18:00 WIB
Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas kecantikan tidak melulu tentang menghabiskan banyak waktu dan biaya. Sekarang Anda bisa melakukan rutinitas kecantikan dari bahan-bahan yang ada di kulkas, melansir dari self.com, Selasa (21/8/2018). Penasaran apa saja?

1. Masker wajah

Madu dan yogurt bisa berfungsi dalam rutinitas kecantikan sebagai eksfoliator dan pelembap sekaligus. Jika Anda menggunakan keduanya untuk masker wajah, kulit akan terasa sangat lembut, namun tidak berminyak.

Campurkan dua sendok makan yogurt Yunani, dua sendok teh madu organik dengan satu sendok teh minyak almond hingga menjadi pasta. Setelah tercampur dengan baik, langsung aplikasikan di wajah, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker wajah untuk mengontrol minyak

Masker wajah ini dapat berfungsi ganda, untuk mengekstraksi kotoran dan minyak dari pori-pori, serta menenangkan kulit. Anda hanya membutuhkan empat potong buah pepaya, dua sendok makan yogurt tawar, setengah cangkir garam epsom, dan satu kantong teh peppermint.

Hancurkan potongan buah pepaya dengan garpu dan campur menggunakan yogurt, kemudian sisihkan. Larutkan garam dalam satu panci besar berisi air, kemudian masukkan teh peppermint ke dalamnya, didihkan.

Letakkan wajah Anda di atas panci tersebut selama tiga menit, kemudian aplikasikan campuran pepaya sebelumnya. Diamkan selama sepuluh menit, baru dibilas bersih sebagai rutinitas kecantikan masker wajah.

3. Perawatan mata

Anda membutuhkan satu setengah sendok teh minyak jojoba, satu setengah sendok teh pure shea butter, satu gelas air, dua kantong teh chamomile, dan dua kantong teh hijau. Dalam sebuah mangkuk, campurkan minyak jojoba dan shea butter, kemudian sisihkan.

Panaskan air di dalam microwave selama satu menit, kemudian letakkan kantong teh di dalam selama beberapa detik. Remas, lalu tempatkan kantong teh tersebut di setiap kelopak mata Anda dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, aplikasikan campuran minyak jojoba dan shea butter sebelumnya di setiap mata sebagai rutinitas kecantikan yang baru.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Scrub Bibir dan Lip Gloss

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto)

4. Scrub bibir

Anda membutuhkan satu setengah sendok teh madu, satu setengah sendok teh gula, perasan seperempat lemon, satu sendok makan minyak kelapa, satu kapsul vitamin E, dan satu tetes minyak esensial lemon. Dalam sebuah mangkuk, campurkan madu, gula, dan perasan lemon.

Gosok bibir Anda menggunakan jari dengan campuran tersebut dan bilas. Campurkan sisa bahan lainnya dan aplikasikan kembali di bibir.

Sisa pasta bisa Anda simpan di dalam kulkas. Pasta ini cenderung bisa bertahan hingga seminggu.

5. Lip gloss

Anda membutuhkan setengah cangkir petroleum jelly dan satu sendok natural cherry pomegranate crystal light. Campurkan keduanya atau tambahkan beberapa tetes natural cherry pomegranate crystal light sampai warnanya berubah menjadi merah.

6. Scrub tubuh dari gula merah

Anda membutuhkan satu cangkir gula merah, sepertiga cangkir minyak kelapa murni, dan sepuluh tetes minyak esensial mawar atau cendana. Dalam sebuah mangkuk kaca, tambahkan minyak esensial ke dalam gula, dan aduk rata.

Tambahkan minyak esensial secara bertahap dan aduk terus. Berhenti ketika campuran tersebut sudah benar-benar menjadi pasta basah.

7. Scrub tubuh dari kopi

Anda membutuhkan seperempat cangkir kopi bubuk, seperempat gula kasar, satu sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan minyak kelapa, dan satu sendok makan garam laut. Campurkan semua bahan ini dan tempatkan di sebuah wadah kedap udara.

Pijatkan ke seluruh tubuh Anda dengan gerakan ke atas, kemudian bilas. Pasta ini bisa Anda simpan hingga dua bulan.


Rutinitas kecantikan dengan bahan dari kulkas

Perawatan kecantikan Korea
Ilustrasi perawatan kecantikan (iStockphoto)

8. Masker tubuh

Anda membutuhkan seperempat cangkir pala, seperempat cangkir tumerik, seperempat cangkir jahe, seperempat cangkir bubuk beras, seperempat cangkir kayu manis, dan seperempat cangkir cengkeh. Campurkan semuanya kemudian tambahkan beberapa tetes air untuk membuatnya menjadi pasta.

Aplikasikan di seluruh tubuh dan diamkan selama 15 menit. Jika Anda sudah membilasnya bersih, jangan lupa untuk melembapkan seluruh tubuh.

9. Krim tubuh

Anda membutuhkan setengah cangkir shea butter, dua sendok makan minyak alpukat, dan lima sampai sepuluh tetes minyak esensial lavender. Campurkan shea butter dan minyak alpukat ke dalam sebuah panci, kemudian panaskan hingga meleleh.

Tambahkan minyak esensial lavender sebanyak yang Anda inginkan. Dinginkan campuran tersebut sampai berubah bentuk menjadi krim.

10. Scrub kaki

Untuk rutinitas kecantikan scrub kaki, Anda membutuhkan empat buah stoberi, setengah gelas gula, dua sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan minyak sayur, dan delapan tetes minyak esensial peppermint. Dalam sebuah mangkuk, campurkan semua bahan yang ada dan aduk hingga rata.

Campurkan dua tetes minyak esensial setiap kali Anda menggunakannya. Anda bisa menaruh campuran ini di dalam sebuah toples, kemudian menyimpannya di dalam kulkas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya